Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Unsplash/Dan Gold

Yuk Mulai Hidup Sehat. Ini Tips Agar Suka Makan Sayur

September 23, 20214 min readHealthy Foodie

Kalau kamu mulai berpikir mau mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, kamu mungkin mau menyimak tips agar suka makan sayur berikut. Terkadang, sayur memang nggak terlalu menggugah selera seperti daging atau makanan lainnya. Banyak sayur yang punya rasa langu dan nggak memanjakan lidah sama sekali, deh, pokoknya.

Tapi, mengonsumsi sayur tetap penting dan dibutuhkan oleh tubuh kita, Nibblers. Di dalam sayur yang berbeda, terdapat kandungan seperti vitamin, mineral, dan serat yang tentunya berfungsi untuk memelihara sistem tubuh agar tetap sehat.

1. Mulai dengan Porsi Sedikit

Photo source: Pixabay

Sayur bisa dinikmati dengan berbagai cara, apalagi di Indonesia. Ada yang jadi lalapan bersama sambal, dibuat jus, dimasak sayur berkuah atau ditumis. Kalau kamu belum berani makan banyak, mulai dengan porsi sedikit, sekitar seperempat dari porsi makan kamu secara keseluruhan.

Nggak apa-apa kalau awalnya kamu makan satu atau dua jenis sayur yang kamu suka terlebih dahulu. Lama-lama, kamu akan terbiasa dan berani mencoba sayur dengan cara masak yang lain. Cobain sayur yang rasanya manis seperti timun, tomat, sawi putih, atau  bayam.

2.  Makan Saat Lapar

Photo source: Pixabay

Saat nggak terlalu lapar, kamu akan cenderung untuk pilih-pilih makanan. Berbeda dengan saat lapar, pasti kamu akan makan apa saja yang ada untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Maka dari itu, makan pada jadwal yang tepat dengan jeda yang konsisten dari waktu makan sebelumnya.

Usahakan, kamu selalu punya "safe food" alias makanan yang pasti kamu suka di dalam porsi tersebut. Jangan masukkan semua sayur yang kurang kamu suka ke dalam porsi karena akn membutuhkan usaha lebih untuk makan.

3. Coba Buat Smoothies

Photo source: Unsplash

Salah satu tips agar suka makan sayur adalah dengan mencoba membuat smoothies. Smoothies dengan sayuran awalnya memang terdengar aneh, karena sayuran seperti bayam, sawi, kale, seledri, atau wortel yang biasanya disayur, kali ini diminum secara mentah.

Tapi, kalau kamu bisa menemukan resep smoothies yang cocok dengan seleramu, pastinya kamu akan menyukainya. Coba campur sayur bersama buah seperti jeruk, apel, buah naga, strawberry, atau pisang untuk menambah rasa. Tapi ingat, jangan tambahkan gula atau pemanis buatan, ya. Gula akan menambah kalori pada minuman sehatmu.

4. Tambahkan ke Dalam Makanan Favoritmu

Photo source: Unsplash

Memulai makan sayur demi kesehatan tubuh harus dilakukan sesegera mungkin. Jangan sampai, tubuh kekurangan nutrisi yang dibutuhkan dari sayuran dan kamu terlambat mengetahuinya. Maka dari itu, meskipun yang kamu lakukan adalah langkah sederhana, itu artinya kamu sudah mengalami kemajuan.

Langkah itu bisa sesederhana dengan meletakkan tomat dan timun sedikit lebih banyak pada nasi gorengmu, menambah jumlah sawi untuk setiap mi instan yang kamu makan, atau menambahkan jenis sayuran lain setelah selada dan tomat untuk sandwichmu. Kalau dilakukan dengan konsisten dan berkelanjutan, pasti akan ada hasilnya.

5. Cek Menu Restoran Salad

Photo source: Unsplash

Semangkuk salad bukan cuma berisi sayuran dan dressing aja, lo. Kalau kamu ke restoran salad, kamu bisa menemukan berbagai menu seperti salad sayuran dengan ayam teriyaki atau irisan daging. Dressingnya pun bisa jadi lebih beragam daripada dressing instan. Jadi, kamu bisa datang ke restoran salad di kotamu untuk mendapatkan inspirasi menu sarat sayur.

Di restoran salad, mereka juga biasanya punya salad wrap, yaitu daging dan sayuran yang dibungkus dalam roti tortilla, atau vietnam roll yang dibungkus dengan lembaran kulit yang transparan dan kenyal. Dengan sesekali mengunjungi restoran salad atau vegetarian, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah untuk menu makan sehari-hari.

6. Pilih Sayuran dengan Kualitas Bagus

Photo source: Unsplash

Sayuran akan lebih enak kalau dibeli dalam keadaan segar. Teksturnya masih renyah dan rasanya pun relatif manis. Saat ini, udah banyak toko online yang menjual sayuran segar dengan kualitas premium. Pilih tempat yang terdekat dengan rumahmu agar sayur nggak terlalu lama dijalan karena pengiriman.

Satu hal yang perlu diingat, tips agar suka makan sayur di atas hanya akan berhasil jika diiringi dengan tekad yang kuat. Di sisi lain juga, hargai diri sendiri untuk setiap langkah atau kemajuan yang dibuat, apalagi kalau kamu sebelumnya sama sekali nggak suka sayur.

Kalau mulai mundur, coba ingat kembali tujuan kamu untuk mulai makan sayur yaitu untuk hidup sehat dan memberikan nutrisi yang seimbang bagi tubuh. Tetap semangat untuk menjalaninya, ya, Nibblers!

Editor: Kristal Pancarwengi

Related Articles

Connect with Nibble