Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Dok. Nibble by getlost.id

Short Escape Berburu Enaknya Kuliner Cirebon

November 11, 201911 min readNibble's Guide

Kuliner Cirebon, seperti tahu gejrot, empal gentong, atau bubur khas Cirebon memang sudah tidak sulit untuk ditemukan di Jakarta. Namun, untuk pengalaman yang autentik memang tidak ada yang bisa mengalahkan cita rasa makanan khas Cirebon yang dimakan di tempat asalnya.

Nah, berhubung akses ke Cirebon kini makin mudah, hanya butuh waktu sekitar 4 jam saja melalui tol, maka tak ada salahnya untuk berwisata kuliner di kota tersebut. Tak perlu bingung menyusun itinerarry untuk  berlibur ke sana. Dalam guide ini, kami akan membahas lengkap mengenai tempat wisata serta kuliner khas yang bisa kamu singgahi selama 2 hari 1 malam di Cirebon.

Udah nggak sabar? Yuk baca dulu guide wisata kuliner Cirebon yang satu ini.

Hari Pertama

Kota Cirebon terletak hampir di ujung provinsi Jawa Barat. Banyak cara untuk ke sana dari Jakarta, baik itu dengan mobil pribadi melalui tol atau menggunakan kereta api. Pilihan tempat menginap di Cirebon pun beragam, mulai dari hotel mewah sampai hostel untuk backpacker.

Namun, dalam guide ini, kami akan mengajak kamu menginap di tempat anti mainstream. Penasaran? Ikuti perjalanannya berikut ini!

Kembali ke Alam di Desa Alamanis Cirebon

Photo source: Phinemo

Jika kalian sudah jenuh dengan kepadatan kota, menyepi sejenak di Desa Alamanis Cirebon bisa menjadi pilihan yang sempurna. Lokasinya tidak jauh dari gerbang tol Ciperna/Kodya Cirebon/Kuningan, hanya sekitar 3 km saja.

Hotel yang satu ini beda dengan tempat penginapan lain yang terletak di tengah kota Cirebon. Desa Alamanis menawarkan pengalaman bermalam seperti kembali ke alam karena hadir dengan konsep resor ala pedesaan.

Hening dan tenang, itulah kesan yang akan kalian dapatkan saat menginap di hotel ini. Lingkungannya sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan rimbun. Interior kamar dan hotelnya pun terkesan alami karena didominasi dengan elemen kayu, batu, dan bambu. Belum lagi saat malam tiba, kalian bisa menyaksikan indahnya lanskap cityview dari hotel ini karena lokasinya lebih tinggi dari kota Cirebon.

Memang untuk berwisata kuliner ke tengah kota, kita perlu menempuh waktu 30 menit. Tapi itu tidak masalah karena kondisi jalanan di Cirebon tidak penuh dengan kemacetan seperti di Jakarta.

Lokasi: Jl. Cirebon Kuningan, Beber, Cirebon.

Menyantap Ayam Goreng Istimewa di Bahagia Hj. Sunarti 71

Photo source: @nyamfoodies

Setelah melakukan check in di hotel, kalian bisa langsung menuju tempat makan ayam goreng yang paling terkenal se-Cirebon, yaitu Bahagia Hj. Sunarti 71. Lokasinya dekat dengan pelabuhan Cirebon, sekitar 30 menit dari hotel.

Restoran ini terkenal legendaris karena sudah ada sejak tahun 1969. Ayam goreng yang ditawarkan di sini adalah ayam kampung dengan ukuran cukup besar. Kuliner Cirebon ini makin enak saat disantap bersama ampela, tempe, tahu, kol, dan sambal dadak. Yang paling bikin happy adalah harganya yang murah meriah. Untuk sepotong dada ayam saja kita hanya harus membayar Rp26.000 saja.

Lokasi: Jl. Bahagia No.69-71, Lemahwunkuk, Kota Cirebon.

Menyaksikan Sejarah Cirebon di Keraton Kasepuhan

Photo source: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Setelah kenyang melahap ayam goreng istimewa, kini saatnya menjelajahi kota Cirebon. Buat yang belum tahu, kota Cirebon dulunya merupakan sebuah kerajaan. Jadi jangan kaget jika kalian masih menemukan kraton aktif saat berada di tengah kota Cirebon. Jika ditelusuri, ada tiga keraton di kota tersebut, yaitu Kraton Kasepuhan, Kraton Kanoman, dan Kraton Kacirebonan.

