Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Getty

Belanja Sayuran Saat PSBB Lebih Aman dengan Cara Ini

April 15, 20213 min readTips & Tricks

Agenda belanja sayuran mungkin sedikit terhambat akibat kebijakan PSBB. Kalau dulu kita bisa groceries shopping dengan bebas, sekarang tidak. Kekhawatiran terbesar tentu saja gak jauh-jauh dari takut tertular COVID-19.

Hmm... Tapi kira-kira ada gak ya solusi atau alternatif untuk hal yang satu ini? Sebab makan tanpa sayur rasanya pasti kurang nikmat. Tenang, Nibblers! Ini dia tips aman belanja sayuran saat PSBB. Tentunya tanpa repot!

  1. Datang saat toko baru buka

Tips belanja sayuran yang aman di tengah pandemi adalah datang ketika toko baru dibuka. Cara ini akan memberikan kalian 2 keuntungan. Pertama, kalian bisa mendapat bahan-bahan makanan yang fresh dan masih lengkap pilihannya.

Yang kedua, pengunjung yang datang gak akan sebanyak di jam-jam sibuk. Artinya, kalian gak perlu terlalu khawatir harus berada di tengah kerumunan. Kontak dengan orang lain pun bisa dihindari semaksimal mungkin.

  1. Pakai masker

Pakai masker jadi sesuatu yang wajib dilakukan saat keluar rumah, gak cuma ketika sedang belanja sayur. Tujuannya kalian pasti sudah tahu; mengurangi risiko paparan virus corona yang tersebar melalui udara atau benda mati, seperti bahan makanan yang dijual, trolley belanja, dan lain-lain.

  1. Jangan terlalu banyak memegang sayuran

Memilih sayuran kualitas terbaik saat belanja bukan hal yang salah, kok. Tapi kalian juga harus ingat kalau pandemi belum berlalu. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu banyak memegang-megang sayuran atau bahan makanan lain yang dipajang di rak display. Ambil hanya apa yang kalian perlukan ya dan segera masukkan ke trolley.

[caption id="attachment_19483" align="alignnone" width="850"] Young woman carries a shopping basket filled with fresh produce. She is shopping for fresh fruit and vegetables in a grocery store.[/caption]

  1. Bawa kantong belanja sendiri

Tips aman belanja sayuran ketika PSBB adalah membawa kantong belanja sendiri. Cara ini gak cuma bertujuan buat mengurangi risiko paparan virus, tapi juga bagian dari langkah go-green dengan cara diet kantong plastik.

  1. Bersihkan sayuran dengan sabun khusus

Virus COVID-19 mungkin masih terbawa dan menempel di sayuran yang kalian beli. Nah, buat meminimalisir risiko tertular, jangan lupa mencucinya dengan air mengalir dan sabun khusus segera ketika sudah sampai rumah, ya. Terdengar repot memang. Tapi kesehatan kalian dan keluarga pastinya jauh lebih penting diutamakan, dong.

  1. Stok bahan makanan

Belanja sayuran saat PSBB pasti gak seleluasa seperti belanja saat hari-hari biasa. Jadi, daripada bolak-balik pergi ke pasar atau supermarket, belilah stok makanan dan sayuran supaya cukup hingga 1-2 minggu ke depan. Catat dulu bahan-bahan makanan yang kalian butuh sebelum berbelanja. Namun, hindari panic buying ya!

  1. Stok makanan bergizi

Ada satu hal yang gak boleh kalian lupakan ketika belanja sayuran di tengah masa PSBB. Yup, stok makanan sehat dan bergizi jawabannya! Supaya daya tahan tubuh tetap kuat, pastikan kalian memperbanyak konsumsi makanan bergizi seperti sayur, buah, daging, ikan, tahu tempe, dan sebagainya.

8. Belanja sayuran online

Belanja sayuran online bisa jadi alternatif cerdas buat kalian yang masih khawatir ke luar rumah di tengah pandemi. Selain prosedurnya praktis dan gampang, stok sayuran dan bahan makanan yang tersedia juga biasanya lumayan lengkap.

9. Masak sayuran hingga matang

Supaya lebih aman dikonsumsi, langkah terakhir dari agenda belanja sayuran yang wajib kalian lakukan adalah mengolahnya hingga matang. Tujuannya agar bakteri, kuman, atau virus yang menempel pada bahan makanan mati dan gak membahayakan kesehatan.

Belanja sayuran di tengah pandemi dan PSBB pastinya harus dilakukan dengan hati-hati. Dengan begitu, kita bisa menghindari paparan virus COVID-19 yang berbahaya ini. Jangan lupa tetap lakukan physical distancing ketika sedang berada di supermarket atau pasar, ya. Happy groceries shopping, Nibblers!

Related Articles

Connect with Nibble