Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pexel

9 Cara Menghindari COVID-19 di Tempat Makan Publik

March 18, 20205 min readTips & Tricks

Penyebaran COVID-19 di Indonesia semakin meluas. Tak hanya di Jakarta, tapi juga di beberapa kota lain banyak ditemukan pasien positif COVID-19. Sejak Presiden Joko Widodo menghimbau masyarakat agar melakukan social distancing sebagai cara menghindari COVID-19, banyak perusahaan kini yang memberlakukan kebijakan working from home. Masyarakat pun juga semakin waspada untuk keluar rumah jika tidak ada urgensi.

Salah satu hal urgent yang paling sering membuat kita terpaksa keluar rumah adalah soal makanan. Tidak semua orang bisa dan punya waktu untuk memasak, sehingga mau tidak mau harus ke restoran untuk makan. Nah, buat kalian yang terpaksa harus ke restoran di tengah mewabahnya COVID-19, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk meminimalisir risiko terkena virus tersebut. Penasaran? Simak yuk di artikel berikut ini.

1. Bijak Memilih restoran

Photo source: Whats New Indonesia

Sadar nggak, di tengah pandemi seperti ini, banyak restoran yang mengeluarkan kebijakan untuk memperketat kehigienisan makanan yang disajikan. Restoran-restoran tersebut tidak akan segan mempublikasikan langkah preventif yang mereka lakukan di media sosial atau di restoran itu sendiri. Langkah preventif yang mereka terapkan biasanya mulai dari pengecekan suhu tubuh para karyawan dan pengunjung, menata area seating agar tidak saling berdekatan, dan lain sebagainya.

Nah, kalian bisa mencari tahu, restoran mana saja yang menerapkan langkah tersebut dan jadikan restoran tersebut sebagai pilihan utama kalian saat sedang mencari makan.

2. Datang di Jam-Jam Sepi

cara menghindari covid-19

Photo source: The Jakarta Post

Tujuan himbau social distancing adalah mengajak masyarakat untuk menghindari kerumunan orang. Antrean panjang dan padatnya sebuah restoran tentu sudah bisa kita tebak, yaitu saat jam makan siang atau jam makan malam. Salah satu cara menghindari COVID-19 adalah dengan mengunjungi restoran di jam-jam sepi, misalnya 1-2 jam sebelum jam makan siang atau malam.

Dengan begitu, kalian tidak perlu terjebak dalam antrean panjang saat membeli makan. Atau terpaksa harus makan bersama belasan atau puluhan orang yang tidak di kenal dalam satu ruangan.

3. Pilih Restoran yang Tidak Terlalu Ramai

Photo source: Jakarta 100 Bars

Jika tidak ada pilihan untuk ke restoran selain di jam-jam padat pengunjung, selalu ada pilihan untuk kalian. Banyak sekali restoran di Jakarta yang masih buka sampai saat ini, jadi sebaiknya pilih restoran yang tidak terlalu ramai. Mengorbankan keinginan atau rasa ngidam terhadap makanan dari restoran tertentu sangatlah sebanding demi menghindari COVID-19.

4. Lebih Baik Take Away

cara menghindari covid-19

Photo source: Freepik

Cara menghindari COVID-19 lainnya adalah dengan memesan makanan untuk take away. Langkah ini membuat kita tidak harus berada di restoran dengan orang-orang lain yang tidak kita ketahui asal-usulnya.

5. Saat Terpaksa Makan di Restoran

Photo source: Freepik

Jika kalian tidak punya pilihan lain selain makan di restoran, sebaiknya bawalah hand sanitizer guna membersihkan meja dan peralatan makan yang akan kalian gunakan. Jika perlu, kalian juga bisa membawa alat makan sendiri, seperti sendok, garpu, atau sedotan.

Selain itu, sebisa mungkin, duduklah berjauhan dengan pengunjung lain, disarankan jaraknya kurang lebih 1 meter. Jangan pula duduk berhadapan dengan teman makan kalian, khususnya saat sedang pergi berdua, untuk meminimalisir terkena droplets dari mulut atau hidung teman kalian.

Selalu ingat juga untuk cuci tangan sebelum dan setelah makan dengan cara yang tepat, sesuai dengan rekomendasi WHO, yaitu menggunakan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik.

6. Gunakan Sistem Pembayaran Cashless

cara menghidari covid-19

Photo source: Freepik

Berhubung uang juga bisa menjadi media kuman penyakit, pilihlah metode pembayaran cashless. Apalagi kita tidak tahu uang kembalian yang akan diberikan restoran berasal dari mana. Jadi sebisa mungkin, pilihlah untuk menggunakan kartu atau media pembayaran online. Selalu sterilkan kartu setelah digunakan menggunakan hand sanitizer atau tisu yang dibasahi alkohol. Jika terpaksa menggunakan uang tunai, selalu ingat untuk membersihkan tangan selesai bertransaksi. Tahan diri pula untuk menyentuh wajah selesai menekan tombol alat transaksi.

7. Hindari Restoran Buffet

Photo source: Pixabay

Selama wabah COVID-19, sebaiknya hindari dulu restoran yang menyajikan hidangan buffet. Cara menghindari COVID-19 yang satu ini cukup masuk akal karena di restoran buffet, setiap piring, gelas, sendok, dan garpu dapat diakses oleh orang banyak. Sehingga ini meningkatkan risiko kita terinfeksi COVID-19 saat menyentuh peralatan makan yang sudah dihinggapi oleh virus.

8. Katakan Tidak untuk Sharing Makanan

Photo source: Freepik

Kebiasaan kita yang suka berbagi makanan atau memesan menu platter untuk dimakan bersama-sama memang meningkatkan kedekatan. Namun, ada baiknya untuk tidak melakukan hal tersebut di masa-masa genting ini. Hindari untuk berbagi alat makan, gelas minum, dan juga makanan dengan teman atau keluarga kita sendiri.

9. Kalau Bisa #dirumahaja

cara menghindari covid-19

Photo source: Freepik

Jika kalian mendapatkan privilege untuk bekerja dari rumah, manfaatkan momen tersebut untuk menjauhi kerumunan orang dengan maksimal. Apalagi jika kalian sedang sakit, sebaiknya lakukan swakarantina sampai benar-benar sembuh. Jika lapar dan ingin sesuatu, kalian bisa gunakan jasa delivery makanan online. Memang prosedur delivery makanan di Indonesia saat ini belum seketat negara-negara lain yang sudah lebih banyak penderita positif COVID-19 nya, tapi ini jauh lebih baik daripada kita harus keluar rumah dan ke restoran sendiri.

Panik memang tidak akan membantu di tengah situasi yang sedang panas ini, tapi waspada itu selalu perlu dilakukan. Kita harus menerapkan segala cara menghindari COVID-19 bukan hanya untuk diri kita sendiri, tapi juga untuk orang-orang terdekat di sekitar kita. Simak yuk beberapa makanan peningkat imunitas tubuh untuk melawan virus corona.

Related Articles

Connect with Nibble