Foodies Trends

10 Sei Sapi Kekinian Paling Enak di Jakarta dan Tangerang

by Danang Lukmana | September 01, 2021

10 Sei Sapi Kekinian Paling Enak di Jakarta dan Tangerang
Sei sapi, olahan daging asap asal Nusa Tenggara Timur ini memang masih jadi favorit dan melambung popularitasnya beberapa waktu belakangan. Se’i begitulah penyebutannya, yang dalam bahasa masyarakat Pulau Rote artinya daging yang diiris tipis memanjang. Lalu digarami dan dibumbui serta diasap di atas bara api kayu kosambi. Di daerah asalnya beragam pilihan daging bisa dijadikan se’i seperti rusa, sapi, babi, tuna, hingga kuda. Nah terutama se'i sapi, saat ini menjadi pilihan kalangan urban perkotaan sebagai menu olahan daging kekinian yang lezat. Di kota besar seperti Jakarta dan Tangerang, tentu kamu bisa menemukan menu makanan ini dengan mudah. Berikut ini Nibble tunjukkan 10 rekomendasi tempat makan sei sapi di Jakarta dan Tangerang.

1.      Daging Asap Sambal

Pilihan pertama menu sei berkualitas di daerah Jakarta dan Tangerang adalah restoran Daging Asap Sambal. Pilihan daging utama di sini adalah daging sapi, tapi ada juga yang ayam.  Kamu bisa pilih se'i sapi low fat dengan potongan daging sapi tanpa lemak, se'i sapi tasty yang punya tekstur juicy dan bikin nagih, serta ada juga se’i lidah sapi. Teman makannya ada 5 pilihan sambal yakni sambal matah, sambal rica, sambal ijo, lada hitam dan sambal lu'at.

Source: @dagingasapsambal

Alamat:
  • Tanjung Duren Utara 4 No. 228, Tanjung Duren, Jakarta Barat.
  • Ruko Boulevard Gading Serpong, Blok AA3 No. 3. Gading Serpong Boulevard, Tangerang.
  • Samanhudi No.36C, RT.1/RW.8, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

2.      Seilera

Di kawasan Bintaro dan BSD ada restoran bernama Seilera yang tampilannya sudah sangat elegan dan memancing kita untuk masuk ke dalamnya. Bukan hanya bangunannya saja yang elegan, tapi menu se’i di sini juga karena menggunakan US Angus beef yang berkualitas. Setiap porsi disajikan dengan kuah kaldu, rumpu rampe, pilihan sambal yang enak. Salah satu sambal yang paling enak adalah sambal lu’at nya.

Source: @seilerajkt

Alamat:
  • Kesehatan Raya No.30, RT.10/RW.6, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan.
  • Anggrek Loka Jl. Boulevard BSD Tim. No.5A, Rawa Buntu, Serpong.

3.      Nyapii

YouTuber Edho Zell juga mempunyai bisnis kuliner se’i sapi di bilangan Gading Serpong bernama Nyapii. Meski mengusung konsep makanan tradisional tapi disajikan dengan kemasan dan gaya kekinian. Di sini kamu bisa cobain rasa sei sapi dengan Korean spicy, bumbu rendang, sambal tempong, hingga saus mentai. Tersedia juga menu nasi jagung dan dan sayur daun singkong.

Source: @makanpakereceh

Alamat: Ruko Graha Boulevard, Blok BVA No. 1, Startspace Coworking Space, Jl. Gading Serpong Boulevard, Gading Serpong, Serpong, Tangerang.

4.      Koka Sikka

Kamu yang tinggal di kawasan Pasar Santa bisa mencicipi tempat makan daging sei yang satu ini. Tempat makan ini lokasinya berada di Santa Modern Market, Lantai 1. Koka Sikka menyediakan pekat sei sapi sambal matah yang berisi 50 gram daging se’i plus sambal matah. Lalu ada sei platter ayam yang terdiri dari 150 gram sei ayam dengan sambal matah, sambal luat, dan sambal caruak.

