Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Istockphoto

10 Tips Usaha Kuliner Pinggir Jalan Jaminan Laris Manis

October 5, 20215 min readTips & Tricks

Kali ini Nibble mau berikan tips usaha kuliner pinggir jalan supaya laris manis dan bisa meraih untung. Bisnis kuliner pinggir jalan atau streetfood adalah salah satu pilihan yang bisa kalian coba nih. Apalagi hampir di setiap kota, kita bisa dengan mudah menemukan dengan mudah pelaku usaha kuliner di sektor ini. Konsumennya pun juga sangat besar seiring meningkatnya tren kulineran pada masa sekarang.

Meskipun begitu, merintis usaha kuliner pinggir jalan tetap harus dijalankan dengan pengelolaan yang matang. Agar bisa meraih untung yang maksimal, usaha sesederhana apapun tetap butuh perhitungan dan strategi yang cermat.

Supaya bisnis kalian lebih untung dan laris manis, berikut ini tips usaha kuliner pinggir jalan yang harus diperhatikan, dirangkum dari Hospitality Insights.

1.      Buat Dulu Rancangan Bisnisnya (Business Plan)

Sebelum benar-benar mulai untuk menjalankan sebuah usaha, termasuk kuliner, sebaiknya konsep dulu rancangan bisnis atau business plan. Dengan membuat rancangan bisnis, kalian bisa mengidentifikasi tujuan yang ingin dicapai dan bagaiman cara mencapainya. Terlebih dengan adanya rancangan bisnis yang jelas, bisa dijadikan acuan kepada investor jika suatu saat membutuhkan tambahan dana.

source: istockphoto

Kira-kira apa saja yang harus ditentukan dalam rencana bisnis?

  • Jenis kuliner yang dijual
  • Target pasar
  • Branding
  • Identitas brand

Seenggaknya poin-poin awal tersebut harus kalian pikirkan dahulu secara matang sebelum memulai usaha. Tetapkan jenis makanan yang akan dijual dan untuk target pasar untuk lapisan masyarakat yang mana (contoh: remaja, mahasiswa, karyawan, atau dewasa berkeluarga). Jangan lupa siapkan logo serta desain kedai yang menarik lalu mudah diingat untuk membentuk identitas dan brand image yang nantinya dikenali oleh pelanggan.

2.      Tentukan Lokasi yang Tepat

Penentuan lokasi berjualan jadi hal yang sangat penting dilakukan, karena usaha pinggir jalan yang laris itu 80% berawal dari pemilihan lokasi yang strategis. Paling sederhana adalah pilih lokasi yang bisa dilihat orang orang banyak dan aksesnya pun sangat mudah.

source: istockphoto

Dengan mentepkan lokasi yang tepat, kalian juga bisa menyesuaikan dengan target konsumen yang ingin kalian tuju. Misalkan pilih lokasi dekat kampus untuk yang ingin menggali konsumen para mahasiswa, atau dekat area bisnis perkantoran untuk menggaet konsumen dari kelas karyawan.

3.      Riset Kompetitor

Dalam bisnis pastilah ada yang namanya persaingan, supaya bisa masuk dalam lingkaran persaingan tersebut pelajari atau lakukan riset kompetitor. Dari situ, kalian akan menemukan celah yang tepat untuk bersaing, baik dari segi harga, ciri khas, hingga pengemasan.

source: pixabay

Riset kompetitor juga bisa dilakukan saat pemilihan lokasi berjualan yang tepat. Misalnya, hindari membuka bisnis kuliner yang sejenis dengan sebuah brand ternama dalam lokasi yang berdekatan. Para konsumen akan cenderung untuk memilih brand yang sudah dikenal.

