Foodies Guide To F&B Industry

Photo by liputan6.com

8 Makanan Favorit Jokowi yang Paling Enak

March 10, 20205 min readFoodie Trends

Menjadi Presiden Republik Indonesia membuat semua hal yang dilakukan oleh Jokowi menjadi perhatian publik. Hal ini termasuk makanan favorit Jokowi yang paling sering dirinya santap di rumah ataupun jika dirinya sedang bepergian ke luar kota. Ternyata makanan yang disukai Jokowi hampir seluruhnya merupakan makanan rumahan.

Penasaran apa saja makanan favorit Jokowi? Cari tahu dalam artikel berikut ini!

Sup Ayam

Photo source: marthastewart.com

Sup ayam menjadi salah satu makanan yang menjadi pilihan sarapan masyarakat di seluruh dunia. Rasanya yang gurih dan tidak terlalu mengenyangkan membuatnya menjadi makanan yang dicari pada waktu sarapan.

Hal ini tidak jauh berbeda dengan Jokowi. Beliau hampir setiap hari memilih sup ayam sebagai menu sarapannya. Ini senada dengan pernyataan JOkowi yang menyebut bahwa dirinya menyukai makanan rumahan yang mudah dibuat dan dapat ditemukan di mana saja sehingga tidak menyusahkan orang lain.

Soto

Photo source: masakapahariini.com

Menjadi salah satu dari makanan nasional Indonesia, soto ternyata juga menjadi makanan favorit Jokowi. Memiliki banyak varian, salah satu soto yang paling disukai Jokowi adalah soto kuning. Soto kuning adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Bogor, Jawa Barat. Makanan yang satu ini memiliki nama kuning karena kuahnya yang memang kuning mengandung kunyit.

Selain soto kuning, Jokowi juga biasanya menyempatkan diri untuk menyantap soto kesukaannya ketika berkunjung ke Solo, Jawa Tengah. Soto yang selalu dikunjungi Jokowi adalah Soto Gading dan Soto Triwindu. Keduanya adalah kedai yang menjual soto Solo dengan kuah bening, tetapi Soto Gading menggunakan daging ayam sedangkan Soto Triwindu menggunakan daging sapi.

Oseng Tempe

Photo source: masakapahariini.com

Oseng memang menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Cara pembuatannya yang mudah dan tidak mengeluarkan banyak biaya membuat makanan yang satu ini begitu digemari seperti sup ayam.

Salah satu oseng yang begitu disukai Jokowi adalah oseng tempe. Hanya dengan mengandalkan tempe, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan cabai seporsi oseng tempe sudah bisa disajikan di rumah. Terkadang, untuk menambah rasa, ada juga yang mencampurkan teri ke dalam oseng tempe.

Lentho

makanan favorit jokowi

Photo source: travelingyuk.com

Tidak familiar dengan nama makanan yang satu ini? Wajar sih, meskipun berasal dari Jawa Timur, rawon, rujak cingur, atau pecel lebih dikenal luas dibandingkan dengan lentho. 

Lentho merupakan salah satu makanan yang menjadi pelengkap dari sebuah lontong balap. Lentho dibuat dari kacang tolo atau kacang hijau yang ditumbuk. Setelah ditumbuk, adonannya dicampur dengan tepung, parutan singkong, kunyit, daun bawang, daun jeruk, cabai, dan garam. Bentuk akhir lentho setelah digoreng mirip dengan perkedel.

Sayangnya, lentho hanya bisa didapatkan di pasar tradisional di sekitaran Surabaya. Meski begitu, kalian juga bisa kok membuatnya sendiri di rumah karena tidak terlalu ribet membuatnya.

Sate Kere

Photo source: travelingyuk.com

Sesuai namanya, varian sate yang satu ini memang pada awalnya diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Sate kere adalah sate yang berisi jeroan sapi seperti jantung, paru, lambung, dan usus. Bagian jeroan ini dipilih karena keterbatasan biaya masyarakat Indonesia di zaman penjajahan yang tidak bisa menikmati daging sapi.

Tidak disangka, sate yang satu ini juga disukai oleh Jokowi. Jokowi disebut sangat menyukai potongan babat dan tetelan sapi. Beliau bahkan memiliki kedai sate kere favorit yang sering dikunjungi jika sedang mudik ke Solo. Sate kere dari Sate Mbak Tug ini bahkan juga menjadi salah satu makanan yang dihidangkan pada pesta pernikahan salah satu anak Jokowi. 

Ayam Goreng

Photo source: pikiran-rakyat.com

Cita rasa ayam goreng yang gurih tampaknya memang sulit untuk ditolak oleh siapa pun, termasuk Jokowi. Wajar apabila makanan yang satu ini juga menjadi makanan favorit dari Jokowi.

Salah satu kedai ayam goreng di Kota Solo seringkali menjamu Jokowi ketika dirinya sedang berada di sana. Ayam Goreng Mbah Karto dimasak dengan bumbu bacem, bawang putih, dan rempah. Sebelum dimasak, ayam ini sudah di-ungkep terlebih dulu dalam waktu yang cukup lama untuk memastikan semua bumbunya terasa hingga ke bagian tulang terdalam.

Disebut pula, jika sedang berkunjung ke Ayam Goreng Mbah Karto, Jokowi sering memesan sambal blondho. Sambal blondho adalah sambal yang dibuat dari ampas minyak yang dihasilkan oleh endapan santan kental yang dicampur dengan sambal bawang.

Timlo

makanan favorit jokowi

Photo source: phinemo.com

Timlo merupakan salah satu makanan khas dari kota asal Jokowi, Solo. Tidak ada yang tahu pasti sejak kapan timlo mulai ada dan dikonsumsi luas, tetapi sekitar tahun 1960-an dipercaya sebagai tahun pertama dibukanya rumah makan yang secara khusus menjadikan timlo sebagai hidangan utamanya.

Timlo merupakan sebuah makanan yang terdiri dari sup, dadar gulung, sosis solo, bihun, telur pindang, dan suwiran ayam goreng atau daging sapi. Kuahnya sendiri memiliki cita rasa yang segar. Sekilas makanan yang satu ini memang mirip dengan sup ayam, tetapi memiliki beberapa bahan tambahan.

Sate Kambing

Photo source: gudeg.net

Meskipun daging kambing seringkali disebut memiliki pengaruh negatif bagi tubuh manusia, tetapi menu yang satu ini tetap menjadi makanan favorit Jokowi. Sate Kambing Bu Hj. Bejo selalu menjadi tujuan Jokowi ketika sedang berada di Kota Solo.

Sate kambing a la Sate Kambing Bu Hj. Bejo memiliki ciri khas dihidangkan dengan ukuran daging yang cukup tebal. Selain itu, penyajiannya juga memanfaatkan irisan bawang merah, tomat, dan sedikit kubis.

Jadi pengen sate kambing tapi lagi di Jakarta? Yuk datang ke 7 sate kambing Jakarta yang gak bau prengus.

Udah tau kan sekarang makanan apa saja yang disukai oleh Presiden kita. Ada yang punya makanan favorit sama dengan Jokowi?

Related Articles

Connect with Nibble