Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

Tips Memilih Ikan Segar. Lihat Mata dan Insangnya

July 22, 20213 min readTips & Tricks

Tips memilih ikan segar agaknya termasuk salah satu skill yang wajib dikuasai setiap orang. Gak cuma cewek, tapi juga cowok. Tahu cara pilih ikan yang berkualitas bagus akan menghindarkanmu dari keracunan atau kerugian saat membeli. Sayang kan, sudah keluar uang banyak, eh ternyata ikannya hampir busuk.

Tenang... Memilih ikan yang segar gak susah, kok. Melansir Possector, kamu bahkan bisa membedakan mana ikan segar dan mana ikan yang sudah berhari-hari ditangkap hanya dengan melihat tampilan fisiknya. Penasaran gimana caranya? Simak poin-poin berikut sampai tuntas ya!

  1. Mata

Hal pertama yang wajib kamu lakukan untuk mengetahui kesegaran ikan adalah dengan mengecek bagian matanya. Mata ikan yang segar akan terlihat jernih dan terang, dengan bagian hitam di tengah-tengahnya. Sebaliknya, ikan yang sudah tidak segar biasanya punya mata yang mengkerut dan keruh. Pun bagian mata yang semestinya berwarna putih kekuningan justru berwarna kemerahan.

Photo source: Pixabay

  1. Insang

Tips memilih ikan segar yang kedua adalah mengecek bagian insangnya. Gampang kok. Kamu tinggal mengangkat sedikit penutup insang di bagian kepala ikan. Ikan yang masih segar memiliki insang dengan warna merah yang bersih. Makin segar ikan, makin merah pula warna insangnya.

Photo source: Pixabay

Beda dengan ikan yang sudah berhari-hari ditangkap. Biasanya memiliki insang yang warnanya kecokelatan atau bahkan agak abu-abu. Selain itu, insang juga terlihat terpisah dari bagian yang lainnya. Ini menandakan kalau ikan tersebut kualitasnya sudah gak bagus.

  1. Sisik

Cara yang satu ini gampang banget buat menentukan apakah ikan yang kamu beli di pasar benar-benar segar atau tidak. Cek bagian sisiknya. Jika warnanya mengkilap dan terang, artinya ikan tersebut masih segar dan aman dikonsumsi.

Photo source: Pixabay

Cek juga apakah sisik masih menempel kuat pada badan ikan. Yup, ikan yang sudah lama (gak segar) biasanya punya warna sisik yang kusam. Selain itu, sisiknya juga kerap terlepas dari kulit ikan jika dipegang.

  1. Perut

Menekan bagian perut ikan juga bisa dilakukan untuk mengetahui apakah ikan tersebut benar-benar segar atau sudah lama ditangkap. Perut ikan yang berkualitas bagus bertekstur kenyal dan akan balik ke bentuk semula kalau ditekan. Sedangkan ikan yang sudah berhari-hari perutnya lebih lembek dan tetap cekung jika ditekan.

Photo source: Pixabay

  1. Daging

Tips memilih ikan segar yang selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi si daging ikan itu sendiri. Ikan yang segar punya daging berwarna cerah dan jernih. Sementara ikan yang berkualitas rendah warna dagingnya cenderung kusam dan gampang hancur bila ditekan.

Photo source: Pixabay

  1. Aromanya

Cara paling praktis untuk mengetahui kesegaran ikan adalah dengan mencium aromanya. Kalau ikan beraroma segar yang khas, sudah pasti ikan tersebut masih segar. Sebaliknya, ikan yang sudah lama ditangkap punya aroma berbeda‚ÄĒcenderung menyengat, tak sedap, bahkan busuk.

Photo source: Pixabay

Pentingnya Memilih Ikan Segar

Selain menghemat uang belanja, tahu cara memilih ikan segar juga akan menghindarkanmu dari berbagai risiko kesehatan, lho. Ya, ikan yang sudah tak segar bisa saja membawa penyakit yang membuat kita keracunan, mual, muntah, diare, hingga degup jantung tak beraturan.

Photo source: Pixabay

Ingat, segala manfaat dan nutrisi hanya bisa kita peroleh saat mengonsumsi ikan segar. Jadi, pastikan kamu selalu memilih ikan berkualitas terbaik saat belanja di pasar atau supermarket ya. Semoga tips ini bermanfaat, Nibblers!

Related Articles

Connect with Nibble