Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

Aprikot, Buah dari Armenia dengan Segudang Manfaat

July 16, 20214 min readHealthy Foodie

Di Indonesia, aprikot mungkin belum sepopuler buah apel, pir, ataupun jeruk. Maklum, buah ini memang masih sulit dibudidayakan di lingkungan tropis Indonesia, sehingga masih harus impor. Buah bernama latin Prunus armenicum atau Armenian plum punya rasa manis yang menyegarkan.

Aprikot juga merupakan salah satu buah yang sering dibicarakan para beauty influencer karena kandungan manfaat yang baik untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Bentuk buahnya mirip plum dan peach dengan biji keras yang besar di tengahnya. Buah ini juga tinggi kandungan vitamin dan mineral yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh.

Mau tahu apa saja sih kandungan nutrisi dan manfaat dari buah ini? Yuk simak penjelasannya!

Kandungan Nutrisi Aprikot

Buah yang juga populer dikonsumsi di Iran dan Turki ini selain segar juga banyak kandungan nutrisi baik di dalamnya. Dilansir dari Healthline dan Medical News Today, dalam buah aprikot segar, terkandung beberapa nutrisi seperti kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalium, dan serat. Sebagai buah-buahan, ia juga dilengkapi fitonutrien lengkap seperti  vitamin C, A, E, K, dan B3.

source: Pixabay

Selain itu, buah berwarna kuning oranye ini juga dikenal sebagai sumber beta karoten, zeaxanthin dan lutein yang merupakan antioksidan. Sehingga buah ini cukup kuat dan bisa membantu dalam melawan radikal bebas.

Manfaat Kesehatan dari Aprikot

Nah, dengan kandungan nutrisinya tersebut, berikut ini manfaat kesehatan yang bisa dirasakan jika rutin mengonsumsinya:

1.      Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah aprikot segar punya banyak kandungan senyawa penting yang bagus untuk merawat kesehatan mata kalian. Contohnya adalah kandungan vitamin A dan E yang cukup dominan. Seperti kita tahu, vitamin A memainkan peran penting untuk mencegah masalah penglihatan seperti kurangnya pigmen cahaya di mata.

Sedangkan vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang larut dalam lemak dan masuk ke mata secara langsung untuk melindunginya dari kerusakan radikal bebas. Bisa dibilang kandungan nutrisi kedua vitamin tersebut bisa melindungi mata dari kerusakan, secara cukup baik.

source: istockphoto

2.      Melawan Radikal Bebas

Selain kandungan vitamin untuk kesehatan mata, buah ini juga mengandung antioksidan cukup kuat yang disebut flavonoid. Flavonoid yang menjadi kandungan utama dalam aprikot, yaitu klorogenat, katekin, dan kuersetin. Kandungan-kandungan tersebut telah terbukti bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis efek radikal bebas. Contohnya termasuk mengatur gula darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung kronis.

Senyawa ini berfungsi menetralisir radikal bebas yang merupakan molekul berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas merupakan efek yang bisa merusak sel-sel tubuh sehingga menyebabkan stres oksidatif. Efek ini juga jadi biang keladi terjadinya penyakit kronis seperti jantung, kanker, dan arthritis.

source: istockphoto

3.      Melancarkan Pencernaan

Seperti buah-buahan lainnya, daging buah aprikot ini juga kaya akan kandungan serat alami yang baik untuk membantu pergerakan usus halus. Manfaat serat di dalamnya juga bisa untuk merangsang produksi cairan di lambung. Hal tersebut membuat saluran pencernaan lebih optimal menyerap nutrisi dan memecah semua zat makanan yang masuk, sehingga menjadi gampang dicerna.

Serat dalam daging buah juga bisa mengaktifkan gerakan peristaltik dan juga gerakan otot polos dalam usus. Hal tersebut dapat menjaga pergerakan usus menjadi lebih teratur. Oleh karena itu, makan aprikot juga disarankan bagi penderita sembelit sebagai obat pencahar alami.

source: istockphoto

4.      Menjaga Kesehatan Tulang

Kalsium merupakan mineral kunci yang penting untuk membentuk sel tulang dan merawat kesehatannya. Selain susu, aprikot ternyata juga punya kandungan kalsium di dalamnya. Gak cuma itu, buah ini juga memiliki mineral lain untuk kesehatan tulang, seperti kalium, fosfor, zat besi, mangan, dan tembaga.

Mengonsumsi buah ini secara rutin bisa membantu membentuk tulang yang kuat dan sehat. Selain itu, ia juga dianggap mampu mencegah berbagai masalah tulang yang berkaitan dengan usia, seperti osteoporosis pasca menopause.

source: pixabay

5.      Merawat Kecantikan Kulit

Siapa yang gak ingin punya kulit lebih sehat dan cerah? Nah, kandungan vitamin C, E, dan beta karoten dalam aprikot bisa berfungsi menjaga kesehatan kulit lho. Vitamin C dan beta karoten dikenal mampu melindungi kulit dari kerusakan sengatan sinar UV dan polutan lingkungan dari serangan radikal bebas.

source: pixabay

Kombinasi vitamin C dan E ini juga membantu menghasilkan kolagen yang bisa memberi kekuatan dan kekenyalan kulit. Selain itu, minyak aprikot jika dicampurkan dengan gula bisa dijadikan sebagai scrub yang bagus untuk skincare alami. Manfaatnya berguna untuk proses pengelupasan sel-sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih halus dan lembut.

Itu dia deretan manfaat kesehatan dalam kandungan buah aprikot. Kalian bisa mengonsumsinya dalam bentuk segar, kering, atau bentuk selai serta topping cake. Rasa manis, asam, segarnya enak banget buat dinikmati.

Related Articles

Connect with Nibble