Nibble'S Guide

10 Sate Kambing Muda Paling Empuk di Jakarta

by Danang Lukmana | August 26, 2021

10 Sate Kambing Muda Paling Empuk di Jakarta
Sate kambing muda lebih disukai karena teksturnya yang empuk, juicy, dan gak prengus. Salah satu kunci mendapatkan daging kambing yang empuk adalah dengan menyembelih kambing di usia tertentu. Paling umum adalah saat kambingnya masih berusia di bawah lima atau bahkan tiga bulan, yang dikenal dengan balibul dan batibul. Daging kambing muda memang cenderung lebih mudah dikunyah daripada yang usianya sudah lebih dari 1 tahun. Di Jakarta banyak warung sate yang khusus menjual sate kambing muda. Beberapa juga punya spesialiasi di kambing balibul dan batibul tersebut. Nah, berikut ini pilihan warung sate kambing muda yang paling enak se-Jakarta.

1.      Sate Tegal Kambing Muda Wedus Cilik

Bagi pecinta kuliner sate kambing di wilayah Jakarta dan sekitarnya, harus cobain Sate Tegal Kambing Muda Wedus Cilik. Lokasinya ada di Cawang dekat dengan gedung BNN. Daging kambingnya yang masih cilik-cilik didatangkan langsung dari Tegal, Jawa Tengah. Sate kambing ini disediakan dua bumbu, kecap dan kacang dipadu dengan irisan bawang serta tomat segar. Ada juga menu sop tulang kambing, gulai kambing, tongseng kambing, dan nasi goreng kambing.

Source: @sateweduscilik

Alamat: MT Haryono St, RT.1/RW.4, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur.

2.      Sate Kambing Batibul Tegal Laka-Laka

Di daerah Jakarta Utara, tepatnya di deretan Ruko Metro Sunter juga ada lokasi makan sate kambing yang empuk. Namanya Sate Kambing Batibul Tegal Laka-Laka, yang seperti namanya menjual daging kambing di bawah tiga bulan. Dagingnya yang masih merah muda benar-benar empuk dan juicy. Ada pilihan sate daging, ginjal, ati, dan campur. Tersedia juga  menu lain seperti nasgor kambing dan sop kambing buat yang bosan sate.

Source: @sate_lakalaka

Alamat:  Ruko Metro Sunter, Blok A1 No. 9 - 10, Jl. Danau Sunter Utara, Sunter, Jakarta Utara.

3.      Pondok Sate Djono Jogya

Ada satu tempat sate legendaris dilihat dari bangunannya yang sudah agak tua, namanya Pondok Sate Djono Jogya. Di sini tersedia menu berupa sate ayam dan kambing. Pembeli juga bisa melihat langsung proses pembakarannya, lho. Daging kambingnya empuk dan bumbunya meresap karena menggunakan kambing muda. Ada juga dengan menu sop kambing dan tongseng yang gak kalah enaknya.

Source: @sahat_simarmata

Alamat:  Jalan Penjernihan 1 No. 5B, Pejompongan, RT.7/RW.6, Bend. Hilir, Kota Jakarta Pusat.

4.      Sate Tegal Slawi Ayu

Melintasi daerah Warung Buncit yang ramai, mampir dulu sejenak buat makan sate Tegal di sini. Tempatnya sederhana di pinggir jalan tapi banyak pembeli, namanya Sate Tegal Slawi Ayu. Di sini tentunya menjual sate kambing dengan olahan gaya Tegal yang empuk, enak, dan bebas prengus. Lalu dibumbui kecap, irisan tomat dan bawang. Tentunya ada juga menu lainnya seperti sop, gulai, dan tongseng.

Source: @happydyahdotcom

Alamat: Jl. Warung Buncit Raya No.3, RT.3/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan.

5.      Sate Kambing Batibul Bang Awi

Karena menggunakan kambing batibul, daging kambing di Sate Bang Awi ini empuk banget. Bahkan banyak yang mengklaim bahwa di sinilah tempat makan sate kambing paling empuk se-Jakarta. Bumbunya juga benar-benar meresap sampai ke dalam ditambah lagi bumbu luar dari kecap. Duh, dijamin ngiler dan gak pengen udahan makannya.

