Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

Awas Bahaya Boba bagi Kesehatan. Kurangi yuk!

July 1, 20203 min readFoodie Trends

Pernah dengar soal bahaya boba? Kalau belum, kalian wajib baca ulasan berikut ini. Yup, boba atau bubble tea namanya; minuman viral yang lagi hits dan digandrungi masyarakat Indonesia. Stand penjual minuman boba ini menjamur banget, gak cuma di mall-mall tapi juga di pinggir-pinggir jalanan.

Boba memang menyegarkan, apalagi kalau diminum di siang hari yang panas. Tapi kalian juga wajib tahu nih tentang bahaya boba yang mengintai.Di balik kesegarannya, boba ternyata menyimpan efek negatif buat kesehatan, lho.

Bahaya Boba buat Kesehatan Jangka Panjang

Buat kalian yang hobi minum boba, sebaiknya kurang-kurangi mulai sekarang ya. Pasalnya dalam satu gelas es boba terkandung 20 sendok gula! Hiii... Serem gak tuh? Padahal konsumsi gula berlebihan kan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Penasaran apa saja bahaya boba buat tubuh? Ini dia jawabannya.

  1. Memicu kenaikan berat badan

Punya berat badan ideal pastinya jadi keinginan setiap orang, baik cewek maupun cowok. Tapiii... Impian itu rasanya mesti dilupakan pelan-pelan nih kalau kalian masih sering minum boba.

Ya, kandungan gula yang super tinggi dalam bubble tea diketahui bisa memicu kenaikan berat badan secara drastis. Apalagi boba punya kalori yang sangat tinggi. Dalam sekali minum boba, setidaknya ada 300-400 kalori yang masuk ke tubuh kalian. Hmm... Gimana gak tambah gemuk kalau minum boba tiap hari?

  1. Sistem pencernaan terganggu

Bahaya boba gak cuma soal kenaikan BB, tapi juga menyangkut kesehatan pencernaan. Ingat, bahan utama boba adalah tepung tapioka yang susah banget dicerna oleh tubuh.

Tekstur boba yang kenyal dan lengket sangat mungkin menyebabkan gangguan pada sistem saluran cerna kalian, lho. Akibatnya kalian akan mengalami gejala-gejala seperti sembelit dan sakit perut.

Eits, sudah banyak kasus pasien dilarikan ke rumah sakit karena mengalami penyumbatan usus akibat kebanyakan boba. Kalian gak mau kan jadi yang selanjutnya?

  1. Menyebabkan timbulnya jerawat

Bahaya boba yang berikutnya adalah gangguan hormonal yang sering kali berujung pada munculnya jerawat. Ya, boba biasanya dibuat dari campuran susu dan krimer—dua dairy products yang sering jadi biang kerok timbulnya jerawat di kulit.

Produk susu memang mengandung zat tertentu yang dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Nah, kondisi hormonal yang berantakan inilah yang akhirnya memicu pembentukan komedo, jerawat, dan menyebabkan kulit berminyak. Mau cantik, kan? Kurang-kurangin minum boba yuk!

  1. Risiko penyakit jantung

Terdengar menyeramkan? Tapi begitulah faktanya. Boba memang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Kadar kalori yang terlalu tinggi akan menyebabkan katup jantung tertutup oleh lemak.

Akibatnya, proses pemompaan darah pun terganggu dan timbul nyeri di area dada. Nah, keluhan-keluhan inilah yang jadi pertanda awal penyakit jantung. Wah, ngeri juga ya ternyata bahaya boba buat kesehatan jantung.

  1. Merusak gigi

Bahaya boba yang berikutnya adalah risiko kerusakan gigi. Ini dipicu oleh tingginya kadar gula dalam segelas sajian bubble tea yang ngehits itu. Kandungan gula akan merusak lapisan yang melindungi gigi. Akibatnya, kalian akan mengalami gigi berlubang atau gigi sensitif. Bukan gak mungkin kalian juga bakal menderita masalah kesehatan mulut lainnya.

  1. Diabetes

Kadar gula yang terlalu tinggi dalam minuman boba juga bisa memicu penyakit diabetes. Makin banyak boba yang kalian konsumsi, makin tinggi pula risiko munculnya diabetes.

Minum boba tentu boleh dan gak dilarang. Sekali dalam seminggu masih oke kok buat menuntaskan dahagamu. Pastikan selalu imbangi dengan pola hidup sehat dan minum banyak air putih ya... Bahaya-bahaya boba di atas tentu sudah cukup buat kalian jadikan alasan untuk mengurangi konsumsi bubble tea, kan?

Related Articles

Connect with Nibble