Jika kalian hanya memiliki waktu yang sedikit, kami sangat merekomendasikan untuk singgah sejenak di Kraton Kasepuhan yang berjarak sekitar 1,5 km dari Bahagia Hj. Sunarti 71. Keraton ini merupakan keraton tertua di Cirebon, didirikannya sejak tahun 1430 lho. Di dalamnya terdapat museum yang menyimpan benda-benda antik, serta spot-spot bersejarah.

Dengan gayanya yang kuno dan klasik, tempat ini bisa menjadi tujuan yang kece untuk foto OOTD.

Lokasi: Jl. Kasepuhan No.43, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Ngemil Serabi Khas Cirebon di Serabi Pulasaren

Photo source: @irfanqursyan

Tak jauh dari Kraton Kasepuhan, kalian bisa mengisi perut dengan kuliner Cirebon di Serabi Pulasaren. Ukurannya yang mini cocok untuk menjadi cemilan di siang hari. Banyak yang mengakui serabi Cirebon cukup berbeda dibandingkan serabi Bandung atau Solo. Teksturnya lebih padat dan rasanya lebih gurih.

Khusus di Serabi Pulasaren, kalian tak hanya bisa menikmati serabi jadul tanpa rasa. Serabi dengan topping inovatif, seperti tauco yang pedas, daging, telur, atau pisang keju bisa dipilih. Harganya juga bersahabat, dijual mulai dari Rp2.000 hingga Rp11.000.

Lokasi: Jl. Pulasaren, dekat dengan Keraton Kasepuhan, Cirebon.

Menikmati Gurihnya Mie Yamin di Mie Colot Cirebon

Photo source: @kulinercirebon

Beranjak sedikit ke utara, kalian bisa singgah di warung Mie Colot Cirebon. Tampilan tempat kuliner Cirebon ini cukup eye-catching dengan spanduk besar berwarna kuning terang. Meski tempatnya sederhana, mie ini sudah sangat terkenal namanya sejak tahun 1983.

Begitu sampai di warung ini, kalian dapat mencium aroma mie yamin segar yang baru dimasak. Tekstur mienya cukup kenyal, namun tidak alot saat dimakan. Terdapat tiga varian rasa mie yamin yang bisa dipilih, yaitu manis, asin, dan manis asin. Mie yamin ini disajikan dengan potongan daging ayam manis dan kuah bakso terpisah. Untuk menikmatinya, kalian hanya perlu siapkan sekitar Rp18.000 buat satu porsi.

Lokasi: Jl. Pekalangan No.15, Pekalipan, Kota Cirebon.

Nostalgia dengan Nasi Lengko H Barno

Photo source: @eatandclicks

Jika perut masih terasa lapar, kalian bisa mengisinya dengan Nasi Lengko H Barno. Jaraknya tak jauh kok dari lokasi Mie Colot Cirebon, hanya sekitar 600 m saja. Jangan terkecoh dengan penampilan tempatnya yang agak tidak terawat, warung nasi lengko ini sudah ada sejak tahun 1968 lho. Jadi soal rasa, kalian tidak perlu meragukannya.

Mungkin di antara kalian masih ada yang belum familiar dengan kuliner Cirebon yang satu ini. Sekilas nasi lengko mirip seperti nasi pecel atau gado-gado. Tapi jika kalian menelisik isinya, sungguhlah berbeda. Dalam seporsi nasi lengko, kalian akan menemukan nasi hangat yang didampingi oleh toge, tahu, tempe dan kecap. Sebagai toppingnya, terdapat siraman saus kacang yang membuat rasanya semakin gurih.

Sebelum dimakan, semua bahan harus diaduk terlebih dahulu. Agar makin lengkap, kalian bisa menikmatinya dengan seporsi sate kambing yang empuk saat makan di Nasi Lengko H Barno.

Lokasi: Jl. Pagongan No.15B, Kejaksan, Kota Cirebon.

Menyongsong Matahari Tenggelam di Bukit Gronggong

Photo source: @wildanholili

Setelah seharian berwisata kuliner di tengah kota Cirebon, ini saatnya untuk kembali ke hotel. Usahakan sebisa mungkin sampai di hotel sebelum sunset. Kenapa? Tak jauh dari hotel, hanya sekitar 200 m, ada Bukit Gronggong yang belakangan ini jadi tempat wisata hits di Cirebon.

Tempatnya berupa bukit, di mana kita bisa melihat indahnya kota Cirebon dari kejauhan. Kalau sedang beruntung, kalian bisa menikmati kerennya sunset di bukit ini. Saat malam tiba, suasana bukit ini pun jadi romantis. Pemandangan city light yang cantik terpampang nyata saat kalian bersantai di bukit hits ini.

Lokasi: Patapan, Beber, Cirebon.

