Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Instagram @kulinerdisolo

10 Bakso Balungan Jakarta yang Rasanya Gak Ngecewain

September 14, 20215 min readFood

Variasi bakso balungan Jakarta jadi pilihan mantap menikmati sajian makanan berkuah ini yang pastinya sedap. Bakso balungan dan bakso iga/rusuk pastinya akan memuaskan nafsu makanmu. Tambahan tulang sapi membuat kuah kaldunya jadi berasa lebih gurih nikmat. Selain itu kamu bisa mendapat ekstra daging yang empuk dari potongan iga yang disediakan.

Berikut ini pilihan bakso balungan Jakarta yang siap kamu santap!

1.      Bakso Iga Balungan

Nama Bakso Iga Balungan memang ngehits dengan sajian bakso dengan ekstra isi iga yang empuk dan nikmat. Cabangnya ada di beberapa daerah seperti Cengkareng dan yang terbaru di daerah Tomang. Menunya pun beragam dan yang paling utama tentu bakso iga balungannya. Dalam satu porsinya terdapat 2 bakso polos, 2 bakso urat, dan potongan iga ukuran besar. Ada juga menu bakso tulang sum-sum, bakso dower yang pedas, bakso keju, hingga bakso lobster.

Source: @gagaldiett

Alamat: Jalan Kamboja No 23, RT.5/RW.7, Kota Bambu Utara, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat.

2.      Bakso Rusuk Samanhudi

Salah satu tempat makan penyedia bakso iga yang paling enak dan terkenal se-Jakarta adalah Bakso Rusuk Samanhudi. Lokasi awal dan pusatnya memang berada di Jalan Samanhudi, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Saat ini gerainya sudah banyak di beberapa tempat, bahkan sampai ke Bandung. Kamu bisa memesan bakso urat, bakso telor, bakso mercon, hingga bakso rudal yang ditambahkan dengan rusuk atau iga sapi. Iga sapinya dapat dua potong per mangkok lho, pastinya puas deh makannya.

Source: @menumakanenak_

Alamat: Jl. Samanhudi No.18d, RT.1/RW.8, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat.

3.      Bakso Solo Samrat

Rajanya bakso dengan porsi jumbo dan rasa yang kaya akan rempah bisa kamu temukan di Bakso Solo Samrat. Cabangnya juga tersebar banyak di beberapa daerah Jakarta, salah satunya Tebet. Kuahnya terlihat keruh karena memang terdiri dengan bumbu rempa serta kaldu yang super gurih. Menu andalan di sini adalah bakso tenis rusuk yang baksonya ada telur di dalamnya dan dilengkapi potongan iga yang besar-besar.

Source: @foodbali

Alamat: Jl. Tebet Raya No.45c, RW.2, Tebet Tim., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan.

4.      Bakso Rusuk Sunan Giri

Bakso dengan tambahan daging iga yang empuk dan nikmat juga bisa kamu dapatkan di Bakso Rusuk Sunan Giri. Tempat makannya terkenal dengan konsepnya yang seperti cafe dan nyaman. Ada tiga menu andalan mereka yakni bakso rudal, bakso mercon, dan bakso urat yang ketiganya mendapat tambahan rusuk atau iga sapi. Potongan iga sapinya gak terlalu besar sehingga cukup lembut dan mudah untuk dimakan.

Source: @baksorusuk_sunangiri

Alamat: Jl. Tebet Barat Dalam Raya No. 84, Tebet, Jakarta Selatan.

5.      Bakso Balungan Pak Granat

Sedikit melipir ke luar Jakarta, tepatnya ke daerah Cipondoh Tangerang, ada tempat makan Bakso Balungan Pak Granat. Bakso Pak Granat sendiri sebelumnya sudah terkenal di Magelang dan Jogjakarta. Beberapa menu yang bisa kamu coba antara lain mie ayam ceker, bakso sapi urat, ekstra tetelan, dan tentu saja bakso balungan. Jadi bakso balungan berisi tulang dan daging iga yang cukup lembut untuk kamu santap.

Source: @misskulinerdannarsis

Alamat: Jl. Puri Permata, RT.003/RW.002, Cipondoh Makmur, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang.

6.      Bakso Balungan Komsen

Melipir kembali ke luar Jakarta buat berburu bakso balungan enak, kali ini pilihan jatuh ke Bakso Balungan Komsen di Bekasi. Pilihan menunya ada bakso iga biasa, iga jumbo, bakso plus tetelan, dan bakso plus tulang sum-sum. Selain tulang-tulangan, per porsinya diberi pilihan mau bakso halus berjumlah 5 buah, ataupun bakso urat besar berjumlah 2 buah.

Source: @baksobalungankomsen

Alamat: Jl. Raya Jatiasih No. 42, Jatiasih, Bekasi.

7.      Bakso Baper Miss Judes

Pilihan menu bakso dengan ekstra tulang iga berikutnya bisa kamu coba di Bakso Baper Miss Judes. Lokasinya berada di Cinere, perbatasan antara Depok dan Jakarta. Menu andalan bakso di sini sebenarnya adalah bakso penyet, bakso mercon, dan bakso kuah taichan yang super pedas. Tapi menu bakso iga yang berukuran jumbo juga wajib banget buat dicicipi. Bakso iga di sini unik karena satu potong iga jumbo langsung dibalut dengan adonan bakso sapi.

Source: @baksobapermissjudes

Alamat: Jl. Pangkalan Jati No. 15, Cinere, Depok.

8.      Bakso JWR

Pencinta bakso pastinya sudah gak asing dengan Bakso JWR yang memang terkenal sebagai penjual bakso yang enak. Dengan harga yang bersahabat, kamu sudah bisa dapatkan semangkuk bakso yang kuahnya gurih dan berasa sapinya. Untuk menu iga sapi, ada tiga menu unggulan yakni bakso jumbo campur rusuk, bakso telur rusuk, dan bakso daging campur rusuk.

Source: @baksojwr

Alamat:  Jl. Tanjung Duren Raya No. 96, Tanjung Duren, Jakarta Barat.

9.      Bakso Rusuk Solo

Salah satu pilihan makan bakso dengan ekstra balungan atau rusuk di Jakarta yang lezat adalah Bakso Rusuk Solo. Menu istimewanya tentu saja bakso yang kenyal dengan potongan rusuk sapi yang lembut dan empuk. Gak cuman baksonya saja, bahkan menu mie ayam juga bisa diberi ekstra topping dua potong rusuk sapi.

Source: @anca.id

Alamat: Jl. Raden Inten II No.9, RT.5/RW.14, Duren Sawit, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur.

10.   Bakso Rusuk Joss

Terakhir, salah satu kedai bakso yang menjual bakso dengan potongan rusuk atau balungan adalah Bakso Rusuk Joss. Gerai bakso ini sudah tersebar banyak di area Jakarta Raya. Salah satu yang patut dicoba adalah bakso rusuk setan yang ukurannya besar untuk disantap 4 orang. Tulang rusuk cukup besar dan tebal yang dilapisi dengan adonan bakso.

Source: @foodnotestories

Alamat: Ruko Taman Semanan Indah, Blok H No. 5, Jl. Taman Semanan Indah (Dharma Kencana), Cengkareng, Jakarta Barat.

Bakso balungan di Jakarta juga banyak dikenal dengan sebutan bakso rusuk maupun bakso iga. Isinya sama-sama bakso bulat dengan tambahan tulang-tulangan bagian iga sapi. Cukup menggugah selera bukan?

Related Articles

Connect with Nibble