Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Instagram @kulinersurabaya.ig

10 Tempat Makan Sego Sambel Surabaya Paling Jos

September 8, 20215 min readFood

Sego sambel Surabaya merupakan menu yang wajib kamu coba kalau pas lagi liburan atau perjalanan dinas di Kota Pahlawan ini. Menu sego sambel atau nasi sambal dan ragam penyetan, menjadi pilihan makanan yang pastinya akan menggugah selera kamu. Cita rasa pedas dan gurihnya lauk-pauk yang digoreng, akan semakin mantap berpadu dengan nasi. Nasinya pun bisa dipilih mau nasi putih atau nasi jagung. Lauk-pauknya yang tersedia juga gak kalah menarik seperti ayam goreng, telur, tahu, tempe, hingga iwak pe (ikan pari).

Buat kamu yang mau cari sego sambel Surabaya yang rasanya jos, simak dulu rekomendasi Nibble berikut ini!

1.      Sego Sambel Mak Yeye

Kalau ngomongin sego sambel di Surabaya, umumnya rekomendasi langsung tertuju ke warung Mak Yeye. Sego sambel di sini bisa dibilang yang paling tenar se-antero Kota Pahlawan. Buka dari jam 9 malam dan masih sangat sederhana yakni di emperan toko. Tapi pengunjungnya selalu ramai dan penuh. Satu porsinya kamu akan disuguhi nasi dengan sambal yang pedas dan pilihan lauk. Lauk yang recommended di sini adalah ayam kampung goreng, telur dadar, dan iwak pe (ikan pari).

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. Jagir Wonokromo Wetan No. 12 (Belakang DTC), Wonokromo, Surabaya.

2.      Sego Sambel Ho-Ha

Salah satu warung penyetan dan sego sambel paling enak di Surabaya yang harus kamu kunjungi adalah Sego Sambel Ho-Ha. Rasa sambalnya dijamin bikin kamu kepedesan tapi cukup nikmat bersama nasi putih dan lauk pauk. Nah pilihan lauk pauknya banyak banget di sini, ada sate usus, ikan pari, ikan wader, terong goreng, udang, ayam, hingga lele. Lokasinya ada di daerah Jalan Gubeng yang mudah diakses.

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. Gubeng Kertajaya VII Raya No.70, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota Surabaya.

3.      Penyetan Slamet Bledek

Pilihan tempat makan penyetan dan nasi sambal yang layak direkomendasikan adalah warung Penyetan Slamet Bledek. Warung ini menyajikan menu penyetan dengan sistem paketan yang berisi ayam goreng, sop sayur, terong goreng, tahu, tempe, dan es teh. Selain menu paketan, kamu masih boleh nambah sate usus dan ati ampela. Tentu saja semua lauknya akan semakin komplit dengan sambelnya yang mbledek (meledak) pedasnya.

Source: @cecekuliner

Alamat: Jl. Medokan Asri Tengah No.I, RW.No. 18, Kali Rungkut, Kec. Rungkut, Kota Surabaya.

4.      Penyetan Mbak Noer

Berikutnya, pilihan tempat makan penyetan dan sambel yang juga terkenal adalah Penyetan Mbak Noer. Berlokasi di daerah Jalan Jagir Wonokromo, tempat makan ini sangat populer dengan sambelnya yang pedas dengan bumbu rahasia. Sebagai teman makannya, disediakan pilihan lauk-pauk yang banyak. Kamu bisa pilih dari mulai telor dadar, ayam, ikan asin, ikan pari, hingga bebek pun ada.

Source: @amazingindonesiafood

Alamat: Jl. Jagir Wonokromo No. 120, Wonokromo, Surabaya.

5.      Sego Sambel Cak Ri

Di warung Sego Sambel dan Penyetan Cak Ri, kamu juga akan mendapatkan nasi sambal dan lauk-pauk yang bikin gagal diet. Sambal spesial di sini adalah sambal tempong yang pedes tapi nagih dan bikin kamu pengen nambah nasi terus. Pilihan lauknya lengkap dari mulai lele, ayam, ikan pe, hingga udang dan ikan wader semuanya tersedia.