Source: @markthambas

Alamat:
  • Boulevard Raya Blok QJ7 No. 12, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
  • Dr. Saharjo No.100B, Menteng Atas, Setiabudi, Jakarta Selatan.

6.      Sate Tegal H. Sadjim

Walaupun tampilan rumah makannya sederhana, sate Tegal milik H.Sadjim ini selalu ramai pengunjung. Tempat makan ini bahkan kerap didatangi petinggi dan orang terkenal di negeri ini. Rahasia kelezatan Sate Tegal H. Sadjin adalah mereka menggunakan daging kambing muda, juga ketrampilan mengolah kuah dan bumbu yang sedap. Ada juga menu nasgor kambing, gulai, sop, dan tongseng kambing.

Source: @noenoemajid

Alamat: Jl. Danau Tondano No. A8, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

7.      Sate Tegal Abu Salim

Sudah dari tahun 1989, sate Tegal Abu Salim berdiri dan memanjakan selera pencinta sate kambing. Gerainya yang terkenal ada di kawasan Condet dan menyediakan menu sate daging kambing dan sate hati kambing. Karena memakai kambing muda, tekstur dagingnya empuk dan gak alot tanpa ada aroma prengus. Di sini satenya disuguhkan di atas hot plate. Unik banget kan?

Source: @pamangembulbintaro

Alamat: Jl. Raya Condet No.2, RT.2/RW.1, Balekambang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur.

8.      Sate dan Sop Kambing H. Mansur

Sepintas nggak ada yang terlalu istimewa dari tampilan makanan di kedai Sate dan Sop Kambing H. Mansur ini. Tapi kalau kamu udah mencobanya dijamin lidah akan bergoyang nikmat. Konon tempat ini sudah ada sejak 1990-an dan masih konsisten enaknya sampai sekarang. Daging kambingnya empuk dan gak prengus karena tidak menggunakan kambing tua. Dihidangkan bersama kecap, irisan tomat, bawang, dan ulekan kasar cabai rawit bikin rasa satenya makin mantap!

Source: @jeanyandromeda

Alamat: Jl. Abdullah Syafei No.13, RT.12/RW.9, Bukit Duri, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan.

9.      Sate Kambing H. Giyo

Sudah ada sejak tahun 1974, warung Sate Kambing H. Giyo terkenal akan kelezatan dan keempukan daging kambingnya. Satu hari saja, warung legend ini bisa menghabiskan 15 sampai 20 ekor kambing usia muda hingga berumur 1,5 tahun, lho. Rasanya pun sangat enak karena dibuat dengan cara tradisional menggunakan arang batok, anglo, dan resep warisan keluarga. Porsinya besar-besar dan pastinya puas deh.

Source: @foodloopjournal

Alamat: Jl. Cipinang Besar No.73, Cipinang Besar Sel., Jatinegara, Jakarta Timur.

10.   Sate Kambing dan Tengkleng Pak Manto

Gak perlu jauh-jauh ke Kota Solo, Warung Sate Kambing dan Tengkleng Pak Manto yang terkenal itu juga buka cabang di Jakarta lho. Seperti Tegal, Kota Solo juga terkenal akan resep sajian kambingnya yang enak dan lezat. Nah, empuknya daging, racikan bumbu, dan aroma yang sedap jadi kunci utama enaknya menu di sini. Selain sate kambing dan tengkleng, ada juga menu sate buntel beserta tongseng. Tinggal pilih sesuai selera.

Source: @jogjafoodhunter

Alamat: Jl. RC. Veteran Raya No.3, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan. Nah, itu dia pilihan warung makan sate kambing muda terenak se-Jakarta. Semuanya bikin pengen cepat-cepat kulineran ya. Hihi... Kira-kira mana dulu nih yang mau kamu kunjungi?