Menatap Indahnya City View Cirebon di Klapa Manis

Photo source: Wisata Cirebon

Di seberang Bukit Gronggong ada restoran Klapa Manis yang bisa kalian tuju untuk menyantap makan malam. Dari luar, restoran ini terlihat mewah dengan bangunan yang tinggi dan lampu kuning temaram yang elegan.

Restoran ini bisa menjadi persinggahan yang pas untuk menikmati pemandangan city light dengan nyaman. Kalian bisa mencicipi aneka makanan Sunda yang ditawarkan oleh Klapa Manis. Biarpun tampak mewah, harga makanannya masih ramah di kantong kok. Jika memesan Nasi Timbel Komplit Ayam, kalian hanya perlu membayar sekitar Rp32.000 saja.

Lokasi: Jl. Raya Gronggong, Beber, Kota Cirebon.

Hari Kedua

Satu hari tidaklah cukup untuk berwisata kuliner Cirebon sampai puas. Oleh karena itu, di hari kedua ini kami akan mengajak kalian kembali menjelajahi kota sambil mengunjungi destinasi wisata yang seru berat.

Memulai Pagi dengan Nasi Jamblang Bu Nur

Photo source: @storeateller

Sebelum memulai kegiatan di hari kedua, isi perut dulu yuk dengan Nasi Jamblang Bu Nur. Rumah makan ini sudah buka sejak pukul 7 pagi lho. Saat makan nasi jamblang, kalian harus pesan beberapa porsi sekaligus. Pasalnya, ukuran nasi jamblang ini sama seperti nasi kucing.

Yang bikin sensasi menyantap kuliner Cirebon ini semakin beda itu adalah cara penyajiannya. Nasi jamblang diletakkan di atas daun jati sebagai alas piring. Wangi daun ini lah yang membuat nasi terasa lebih sedap. Di Nasi Jamblang Ibu Nur ini, kalian bisa memilih lauk pauknya secara bebas. Ada cumi saus hitam, otak sapi goreng, perkedel kentang kering, sate kentang, atau pepes telur asin.

Lokasi: Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kota Cirebon.

Main Air di Cirebon Waterland

Photo source: PegiPegi

Tidak ada kata ‘terlalu tua’ untuk menikmati wisata air di Cirebon Waterland. Hanya butuh 8 menit untuk mencapai tempat ini dari Nasi Jamblang Bu Nur. Aslinya Cirebon Waterland ini merupakan sebuah taman kota bernama Taman Ade Irma Suryani. Karena lokasinya yang strategis dan menjanjikan, taman tersebut mengalami banyak peningkatan dengan dibangunnya sebuah waterland di kompleks taman ini.

Kolam renang di tempat wisata ini sangat luas dan cocok untuk jadi tempat main keluarga. Tak hanya berenang, kalian juga bisa menikmati santap siang di salah satu restoran paling ikonik di sini, yaitu tempat makan Cheng-Ho yang bentuknya seperti kapal dan pemandangannya langsung menuju Laut Jawa.

Kalau ingin foto-foto dengan latar belakang laut yang keren, kalian bisa ke area dermaga bambu dengan membayar tiket masuk sekitar Rp15.000. Jembatan bambu yang dibangun untuk menuju dermaga cukup panjang lho, sehingga kalian bisa menikmati angin sepoi-sepoi di tengah laut yang menyejukkan.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Cari Cemilan di Tahu Gejrot Kanoman

Photo source: @hildatea

Setelah puas bermain di Cirebon Waterland, yuk berburu tahu gejrot yang menjadi kuliner Cirebon paling khas! Tak jauh dari tempat wisata tersebut, ada Tahu Gejrot Kanoman yang selalu direkomendasikan orang-orang Cirebon.

Rasa tahu gejrot di sini memang tak ada duanya. Seperti tahu gejrot pada umumnya, potongan tahu goreng disajikan dengan bumbu bawang putih, bawang merah, cabai, dan gula aren. Kuahnya yang terasa asam manis sungguh nendang sekali di lidah. Yang membuat tahu gejrot di sini berbeda adalah adanya taburan cabe potong sebagai topping menu ini. Tak hanya rasa enak yang membuat banyak orang kembali lagi ke sini, harganya yang hanya Rp7.500 saja untuk satu porsi juga menjadi daya tarik tersendiri.

Lokasi: Toko shinta, Jl. Kanoman, Pekalipan, Kota Cirebon.

Mencicipi Jajanan Langka di Kue Tapel Mba Lena

Photo source: @theresialirani

Selain Tahu Gejrot, ragam kuliner Cirebon yang juga harus dicicipi adalah kue tapel. Jajanan yang satu ini sudah mulai langka ditemukan lho. Jika penasaran dengan rasanya, kalian bisa ke Kue Tapel Mba Lena.