4.      Tentukan Harga Jual

Setelah melakukan riset kompetitor dan memilih lokasi yang tepat, faktor penting yang harus dilakukan adalah menentual harga jual menu. Usaha pinggir jalan yang laris bukan semata punya harga yang murah, melainkan harga yang pas dan masuk akal. Salah satu cara menentukan harga adalah melakukan riset harga pasar.

source: istockphoto

Jika kalian ingin menjual bakmi dan nasi goreng, risetlah dulu kisaran harga menu bakmi dan nasi goreng umum dijual di daerah sekitaran lokasi. Pertimbangkan juga biaya produksi, pajak, sewa tempat, dan lain-lain. Jika sudah tahu, maka perhitungannya seperti ini: harga = modal + (persen keuntungan × modal).

5.      Tentukan Jam Operasional

Penentuan jam operasional juga salah satu kunci kesuksesan dari bisnis kuliner lho. Jika kalian pikir kurang worth it, untuk beroperasi pada siang hari, maka bisa membukanya sore-malam hari.

Lamanya jam buka gak selalu berbanding lurus dengan keuntungan yang didapat. Yang paling penting adalah sesuaikan jam operasional dengan jenis makanan dan target konsumen kalian.

source: istockphoto

6.      Perhatikan Cita Rasa Makanan

Supaya usaha kuliner kalian laris dan mendapaat kesetiaan pelanggan, maka cita rasa masakan jadi faktor paling penting. Hidangkan makanan dengan cita rasa yang lezat dan sesuai dengan lidah masyarakat yang ingin kalian tuju. Menjaga kualitas cita rasa agar jangan berubah-ubah juga sangat penting agar pelanggan nggak pindah ke lain hati.

7.      Jaga Kualitas Bahan Makanan

Faktor penting berikutnya adalah menjaga kualitas bahan makanan. Meski kalian sudah punya resep dengan cita rasa lezat, tapi jika bahan bakunya kurang terjaga, maka makanan pun jadi kurang nikmat disantap. Jagalah agar bahan makanan yang akan dimasak terjaga kebersihan dan kesegarannya, serta bukan bahan makanan yang mendekati busuk.

source: istockphoto

Kalian bisa mencari supplier bahan makanan yang terpercaya. Nggak harus bahan makanan berkualitas premium, asalkan tetap segar dan bersih sudah bisa menghasilkan makanan yang lezat.

8.      Lakukan Promosi

Siapa sih yang gak ingin usaha kulinernya bisa semakin dikenal secara luas? Oleh karena itu, promosi secara berkala menjadi kunci keberlangsungan usaha kuliner secara jangka panjang.

source: pexels

Kalian bisa menawarkan promo dan diskon yang menarik pada pelanggan saat momen tertentu. Jangan lupa manfaatkan juga media sosial dengan baik, seperti Instagram, TikTok, Twitter, ataupun ajak YouTuber dan Food Vlogger untuk mereview makanan kalian.

9.      Berikan Pelayanan Terbaik

Baik melayani sendiri ataupun menggunakan jasa karyawan, pastikan keduanya tetap mengupayakan pelayanan terbaik yang mampu memuaskan pelanggan. Perhatikan tata krama, pemilihan kata yang santun, dan nada bicara yang bersahabat saat menyambut pelanggan. Pastikan juga dengan rona wajah yang cerah dan ramah, bukan cemberut apalagi jutek.

source: istockphoto

10. Lengkapi Fasilitas

Supaya usaha kuliner pinggir jalanmu lebih menarik pelanggan, gak ada salahnya untuk melakukan upgrade fasilitas. Contohnya saat era pandemi seperti saat ini, sediakan tempat mencuci tangan yang memadai dengan sabun atau hand sanitizer.

Nah, itu dia 10 tips usaha kuliner pinggir jalan supaya makin laris dan dikenal masyarakat luas. Lakukan cara-cara di atas secara konsisten, supaya bisnis kuliner yang ingin kalian jalani bisa semakin lancar dan dapat banyak pelanggan. Semoga sukses!

Related Articles

Connect with Nibble