Foodies Guide To F&B Industry

Photo by KSMtour

10 Tempat Makan Anak Touring di Jalur Selatan

March 9, 20206 min readTips & Tricks

Budaya touring sudah diminati sejak lama oleh seluruh penggemar motor di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Penggila sepeda motor di Indonesia juga tak lepas dari dunia touring-touringan. Nah, destinasi kuliner sering kali tak hanya sekedar menjadi tempat makan tapi juga tujuan akhir dari trip mereka.

Tertarik untuk lebih memahami petualangan para anak motor, kami menemukan ternyata ada beberapa pilihan tempat makan yang sudah menjadi langganan para pengembara akhir pekan. Kali ini kami ingin membahas tempat makan anak touring khusus di sekitar jalur selatan Pulau Jawa. Ada gak yang jadi langganan kalian nih?

1. Wisata Kuliner Warpat

tempat makan anak touring

Photo source: Firma Linda

Dimulai dari sekitaran Puncak, Bogor, ada sebuah area tempat makan yang saban hari dikunjungi oleh anak-anak motor dari Jakarta. Warpat adalah gabungan dari beberapa tempat makan yang menjadi satu. Banyak anak motor yang dengan sengaja menghabiskan malam minggu untuk riding ke lokasi satu ini.

Pilihan makanannya mungkin tipikal seperti roti bakar, nasi goreng, dan berbagai kudapan warung kopi. Namun, dengan bonus pemandangan kebun teh yang segar di pagi hari dan indahnya kerlip lampu Kota Bogor saat malam hari membuat nuansa kuliner kalian akan terasa menyenangkan.

Lokasi: Jl. Raya Puncak, Tugu Selatan, Cisarua, Puncak, Bogor

2. Sate Maranggi Sari Asih

tempat makan anak touring

Photo source: Siti Humairah

Lanjut menuju Cianjur ada sate maranggi yang selalu ramai dikunjungi siang dan malam. Sate Maranggi Sari Asih yang ada di Jalan Raya Pacet, Cianjur sudah dikenal sebagai salah satu target lokasi untuk menikmati sate berbumbu oncom. Sate maranggi yang umum dimakan dengan ketan bakar ini banyak disukai tak hanya oleh anak motor tapi juga oleh warga Jakarta pada umumnya.

Penyajian pesanan yang cepat dan rasa sate yang enak pasti akan membuat kalian tidak pikir dua kali untuk ke sini lagi. Jangan lupa minumnya pakai es kelapa yang diminum murni dari batoknya.

Lokasi: Jl. Raya Pacet, Cipendawa, Cianjur, Jawa Barat

3. Darmaga Sunda

Photo source: Picasa

Rem sudah kepanasan setelah deg-degan di turunan panjang Jalur Nagreg, saatnya istirahat di restoran Sunda paling cakep di wilayah ini. Selain punya menu susundaan yang enak, Restoran Darmaga Sunda terkenal dengan suasana makan yang beda dari lainnya.

Kita bisa makan dan berlama-lama di gasibu dengan desain kapal pinisi yang memberikan kesan unik. Makan di sini cukup menambah energi untuk melanjutkan perjalanan touring kalian dengan sempurna. Tak cuma perut yang kenyang, tapi mood juga ikutan senang.

Lokasi: Jl. Raya Nagreg KM 37, Nagreg, Bandung, Jawa Barat

4. Banjar Atas Rest Area

tempat makan anak touring

Photo source: Cahya

Jelang masuk ke perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah, di Kota Banjar kalian wajib banget rehat di Banjar Atas Rest Area. Pada dasarnya ini adalah tempat istirahat biasa di Kota Banjar namun, dengan ambiance yang super adem.

Makanan dan minuman yang tersedia di sini memang tidak istimewa tapi rasa secangkir kopi sachet atau es kelapanya akan benar-benar menenangkan jiwa. Hal ini jelas karena kalian menikmatinya di tengah kerumunan pohon besar. Rest area ini seperti representasi Kota Banjar tentang kekayaan hutan mereka, menenangkan.

Lokasi: Jl. Ciamis-Banjar, Karangpanimbal, Kota Banjar, Jawa Barat

5. Dawet Hitam Asli Pak Wagiman

Photo source: Picasa

Dawet hitam atau dawet ireng adalah salah satu kuliner khas Jawa Tengah yang sudah mulai dikenal di Jakarta. Tidak ada salahnya dong kita mencoba es dawet hitam dari lokasi autentiknya. Walau banyak branding dawet hitam asli Kutoarjo, tetapi di wilayah Butuh ada dawet hitam yang punya cita rasa asli tiada duanya.

