Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

Pejuang Diet, Kopi Tanpa Gula Bisa Turunkan Berat Badan Lho!

July 7, 20214 min readHealthy Foodie

Bagi yang berjuang untuk diet, sudah tahu belum nih kalau kopi tanpa gula bisa bantu kalian menurunkan berat badan lho. Kopi bukan cuma bermanfaat untuk mengusir rasa ngantuk saja, tapi bisa bantu program diet kalian asal caranya tepat.

Di sisi lain, negara kita ini juga memiliki ragam jenis biji kopi dan termasuk produsen kopi terbesar di dunia. Sehingga minum kopi juga bisa dibilang sudah menjadi budaya keseharian beberapa masyarakat Indonesia.

Tapi kebanyakan orang memilih minum kopi untuk mendapat efek kafein di dalamnya yang bisa membantu mengoptimalkan konsentrasi dan produktivitas. Lalu bagaimana sih dengan kemampuan kopi tanpa gula untuk menjaga bahkan menurunkan berat badan kalian?

Manfaat Kopi Tanpa Gula untuk Turunkan Berat Badan

minum kopi tanpa gula

source: pexels

Melansir dari The Independent, seorang ahli nutrisi Sarah Flowers mengungkapkan manfaat minum kopi yang diminum di pagi hari. Menurutnya kopi bisa meningkatkan konsentrasi, tingkat energi tubuh, dan juga menurunkan berat badan. Dengan meningkatnya metabolisme tubuh, maka badan langsing ideal bisa segera kalian miliki.

Kopi yang kalian minum sehari-hari bisa membantu menaikkan tingkat metabolik dengan merangsang thermogenesis tubuh yang membantu membakar lemak. Selain itu, kopi mengandung asam Chlorogenic yang bisa memperlambat penyerapan karbohidrat dan memecah lemak.

Namun, hal ini bukan berarti minum banyak kopi di pagi hari langsung bisa bikin tubuh langsing dan berat badan berkurang. Sarah Flowers menyarankan untuk minum seenggaknya 1-2 cangkir kopi di pagi hari. Perlu diingat, kopi yang dikonsumsi pada penelitian ini adalah kopi tanpa gula dan krimer.

Sebaliknya, orang-orang yang memiliki kebiasaan minum kopi instan atau kopi yang diberi gula dan krimer justru memiliki risiko tinggi untuk mengalami kenaikan berat badan dan obesitas.

Cara Diet Kopi untuk Turunkan Berat Badan

Supaya target berat badan ideal yang kalian inginkan segera tercapai, ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam pola diet kopi ini. Berikut cara sehat untuk melakukan diet kopi yang disarankan oleh dr. Bob Arnot, dalam bukunya “The Coffee Lover’s Diet”.

1.      Pilihan Jenis Biji Kopi

source: freepik

Kalau mau berat badan cepat turun, pilihlah jenis kopi dengan tingkatan roasting yang ringan (light roast). Kopi dengan light roast cenderung lebih kaya akan antioksidan polifenol dibanding tingkatan roasting medium bahkan dark.

Selain itu, pilihlah minum kopi hitam tanpa tambahan apa pun apalagi gula dan krimer. Kalian bisa kok membeli biji kopi utuh, nantinya tinggal digiling sendiri di rumah menggunakan coffee grinder. Cara ini paling ampuh jika ingin berat badan susut dibanding meminum kopi instant.

2.      Minum Secukupnya

source: pexels

Meskipun kopi punya banyak manfaat untuk kesehatan, bukan berarti kalian boleh minum kopi sebanyak-banyaknya. Idealnya adalah memperhatikan dan membuat batasan minum kopi per harinya.

Mengonsumsi kopi terlalu banyak meskipun tanpa gula sekalipun, tetap bisa menyebabkan efek samping. Seperti contohnya jantung semakin berdebar, gangguan asam lambung, dan gangguan metabolisme tubuh yang gak seimbang.

Jadi, minumlah kopi secukupnya saja supaya manfaatnya lebih terasa optimal. Minumlah kopi kira-kira sebanyak 150-450 ml saja per hari, atau setara dengan asupan kafein maksimal sebesar 400 mg.

3.      Tentukan Jam Minum Kopi

Kopi paling baik dikonsumsi sekitar pukul 10.00-15.00. Setelah pukul 15.00 sore, minum kopi nggak lagi dianjurkan karena justru akan membuat kalian sulit tidur di malam hari. Bukannya manfaat diet kopi yang didapat, melainkan malah insomnia yang menyerang. Jika sudah begitu, justru malah akan mengganggu kesehatan.

4.      Gunakan Pengganti Gula yang Aman

source: istockphoto

Minumlah kopi tanpa gula karena itulah sebenarnya yang paling dianjurkan dalam pola diet ini. Karena meminum kopi manis meskipun cuma satu gelas saja setiap hari, tetap berisiko tinggi mengalami diabetes melitus dalam 5-10 tahun kemudian.

Cobalah biasakan diri menikmati rasa pahit alami dalam kopi. Jika, kalian nggak kuat dan harus menambah rasa manis, sebaiknya gunakan pemanis non-gula yang aman. Banyak kok pilihan pemanis alami yang aman serta bebas kandungan kalori seperti contohnya gula stevia.

5.      Pilih Susu Dibanding Krimer

source: freepik

Supaya memperoleh manfaat kopi untuk menurunkan berat badan, penambahan krimer nggak dianjurkan karena kandungan lemaknya tinggi serta adanya kandungan gula di dalamnya. Tetapi, banyak orang tetap menambahkannya supaya rasanya lebih nyaman di lidah.

Jika ingin menambahkan efek creamy, lebih baik gunakan susu sapi cair, seperti susu segar atau susu UHT. Selain bebas gula, ada tambahan nutrisi lain yakni kalsium yang baik untuk tulang.

Nah, itu tadi tips untuk para pejuang diet yang ingin menggunakan pola diet kopi. Yuk, biasakan minum kopi tanpa gula untuk mendapatkan hasil kesehatan yang maksimal dan mencegah obesitas!

Related Articles

Connect with Nibble