Source: @ciksylvi

Alamat: Jl. Gunung Sari No. 82, Wonokromo, Surabaya.

6.      Sego Sambel Waroeng Jangkrik

Mau makan nasi sambal yang higienis, porsi besar, dan pastinya murah meriah, datang saja ke Sego Sambel Waroeng Jangkrik. Di sini pastinya kamu bakalan makan dengan nyaman karena tempatnya luas dan ber-AC. Kamu bisa pilih menu sego jangkrik yang berisi nasi, sambal, bihun, suwiran daging pindang, dan telur bulat. Lalu ada juga sego sambel pe/ayam/tongkol, yang dilengkapi kremesan yang porsinya bisa sampai menutupi nasinya.

Source: @meefangtee

Alamat: Jl. Raya Jemursari No. 107, Wonocolo, Surabaya.

7.      Sego Sambel Sahara

Kalau mau menikmati sego sambel yang murah meriah ala anak kos mahasiswa, datang saja ke Sego Sambel Sahara. Lokasinya yang dekat kampus UPN pastinya jadi serbuan para mahasiswa dan anak muda lainnya yang kelaparan. Pilihan lauknya ada gorengan ikan tongkol, ayam, bebek, tahu, tempe, terong, ikan gurame, dll. Di sini tentu juga terkenal sama sambalnya yang pedesnya beneran nendang.

Source: @laparlagimakanlagi

Alamat: Jl. Rungkut Madya No.213, Rungkut Kidul, Kec. Rungkut, Kota Surabaya.

8.      Warung Dangdut

Daerah Jagir Wonokromo memang menyediakan banyak pilihan tempat makan sego sambel dan penyetan yang enak. Nah, kalau kamu lapar tengah malam bisa nih berkunjung ke Warung Dangdut, karena buka dari jam 3 sore sampai 2 pagi. Untuk sambalnya lumayan pedas apalagi kalau untuk jadi menu tengah malam. Pilihan lauknya seperti umumnya warung penyetan yakni ikan pe, telur, ikan asin, lele hingga bandeng.

Source: @kokobigkuliner

Alamat: Jl. Jagir Wonokromo No. 260, Wonokromo, Surabaya.

9.      Warung Sejedewe

Jika warung makan penyetan dan sego sambel lebih banyak menyajikan lauk yang digoreng, maka berbeda dengan Warung Sejedewe. Warung Sejedewe menyajikan pilihan lauk yang sangat variatif dan bahkan lebih terkenal dengan menu bakarannya. Selain menunya variatif dan enak, ukuran lauknya pun besar-besar. Dijamin deh kalau dimakan bersama nasi dan sambalnya, bikin kamu kenyang puas.

Source: @amazingindonesiafood

Alamat: Jl. Raya Tenggilis Mejoyo Blok B No. 43, Tenggilis Mejoyo, Surabaya.

10.   Sego Sambel Mbak Sol

Warung sego sambel Mbak Sol ini meskipun juga beroperasi secara sederhana, tapi selalu ramai dikunjungi pembeli. Di sini tersedia sambel spesial yang mentah dan langsung diolah sehingga kesegarannya terjaga. Untuk kepedasannya sendiri bisa disesuaikan berdasarkan request lho, mau yang super pedas ataupun yang pedasnya ringan-ringan saja. Pilihan lauk dari mulai peyek, tahu, tempe, hingga ikan goreng bisa disesuaikan dengan seleramu.

Source: @ss_mbaksol

Alamat: Jl. Kalibutuh No.78, Tembok Dukuh, Kec. Bubutan, Kota Surabaya.

Itu dia pilihan kulineran sego sambel Surabaya yang bikin lidah kepedesan. Kamu bisa menikmati menikmati menu nasi sambal ini sepanjang waktu di kota ini. Dari mulai untuk makan siang sampai yang bukanya tengah malam pun ada. Gimana, siap kulineran di Surabaya?

Related Articles

Connect with Nibble