Foodies Guide To F&B Industry

Photo by sisternet.co.id

Buat yang Takut Gemuk, Ini Cara Kulineran Tapi Tetap Kurus

March 17, 20205 min readTips & Tricks

Kulineran merupakan aktivitas paling menyenangkan untuk dilakukan seumur hidup. Apalagi kita tinggal di Indonesia, di mana setiap kota punya makanan khas yang terasa unik dan bikin penasaran untuk dicoba. Setiap singgah di kota-kota tertentu, kita pasti tidak tahan untuk mencicipi makanan tradisionalnya.

Tapi kadang dunia tidak adil, hal-hal yang terasa seperti surga dunia, misalnya kulineran, punya risiko negatif untuk tubuh kita. Salah satunya adalah naiknya berat badan secara drastis. Namun, pernah nggak sih kalian berpikir kenapa banyak food bloggers yang hobinya makan, tapi bisa tetap langsing? Kira-kira apa ya yang membuat mereka tidak takut gemuk? Padahal kita yang sudah diet mati-matian dan menahan diri untuk tidak makan sembarangan terasa susah sekali untuk menurunkan berat badan.

Jika kalian penasaran dengan rahasianya, ayo simak artikel berikut ini sampai selesai.

1. Prioritaskan Protein

Photo source: Pixabay

Siapa yang takut gemuk, padahal suka sekali makan daging? Worry not, menurut MaryKate O’Riordan, seorang Registered Dietitian di Philadelphia, protein mengalami proses metabolisme dengan sangat lambat. Itu artinya, kalian akan merasa kenyang lebih lama saat mengonsumsi protein.

Tak hanya dijadikan sebagai lauk makanan utama, protein juga harus dikonsumsi sebagai snack. Kalian bisa mengombinasikan keju dengan buah anggur atau celery dengan peanut butter. Tentunya itu akan menjadi pilihan snack yang sehat dan mengenyangkan.

2. Makan di Meja Makan

Photo source: Freepik

Kebiasaan makan sambil kerja atau makan sambil nonton TV sangat lazim kita lakukan. Tapi tahu nggak, kalau mau tidak takut gemuk, sebaiknya kalian mulai biasakan untuk makan di meja makan. Hal ini tak hanya bisa menjadi kesempatan bagus untuk bisa membangun bonding dengan teman makan kita, tapi juga membuat kita lebih mindful saat makan. Saat kita terganggu saat makan, kita cenderung untuk makan lebih banyak dari yang kita butuhkan.

3. Siapkan Snack Sehat

takut gemuk

Photo source: Freepik

Snacking sering dihindari oleh orang-orang yang takut gemuk. Faktanya, snacking tidak memiliki peran sepenting itu lho dalam menambah berat badan kita, selama kita memilih snack yang tepat. Pastikan kalian hanya melakukan snacking ketika merasa lapar saja dan rencanakan snack yang akan kalian makan.

Jika sudah ter-manage dengan baik, kalian pasti akan merasakan manfaat snacking yang luar biasa.

4. Kunyah Pelan-Pelan

takut gemuk

Photo source: Freepik

Tinggal di kota yang sibuk dengan padatnya aktivitas sehari-hari membuat kita tak ingin menyia-nyiakan waktu, meski cuma semenit. Hasilnya, banyak di antara kita yang mengunyah makanan cepat-cepat agar sesi makan cepat berakhir dan bisa beralih ke aktivitas yang berikutnya.

Padahal proses mengunyah ini sangat mempengaruhi berat badan lho. Jika kalian takut gemuk dan ingin kurus, coba deh untuk mengunyah makanan kalian lebih pelan. Mengunyah ini merupakan bagian pertama dalam proses pencernaan. Nah, mengunyah makanan pelan-pelan dan lebih lama akan membantu enzim di air liur untuk menghancurkan makanan di mulut, sehingga akan lebih mudah dicerna oleh tubuh kita. Mengunyah lebih pelan juga membuat kita terhindar dari overeating.