Bentuk kue tapel ini seperti lekker atau kue rangi khas Betawi. Paling enak disantap dalam kondisi hangat. Saat digigit, tekstur kue tapel sangat renyah, ada wangi kelapa dan ketan yang sangat menggugah selera. Di dalam lapisan tepung yang kriuk-kriuk terdapat filling pisang dan lelehan gula merah yang legit.

Harganya pun khas makanan kaki lima, hanya sekitar Rp7.000 saja untuk mendapatkan satu porsi kue tapel.

Lokasi: Gg. Alas Demang 1 No.1, Pekalipan, Kota Cirebon.

Rasakan Segarnya Es Kopyor 4848

Photo source: @santhiserad_food

Hanya berjarak sekitar 450 m dari lokasi Kue Tapel Mba Lena, kalian bisa menyegarkan tubuh dengan Es Kopyor 4848. Es kopyor alias es yang berisi daging kelapa dan sirup cocopandan di sini disajikan di dalam gelas berukuran cukup besar. Isi daging kelapanya cukup banyak, jadi jangan kaget saat mengetahui harga jualnya yang terbilang mahal, yaitu sekitar Rp35.000 untuk satu gelas.

Lokasi: Jl. Karanggetas No.9, Pekalipan, Kota Cirebon.

Cobain Keautentikan Empal Gentong Mang Darma

Photo source: @santhiserad_food

Tak lengkap wisata kuliner Cirebon tanpa menyantap Empal Gentong Mang Darma. Kuliner yang sudah berdiri sejak tahun 1948 ini punya cita rasa yang melegenda. Cara memasak Empal Gentongnya pun autentik menggunakan kayu bakar dan gentong.

Aroma empal gentong ini hampir mirip seperti gulai, warna kuahnya pun kuning kental. Jika kalian lebih suka empal dengan kuah bening, pilih saja empal asem yang sensasinya ada rasa asam serta gurih bercampur jadi satu.

Meski sudah terkenal, harga empal gentong di sini cukup terjangkau, hanya Rp.22.000 saja untuk satu porsi.

Lokasi: Jl. P. Diponegoro No.23, Kejaksan, Kota Cirebon.

Cari Oleh-Oleh di Toko Roti Ruby

Photo source: @yk.kuliner

Berhubung ini adalah hari terakhir kita di Cirebon, itu artinya kita harus berburu oleh-oleh untuk teman dan keluarga dekat. Bicara soal oleh-oleh khas Cirebon, kalian bisa langsung meluncur ke Toko Roti Ruby.

Kalian bisa menghadiahi orang-orang terdekat dengan roti Ruby yang spesial. Penampilan roti ini mungkin terlihat biasa saja, tapi begitu dicicipi, kalian akan dimanjakan dengan isi ayam yang melimpah di dalam rotinya. Harganya sekitar Rp9.500 untuk satu roti.

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar No.63, Kesambi, Kota Cirebon.

Mengahangatkan Perut dengan Bubur Sop Ayam Mang Kapi

Photo source: @kartuposinsta

Bubur ayam khas Cirebon tentu sudah sangat populer di Jakarta. Namun saat sedang wisata kuliner Cirebon, kalian harus mencicipi bubur ayam unik yang cuma ada di kota ini. Adalah Bubur Sop Ayam Mang Kapi yang bisa menjadi tempat persinggahan kalian untuk makan malam karena mereka baru buka jam 5 sore hingga malam hari. Tempat makan ini termasuk tempat makan legendaris lho karena sudah beroperasi sejak tahun 1980.

Sesuai dengan namanya, sajian bubur di sini menggabungkan menu bubur ayam yang kental dengan kuah sop dalam satu mangkuk. Kepulan asap panas akan menghangatkan tubuh kalian seketika dari udara malam yang dingin. Ada lagi hal lain yang membuat menu ini makin unik, yaitu topping tauco yang pasti tak akan kalian temukan di tempat jual bubur ayam lainnya. Rasanya dijamin akan membuat kalian ketagihan.

Ini menjadi makanan yang sempurna dan memuaskan untuk menutup perjalanan kita mencicipi kuliner Cirebon.

Lokasi: Jl. Tentara Pelajar No.18, Pekalipan, Kota Cirebon.

Banyak sekali bukan ragam kuliner Cirebon yang sangat berkesan di hati? Sebenarnya, ini cuma sebagian kecil saja. Jika kalian ke Cirebon langsung, masih ada banyak tempat wajib yang haru dicoba. Yuk ambil jatah cuti, kemasi baju, dan mari liburan ke Cirebon!

Related Articles

Connect with Nibble