Foodies Trends

Tren Savory Food di Dunia Kuliner. Apa Sih Itu?

by Danang Lukmana | July 30, 2021

Tren Savory Food di Dunia Kuliner. Apa Sih Itu?
Savory food tampaknya sedang ngetren dalam dunia kuliner beberapa waktu belakangan ini dan kian marak dijumpai di beberapa negara. Seperti halnya dunia fashion and beauty, dunia kuliner pun punya trennya tersendiri. Dari mulai munculnya tren healthy food, superfood, raw food, no waste food, raw food, hingga savory food ini. Emang sebetulnya apaan sih tren savory food ini? Supaya kalian gak makin penasaran, yuk simak penjelasannya berikut.

Apa Itu Tren Savory Food?

Secara harfiah, savory food mempunyai arti makanan dengan cita rasa gurih dominan untuk menggugah selera orang yang mengonsumsinya. Rasa gurih umumnya memiliki banyak ragam kombinasi seperti gurih-asin, gurih-manis, hingga gurih-umami.

source: istockphoto

Untuk memperoleh rasa gurih, umumnya diperlukan bahan-bahan seperti garam dengan gula, kaldu rebusan tulang binatang, lemak, kaldu rumput laut, hingga rempah-rempah. Beberapa bahan makanan yang digunakan atau dikombinasikan sebagai makanan gurih antara lain keju, susu, santan, butter, kacang-kacangan, biji-bijian, jamur, daging, hingga sayuran. Nah, yang menjadi tren saat ini adalah bagaimana jika beberapa makanan yang terkenal bukan gurih, sengaja dibuat menjadi gurih. Contohnya pancake, waffle, atau bahkan cokelat yang dulunya identik dengan rasa manis legit, malah disajikan sebagai savory food. Gak hanya identik sebagai lauk-pauk atau menu utama, makanan gurih juga ternyata bisa disajikan dalam berbagai sajian. Seperti untuk sarapan, makan siang, makan malam, camilan, hingga dessert.

Ragam Sajian Savory Food

Kreasi dari ragam sajian savory food bisa kalian cicipi atau bahkan buat sendiri di rumah. Berikut ini beberapa contohnya yang layak untuk dicoba.

1.      Chocolate Beef Steak

Pada umumnya cokelat sering diolah menjadi makanan bercita rasa manis legit untuk cake, cookies, es krim, dan untuk menu dessert pencuci mulut. Tapi gimana ya kalau cokelat dijadikan sajian dalam menu makanan utama bersama daging sapi. Nah, menu steak dengan saus cokelat ini bisa kalian cicipi atau buat sendiri.

source: istockphoto

Rasa cokelat yang agak pahit sekaligus sedikit manis memberi sensasi tersendiri ketika berpadu dengan daging steak yang gurih juicy. Selain sajian saus steak, bubuk cokelat juga bisa dijadikan bahan marinasi daging steaknya.

2.      Fried Chicken with Choco

Di Indonesia, pernah dijual menu ayam goreng tepung dengan saus cokelat. Hal tersebut seolah menjadi sebuah inovasi unik dan baru yang mengombinasikan ayam crispy yang gurih dengan cita rasa khas cokelat. Selain untuk sausnya, mungkin, kalau ayamnya dimarinasi dengan tambahan cokelat maka akan memberikan sensasi cita rasa gurih manis yang baru dan gak biasa.

3.      Savory Cake with Ham and Olive

Jika mendengar cake umumnya berkonotasi dengan makanan manis sebagai dessert dengan topping buah-buahan, selai, cokelat, atau gula bubuk. Nah, dilansir dari FoodNouveau, di Prancis memang sudah ada jenis cakes salés yang memang sengaja bercita rasa asin gurih.

source: istockphoto

Sajian cake asin ini dilengkapi dengan isian atau topping buah zaitun asin, potongan daging ham, atau bahkan remahan keripik kentang. Supaya rasanya semakin lezat dan gurih, kalian bisa menambahkan parutan keju gruyere, parmesan, kacang-kacangan, hingga sayuran kering. Kue ini enak disajikan sebagai appetizer maupun dessert.

4.      Savory Pancake with Cheese and Veggies

Pancake juga cukup lezat disajikan dalam kondisi gurih berprotein. Kalian bisa membuatnya dengan campuran kombinasi keju dan daging sapi atau ham di dalamnya. Apalagi kalau disajikan saat masih hangat, tentu kejunya akan lumer yang bikin rasanya makin gurih nikmat.

source: istockphoto

Bagi yang ingin menu sayuran, kalian bisa mengisinya dengan sayur bayam atau kale dan dicampur dengan cream cheese. Perpaduan rasa gurih manis cream cheese dengan sayuran dan adonan pancake menjadi sebuah kombinasi yang pas. Cocok untuk sarapan pagi maupun menu brunch.

5.      Waffle with Savory Toppings

source: istockphoto

Topping waffle gak melulu harus bercita rasa manis seperti buah-buahan, selai, cokelat, atau sirup maple. Ragam makanan asin gurih pun cocok disajikan bersama hidangan dari Belgia ini. Kalian bisa memakan waffle dengan telur goreng, aneka keju asin, bacon atau smoked beef, hingga ayam goreng tepung. Nah itu tadi deretan makanan dalam tren savory food yang saat ini berkembang. Kalian sendiri lebih menyukai makanan manis atau gurih?