5. Jangan Gunakan Piring Berukuran Besar

Photo source: Freepik

Kalau takut gemuk, hindari makan dengan piring besar. Saat pakai piring besar, otak kita terstimulasi untuk memenuhi piring tersebut dengan berbagai makanan. Jadi, gunakanlah piring yang lebih kecil, misalnya piring salad. untuk membantu kalian menakar porsi makanan sehingga kalori yang dimakan akan lebih sedikit.

6. Minum Banyak Cairan

Photo source: Freepik

Minum banyak cairan bukan hanya untuk membuat tubuh jadi lebih sehat, tapi juga menghindari rasa lapar. Meski tergoda untuk minum jus, kopi manis, boba, atau soda saat kulineran, lebih baik mengganti itu semua dengan air putih.

7. Tidak Melewatkan Sarapan

takut gemuk

Photo source: Freepik

Saat kita takut gemuk, kita akan cenderung melewatkan sesi makan sebisa mungkin. Jangan sampai kalian tidak sarapan untuk memulai hari ya. Penelitian dari American Journal of Epidemiology menemukan fakta bahwa orang-orang yang melewatkan sarapan punya risiko 4,5 kali lebih besar untuk mengalami obesitas.

Sebaiknya makan makanan bergizi sebagai menu sarapan karena ini akan membuat kita lebih bisa mengontrol asupan makanan sepanjang hari. Sebelum kulineran seharian, kalian bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan protein dan serat, seperti telur, buah, dan roti whole-wheat, buat sarapan di pagi hari.

8. Tidur 7-8 Jam Sehari

takut gemuk

Photo source: Freepik

Tips yang satu ini mungkin terdengar klise, tapi di dunia yang serba canggih seperti sekarang ini, cukup sulit untuk bisa mendisiplinkan diri buat tidur 7-8 jam sehari. Godaan untuk menengok media sosial atau nonton Netflix lebih besar daripada langsung tidur di malam hari. Jika kalian juga memiliki kebiasaan ini, yuk segera dihentikan agar tidak takut gemuk lagi. Ini karena Journal Sleep mencatat bahwa orang-orang yang tidur kurang dari 6 jam sehari atau lebih dari 8 jam sehari akan lebih cepat mengalami kenaikan berat badan. Mungkin ini karena saat kita kurang tidur, nafsu makan kita jadi bertambah, dan keinginan untuk makan makanan berkalori tinggi lebih besar.

9. Jalan-Jalan Setelah Makan

Photo source: Freepik

Jalan-jalan sebentar setelah makan ternyata dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan. Hal ini juga disimpulkan oleh sebuah penelitian di Medicine & Science In Sports & Exercise. Tercatat bahwa olahraga ringan setelah makan, seperti berjalan, dapat menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

Bagaimana kalau tidak punya waktu untuk jalan-jalan setelah makan? Tidak masalah kok, yang terpenting kalian tetap aktif dan terus bergerak setelah makan. Bahkan hal-hal seperti mencuci piring atau melakukan pekerjaan rumah lain setelah makan juga memiliki efek yang sama.

10. Rutin Olahraga

Photo source: Freepik

Bukan rahasia lagi, olahraga merupakan kunci yang dapat membuat kita sukses untuk menjaga berat badan dengan baik. Jika kesulitan mencari waktu untuk berolahraga, kalian bisa melakukannya lewat aktivitas sehari-hari. Misalnya, memarkir mobil lebih jauh dari gedung kantor kalian agar bisa jalan lebih jauh atau memilih tangga dibanding lift untuk mencapai ruangan kalian di kantor.

Salah satu penelitian Mayo Clinic menemukan fakta jika kita berdiri selama 6 jam sehari, kita dapat menurunkan berat badan sebanyak 2,5 kg dalam satu tahun.

Itu dia usaha yang bisa kita lakukan agar tidak takut gemuk lagi. Apakah kalian sudah mencoba salah satunya?

Related Articles

Connect with Nibble