Recipe

Resep Ayam Pop Lezat ala Masakan Padang

by Danang Lukmana | June 08, 2021

Resep Ayam Pop Lezat ala Masakan Padang
Masakan khas dari Minangkabau memang sudah gak diragukan lagi kelezatannya. Dari mulai rendang, gulai ayam, gulai tunjang dan gajeboh, asam padeh, bahkan telur dadar nya pun sangat enak. Nah, tapi ada satu lagi nih menu masakan Padang yang terkenal lezat, yaitu ayam pop. Resep ayam pop ini memang unik, warnanya sih boleh pucat tapi rasanya gurih manis dan pastinya bikin nagih terus. Apalagi kalau dimakan bersama sambal lado tanak yang memiliki cita rasa pedas asam. Wah dijamin kalap deh. resep ayam pop padang

source: @makanterusss

Menu ayam pop ini bisa dikatakan menu baru dalam khazanah kuliner Minangkabau. Dikutip dari Detik Food dan Kompas Travel, menu ayam ini diperkenalkan oleh Rumah Makan Family Benteng pada tahun 1950an di Bukittinggi, Sumatera Barat. Dan sesuai namanya, hingga kini menu ayam tersebut masih sangat populer di rumah makan khas Padang. Tapi sayangnya, nggak semua rumah makan Padang menyediakan menu yang satu ini. Kalau pun ada, pasti langsung diserbu hingga habis. Nah daripada jauh-jauh ke rumah makan Padang tapi kehabisan, kalian bisa kok coba buat resep ayam pop sendiri di rumah. Cara masaknya simpel dan bumbunya pun mudah didapat.

Resep Ayam Pop ala Masakan Padang

Rahasia kelezatan resep ayam pop ada di penggunaan air kelapa untuk proses perebusan ayamnya. Air kelapa ini yang nantinya memberi cita rasa manis gurih pada masakannya. Pastikan juga kalian harus memakai air kelapa ya. Yuk langsung saja kita coba masak saja resep ayam pop nya,

source: @angkytan

Bahan-Bahannya

Bumbu Ayam
  • 1 ekor ayam kampung, belah jadi 4 bagian
  • 1 liter air kelapa
  • 2 cm jahe memarkan
  • 2 cm lengkuas memarkan
  • 1 batang serai memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
Bumbu halus
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt gula
Bahan sambal lado tanak
  • 6 buah cabai merah, rebus hingga matang
  • 5 siung bawang merah, rebus hingga matang
  • 3 siung bawang putih, rebus hingga matang
  • 2 buah tomat besar, rebus hingga matang
  • Gula dan garam secukupnya

Cara Memasak

Memasak ayam
  1. Kuliti ayam, jika kalian nggak suka yang berlemak, lalu cuci bersih dan tiriskan.
  2. Panaskan air kelapa bersama jahe, lengkuas, daun salam, daun jeruk, dan bumbu halus.
  3. Masukkan potongan ayam, lalu beri garam dan gula untuk penyeimbang rasa.
  4. Rebus hingga matang dan lunak lalu angkat dan tiriskan.
  5. Panaskan minyak goreng di atas api sedang. Goreng ayam sebentar saja dan jangan sampai berubah warna. Angkat lalu tiriskan.
Membuat Sambal Lado Tanak
  1. Haluskan cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat yang sudah direbus.
  2. Tumis sambal dengan minyak panas dan beri garam dan gula secukupnya.
  3. Angkat dan taruh di mangkuk sambal.
Ayam pop akan makin nikmat jika disantap selagi panas, lengkap dengan nasi putih dan lalapan daun singkong rebus khas rumah makan Padang.

source: @aras_galeri

Bagaimana Nibblers, mudah bukan resep dan cara memasak ayam pop ala masakan Padang? Kalian gak perlu jauh-jauh pergi ke restoran untuk bisa menikmatinya. Cukup di rumah dan dimakan bersama agar lebih berasa kehangatannya.