Nibble'S Guide

10 Ayam Betutu di Bali Paling Enak dan Bikin Puas

by Danang Lukmana | August 17, 2021

10 Ayam Betutu di Bali Paling Enak dan Bikin Puas
Ayam betutu di Bali adalah kuliner yang terbuat dari ayam utuh dan diisi dengan bumbu dan rempah, kemudian dipanggang dalam api sekam. Memang lauk tersebut merupakan salah satu kuliner khas Pulau Dewata, jadi gak akan sulit untuk mencarinya saat liburan di sana. Tapi yang sering jadi masalah adalah di sana ada banyak banget tempat makan, baik warung maupun restoran yang menjual menu ini. Hal itu membuat kebanyakan orang bingung mau memilih yang mana. Ingin mencicipi menu ayam betutu di Bali yang paling enak dan recommended? Datang saja ke 10 pilihan tempat makan berikut ini. Dijamin, rasa ayamnya sangat enak dan benar-benar merasakan sensasi makanan khas Pulau Dewata.

1.      Warung Nasi Ayam Bu Oki

Gak usah diragukan deh, kalau Warung Nasi Ayam Bu Oki ini jadi tempat makan yang sudah sangat terkenal baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Dalam satu porsinya, kalian akan disajikan nasi putih dengan lauk-pauk seperti daging ayam betutu, potongan telur rebus, urap kacang panjang, sate lilit, kacang tanah, dan sambal matah. Jangan lupakan bumbu ayam sayur yang dibanjiri di atas ayam betutunya. Sangat nikmat dan lezat.

Source: @surabayafoodies

Alamat:
  • Jl. Celagi Basur No.3Y, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali.
  • Jl. Siligita Jl. Raya Nusa Dua Selatan No.27, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali.

2.      Ayam Betutu Men Tempeh

Warung makan ayam betutu ini lokasinya berada di terminal lama Gilimanuk. Keberadaan Warung Ayam Betutu Men Tempeh sudah berdiri sejak Tahun 1978. Cita rasa ayam betutu di sini sangatlah otentik dan terjaga rahasianya. Meskipun sudah banyak bermunculan warung makan sejenis yang mengatasnamakan Men Tempeh.

Source: @shafoodlibrary

Alamat: Gilimanuk, Melaya, Jembrana Regency, Bali.

3.      Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Pencinta cita rasa pedas gak boleh melewatkan ayam betutu yang enak di Bali satu ini. Rumah makan Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini terkenal akan menu utamanya yang pedas. Satu ekor ayam betutu sangat besar dan puas jika disantap dengan nasi putih hangat. Belum lagi disantap bersama kuahnya yang pedas karena menggunakan cabai rawit.

Source: @peryolita

Alamat: Jl. Raya Tuban No.2X, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

4.      Ayam Betutu Pak Man

Tempat makan ayam betutu yang satu ini juga sangat populer dan terkenal enak. Makanya, Ayam Betutu Pak Man, sering juga dibanjiri oleh para wisatawan untuk menyicip kelezatannya. Menu betutu di sini diolah dengan bumbu pedas dan gurih. Aroma bumbu sereh dan kunyitnya cukup kuat menyengat, namun sangat enak.

Source: @betutupakman_kuta

Alamat: Jl. Kubu Anyar No.72x, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

5.      Warung Nasi Bali Men Weti

Bagi para pencinta kuliner murah di Bali, Nasi Bali Men Weti adalah pilihan yang wajib. Warung nasi ini memang memiliki penampilan sederhana, tapi telah berdiri sejak tahun 1970. Para pencinta kuliner di sini akan memperoleh nasi campur dengan beragam lauk di piringnya. Lauknya terdiri atas ayam betutu, ayam goreng, kuah pindang, telur rebus, dan sambal.

Source: @cabinbag

Alamat: Jl. Segara Ayu No.8, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

6.      Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Tempat makan satu ini cukup melegenda, bagi wisatawan asing maupun lokal yang berwisata ke Bali. Tentu Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku Ubud sudah gak perlu diragukan lagi kelezatan khas Balinya. Warung nasi ayam ini mempunyai menu khas yaitu ayam suwir, ayam betutu, dan sayur urap.

Source: @jastipbaliose

Alamat: Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

7.      Warung Liku

Rekomendasi berikutnya yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur ke Pulau Dewata adalah Warung Liku. Meski berbentuk warung sederhana, namun setiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh pembeli. Menunya juga sederhana, ayam betutu, nasi campur, nasi ayam, dan beberapa varian menu lainnya. Harus datang pagi, karena jika sudah siang bisa kehabisan menu ayam betutu yang sangat enak.

Source: @maxi_wonderland

Alamat: Jalan Gandapura III F, Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur, Kesiman Kertalangu, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar.

8.      Ayam Betutu Pak Sanur

Mau menikmati ayam betutu khas Bali dengan suasana rumahan? Langsung saja datang ke Ayam Betutu Pak Sanur. Warung ayam Betutu satu ini menyediakan suasana tempat makan dengan kesan homey yang sudah pasti sangat nyaman. Berdiri sejak tahun 1986, tapi warung ini gak pernah sepi pengunjung meskipun lokasinya agak tersembunyi. Kamu harus datang pagi sebelum kehabisan makanan lezat ini.

Source: @horizonhoman

Alamat: Jl. Arjuna No.19, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

9.      Ayam Betutu Mek Rati

Ayam betutu di rumah makan Mek Rati ini sudah sangat terkenal dengan kelembutan dagingnya yang juara. Gak cuma itu, bumbu dari masakannya juga meresap hingga ke tulang sehingga bisa dinikmati. Jika mau lebih pedas bisa tambahkan sambal matah. Sambal matah di Ayam Betutu Mek Rati ini sudah gak diragukan lagi keenakannya.

Source: @betutu_mekrati

Alamat: Jl. Dewi Sri IV, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

10.  Warung Betutu Ibu Ray

Rekomendasi terakhir tempat menikmati ayam betutu yang enak adalah Warung Betutu Ibu Ray. Proses pembuatan ayam betutu di sini memakan cukup waktu yang lumayan lama. Daging ayam akan dipanggang dalam oven selama 8 jam sehingga menghasilkan daging dengan tekstur yang lembut. Rasa bumbunya meresap sempurna hingga ke tulang ayamnya karena sebelum diungkep daging ayam sudah diasapi.

Source: @betutuiburay

Alamat: Jl. Tukad Citarum No.43, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Sudah terbayang belum lezatnya menu ayam betutu di Bali yang pastinya menggoyang lidah? Jika berkunjung ke Pulau Dewata, jangan lupa kunjungi deretan rekomendasi warung makan tersebut. Dijamin cita rasa kuliner Bali yang otentik bisa kalian rasakan.