Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Wikimedia

10 Restoran Sunda di Jakarta yang Sedap dan Lengkap

August 31, 20215 min readFoodie Trends

Makan di restoran Sunda memang selalu seru. Makanannya yang gurih dan beragam, sambalnya yang pedas, dan lalapannya yang ramai menjadi ciri khas tersendiri. Hayo, siapa yang makannya jadi banyak kalau sudah di resto Sunda? Berikut ini Nibble kasih beberapa rekomendasi restoran sunda di Jakarta yang tempatnya nyaman dan makanannya memuaskan.

1. Seeng Nini

Photo source: Instagram/seengnini_resto

Seeng Nini memang belum lama buka, tapi menunya lengkap bukan main. Ada set nasi tutug oncom yang dibuat seperti tumpeng kecil, ada sangu timbel yang lengkap dengan sayur asam dan ayam goreng, serta pilihan lalapnya yang banyak banget. Selesai makan, kamu bisa pesan rujak yang menyegarkan sebagai hidangan penutup.

Alamat: Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 61, Jakarta Selatan

2. Saung Sunda Kang Udin

Photo source: Instagram/saungsunda.kangudin

Kalau kamu mau restoran Sunda yang banyak pilihan seafood-nya, Saung Sunda Kang Udin bisa jadi tujuan kamu berikutnya. Mereka menyediakan ikan goreng, bakar, serta dimasak bumbu seperti saus tiram, asam manis, rica-rica, dan saus padang. Ikan yang bisa kamu pilih juga beragam dari mulai gurame, nila, baronang, hingga kue. Dipadukan dengan nasi pulen dan sambal khas Sunda, rasa seafood-nya menjadi semakin spesial!

Alamat: Jl. Lapangan Tembak No. 26, Cibubur

3. RM Sunda Prasmanan Cikajang

Photo source: Instagram/cikajang_prasmanan

Terbayang nggak kalau dikasih prasmanan Sunda seperti ini, apa aja yang mau kamu ambil? Pastinya jadi penasaran mau ambil semua, kan. Di restoran Sunda di Cikajang ini, semua bebas kamu ambil, dan baru akan dihitung kemudian setelah semua ada di piring. Terdapat ayam kampung goreng dengan bumbu yang gurih, ikan terbang, hingga asin jambal penyet. Kamu juga bisa memilih mau pakai nasi putih biasa, nasi liwet, atau nasi merah yang lebih rendah karbohidratnya.

Alamat: Jl. Cikajang No. 6 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

4. Riung Sunda

Photo source: Instagram/riungsunda

Riung Sunda adalah restoran sunda yang ada di beberapa mall di Jakarta termasuk Central Park. Dengan tempat yang nyaman dan terang, Riung Sunda cocok banget buat makan bareng keluarga atau rekan kerja. Masakannya semua khas sunda dari mulai lauk ikan dan ayam, tumis sayuran, lalap, hingga sambal yang terkenal pedasnya. Selain itu, mereka juga punya camilan khas Bandung seperti siomay berbumbu kacang.

Alamat:

  • Central Park, Lantai Lower Ground, Jl. Letjen S. Parman, Slipi, Jakarta Barat
  • Jl. Cikini Raya No.75, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat

5. Ikan Bakar Cianjur

Photo source: Instagram/ikanbakarcianjur

Ikan Bakar Cianjur udah punya banyak banget cabang di Jabodetabek dan beberapa kota besar di Indonesia. Kualitas makanannya yang tidak berubah menjadikan Ikan Bakar Cianjur bertahan sejak tahun 1989 dan masih memiliki pelanggan setia hingga sekarang, Ada ikan gurame bakar atau bumbu pesmol untuk kamu yang mau coba kedahsyatan ikannya. Mau nasi gurih? Coba pesan nasi liwet dalam kendi dengan taburan teri dan cabai rawit.

Alamat: Jl. Cipete Raya No.35, Cipete, Jakarta Selatan

6. Pondok Kemangi

Photo source: Instagram/pondok_kemangi_pluit

Pondok Kemangi adalah restoran Sunda di Jakarta yang punya suasana modern dan cozy. Kalau belum lihat menunya, nggak akan nyangka kalau menu yang mereka tawarkan itu nyunda banget. Tapi ternyata, di sini kamu bisa temukan ikan bakar, iga bakar, tauge ikan asin, dan masakan khas Indonesia dan Sunda lainnya. Dengan penyajian yang cantik, resto ini cocok buat makan malem yang cukup formal.

Alamat: Jl. Pluit Samudra no 10, Pluit, Jakarta Utara

7. Talaga Sampireun

Photo source: Instagram/talagasampireun

Talaga Sampireun udah ada di beberapa lokasi di Jabodetabek, tapi ada satu persamaan di antara semua gerainya yaitu selalu berada dekat danau. Dengan konsep makan pinggir danau di atas saung yang nyaman, suasananya sangat mendukung untuk makan banyak apalagi menunya adalah makanan Sunda yang sedap manta. Apa pun lauk yang kamu pilih, jangan lupa cobain satu-satu beragam sambal yang mereka punya.

Alamat: Jl. Lkr. Luar Barat No.17, Cengkareng, Jakarta Barat

8. Warung Sunda Eceu Kokom

Photo source: Instagram/ceukokomsunda

Sederhana, modern, dan bersih, itu yang bisa disimpulkan dari Warung Sunda Ceu Kokom. Makanannya dijual a la carte atau paket seperti nasi tutug oncom, nasi daun jeruk, nasi kecombrang pete, dan tentu saja nasi liwet. Banyaknya pilihan jenis nasi dan bakalan bikin kamu balik lagi ke sini untuk cobain menu lainnya.

Alamat: Jl. Bendungan Hilir No.101, Tanah Abang, Jakarta Pusat

9. RM Ampera 2 Tak

Photo source: jalanjalanenak.com

RM Ampera 2 Tak memang berada di tempat yang cukup sederhana, tapi menunya lengkap banget bahkan sampai menumpuk di atas meja. Ada ikan, ayam, tahu, tempe, daging, telur, goregan, sayuran, dan lain-lain yang bebas kamu pilih dari awal hingga akhir meja prasmanan. Hampir semuanya terasa enak dan gurih khas Sunda, apalagi kalau ditambah sambal dan lalap segar seperti timun, kemangi, dan poh-pohan.

Alamat:  Jl. Cikini Raya No.103, Cikini, Jakarta Pusat

10. Waroeng Sunda

Photo source: Instagram/waroengsunda

Restoran sunda di Jakarta dengan menu yang lengkap dari mulai makanan pembuka, makan utama, dessert, hingga minuman yang menyegarkan. Semuanya khas Indonesia dan Sunda khususnya. Dari mulai tahu goreng, tumis kangkung, ayam goreng keremes, hingga cendol bisa kamu temukan di sini. Interiornya yang banyak menggunakan bambu dan kayu menambah nikmatnya suasana makan.

Alamat: Jl. Panjang No.57, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Makanan khas Sunda memang paling cocok untuk menggugah selera makan karena terasa gurih dan sedap. Apalagi, restoran sunda di Jakarta biasanya juga punya suasana yang dibikin seperti di pedesaan yang sejuk dan nyaman. Dijamin, kamu nggak akan berhenti pesan makanan, deh, dengan suasana yang mendukung selera makan seperti itu.

Related Articles

Connect with Nibble