Source: @kokasikka

Alamat: Pasar Santa, Lantai 1, Jl. Cipaku I, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

5.      Se’i Sapi Narama

Berlokasi di dalam Moss Bakery Foodcourt Lebak Bulus, tempat makan ini menyajikan menu se’i sapi dan ayam yang harus kamu coba. Jika kamu kerkunjung ke Se’i Sapi Narama, kamu akan menemukan menu seperti nasi se’i sapi sambal matah, sambal lu'at, dan masih banyak lagi. Buktikan sendiri deh nikmatnya.

Source: @seisapinarama

Alamat: Jl. Lb. Bulus I No.59, RT.6/RW.4, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

6.      Morteza Sei Sapi Asap

Selain enak disandingkan dengan nasi putih, se’i sapi juga enak dijadikan topping nasi goreng dengan rasa rempah yang melimpah. Seperti aneka menu yang disajikan di Morteza Sei Sapi Asap di wilayah BSD ini. Ada pilihan nasi se’i sapi asap rica-rica dan nasi goreng se’i sapi asap sambal matah. Kalau mau yang lebih kekinian bisa pesan nasi se’i mozarella yang disajikan di atas hotplate dan saus yang enak.

Source: @mortezaseisapiasap

Alamat: ITC BSD, Jl. Pahlawan Seribu No.19, Lengkong Wetan, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan.

7.      Se’i & Co.

Berlokasi di Tanjung Duren, Se’i & Co menyajikan daging asap ala se’i NTT yang rasanya juara. Daging sapi yang disajikan adalah USDA Grade Premium lho jadi cukup empuk dan lezat. Isi daging dalam paket ini sebanyak 80 gram dan dilengkapi dengan tumis daun singkong serta kuah yang gurih.

Source: @seiandco.id

Alamat: Jl. Tanjung Duren Raya No.61, RT.2/RW.5, Tj. Duren Selatan, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat.

8.      Se’i Sapi Lamalera

Tempat Makan bernama Se’i Sapi Lamalera ini berasal dari Bandung, Jawa Barat, tapi punya cabang juga di BSD Tangerang. Tempat makan ini menyuguhkan mulai dari se’i sapi, se’i ayam, dan se’i lidah. Kamu juga bisa memesan ekstra sambal seperti sambal kecombrang, andaliman, sambal lu'at, sambal rica, dan sambal ijo.

Source: @seisapilamalera

Alamat: Ruko Tol Boulevard, Jl. Pelayangan No.1, Rw. Buntu, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan.

9.      Se’i Sapiku Indonesia

Di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara ada juga lho tempat makan daging asap khas NTT yang lezat bernama Se’i Sapiku Indonesia. Menu utamanya antara lain se’i sapi, se’i ayam, mie se’i, dan nasi goreng se’i. Pilihan sambalnya juga banyak ada sambal lu’at, sambal matah, sambal ijo, sambal pencit, dan lain-lain.

Source: @seisapikugading

Alamat: Jl. Boulevard Raya Blok TT2 No. 4, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

10.   Se’i Sapi Kadikho

Pilihan terakhir salah satu penyaji menu daging asap khas NTT yang lezat adalah Sei Sapi Kadikho. Daging sapinya beneran empuk ditambah aroma pengasapan yang harum menggugah selera. Ditambah olahan daun pepaya yang gak gurih tanpa rasa pahit mengganggu, apalagi kalau dimakan bersama kentang garing yang kriuk. Perpaduan yang mantap.

Source: @kadikho.co

Alamat: Jl. Tebet Dalam I D No.4, RT.2/RW.1, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan. Nah itu tadi pilihan tempat makan sei sapi paling enak di Jakarta dan Tangerang. Daging asap yang harum dan lembut, tentunya akan memancing selera makan kita.