Dawet Hitam Asli Pak Wagiman menjadi tempat makan anak touring berikutnya yang kami rekomendasikan. Segarnya es dawet hitam dengan pewarna yang diambil dari hasil bakaran merang ini akan menghapus rasa haus kalian untuk melanjutkan perjalanan.

Lokasi: Jl. Nasional No.3, Krajan, Butuh, Purworejo, Jawa Tengah

6. Jejamuran

Photo source: Okezone

Masuk Yogyakarta perut sudah mulai keroncongan lagi dong! Tempat makan anak touring selanjutnya adalah Jejamuran. Restoran Jawa yang punya konsep dengan menu serba jamur ini begitu trending sehingga wajib banget mampir mumpung sudah sampai Yogyakarta.

Walau banyak yang bisa dieksplor di kota ini, tetapi Jejamuran menjadi rekomen kami paling utama. Alasannya jelas karena konsep restoran ini sangat sulit ditemukan lawannya di Indonesia.

Lokasi: Jl. Pendowoharjo, Niron, Sleman, Yogyakarta

7. Warung Makan Bu Gandos

tempat makan anak touring

Photo source: Septian Pamungkas

Tidak lengkap rasanya kalau sepanjang jalan kita tidak menyentuh menu-menu seafood. Warung Makan Bu Gandos di Pacitan punya lobster yang ukurannya gak nyantai. Mungkin tampilannya sebagai warung makan terasa sederhana tapi rasa seafood bakarnya benar-benar juara.

Menikmati lobster bakar dengan pemandangan Teluk Pacitan di kejauhan akan mengembalikan tenaga dan mood kalian untuk melanjutkan perjalanan. Nasi tiwul yang menjadi menu andalan di sini dijamin akan memperkaya pengalaman kuliner kalian. Pernah coba nasi tiwul?

Lokasi: Jl. Raya Solo-Pacitan KM 5, Bagak, Pacitan, Jawa Timur

8. Ayam Londho Pak Yusuf

Photo source: Hendrawan Agusta

Doyan ayam londho? Kalian wajib mencoba langsung dari lokasi asalnya di Tulungagung. Ayam Londho Pak Yusuf merupakan salah satu yang paling banyak dikagumi di Tulungagung dan Trenggalek. Menu ini sendiri adalah kuliner ayam yang proses pembuatannya cukup rumit sehingga memiliki cita rasa yang tentunya unik.

Ayam kampung yang sudah dipanggang lalu dimasak lagi dengan kuah santan berbumbu kunir, merica, pala, jahe, asam jawa, daun sereh, daun serai, daun salam, dan daun jeruk. Rasanya yang pedas-pedas nagih akan membakar semangat bermotor kalian untuk melanjutkan perjalanan.

Lokasi: Jl. KHR Abdul Fattah No. 88, Botoran, Tulungagung, Jawa Timur

9. Pos Ketan Legenda

Photo source: Ario Nugroho

Melipir sedikit ke Kota Batu, kalian wajib nyobain aneka menu ketan di Pos Ketan Legenda. Jika kalian familiar dengan Tansu Kemayoran, mampir di Pos Ketan Legenda akan membuka mata kita bahwa begitu banyak menu yang bisa divariasikan dengan ketan.

Seperti pengganti nasi, menu ketan di sini bahkan bisa dinikmati dengan sate usus dan ati ampela. Sejuknya Kota Batu juga akan menjadi pengiring lezatnya menu-menu di Pos Ketan Legenda.

Lokasi: Jl. Kartini No. 6, Sisir, Batu, Malang, Jawa Timur

10. Jaran Goyang Resto

Photo source: Picasa

Akhirnya perjalanan kalian menyusuri Jalur Selatan Jawa sampai di ujungnya. Tempat makan anak touring untuk merayakan garis finis ini adalah Restoran Jaran Goyang yang menyajikan berbagai seafood khas Banyuwangi.

Restoran seafood yang punya gaya penyajian cantik dan suasana fresh ini bisa melepas lelah kalian sepenuhnya. Sudah tak ada lagi yang dikejar, saatnya fokus menikmati hasil laut Banyuwangi yang sudah terkenal.

Lokasi: Jl. Kolonel Sugiono No. 91, Kertosari, Banyuwangi, Jawa Timur

Terakhir, jangan lupa mengunjungi pantai-pantai indah di Banyuwangi untuk merenungi momen-momen senang dan susah sepanjang perjalanan. Selalu ingat, tidak semua biker memiliki energi dan semangat seperti kalian yang mampu menyentuh kota paling ujung Pulau Jawa ini. Berbangga hatilah dan siap-siap untuk petualangan lainnya!

Related Articles

Connect with Nibble