Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Istockphoto

Resep Caesar Salad Segar yang Gurih Menggoda Selera

July 9, 20213 min readFoodie Trends

Caesar salad merupakan salah satu menu salad yang paling banyak disukai sehingga banyak ditawarkan restoran dan kafe. Dengan tampilannya yang segar dan menggoda selera, membuat orang-orang banyak yang menganggapnya sebagai sebuah comfort food. Dengan bahan utama sayuran romain lettuce, salad ini menjadi populer di dunia.

Konon menu caesar salad diciptakan secara nggak sengaja oleh chef yang kehabisan bahan makanan di dapurnya, namun harus tetap menyajikan sesuatu untuk para tamu. Meskipun hanya romain lettuce dengan taburan keju parmesan dan saus ala kadarnya ternyata disukai tamu.

Ingin tahu asal-usul singkat mengenai menu salad yang populer ini? Yuk simak di bawah ini.

source: istockphoto

Asal-Usul Menu Caesar Salad

Banyak orang mengira bahwa nama menu ini diambil dari seorang kaisar agung Romawi, Julius Caesar. Eitts, hal tersebut salah, melansir dari Huffpost dan BBC, nama Caesar dalam menu ini diambil dari nama seorang Chef keturunan Italia, yakni Caesar Cardini. Cardini meracik menu salad ini tahun 1924 di Tijuana,Meksiko.

Pada hari kemerdekaan Amerika 4 Juli 1924, restorannya benar-benar ramai oleh pengunjung sehingga ia sendiri kehabisan stok bahan makanan. Dengan iseng, Cardini mengimprovisasi sendiri bahan makanan sisa seperti romain lettuce, satu-satunya sayuran di menu ini, dengan bahan kuning telur, keju parmesan, dan bahan sisa lainnya. Potongan roti tawar yang disebut crouton juga disajikan untuk menambah rasa gurih berselera.

Ternyata menu ala kadarnya ini sangat enak dan disukai para pelanggan restorannya. Hal tersebut karena salad ini sangat enak dijadikan menu menemani minum alkohol, seperti bir dingin. Pada akhirnya Caesar salad diabadikan dan dikenal sebagai menu salad favorit di dunia.

source: istockphoto

Resep Caesar Salad untuk Sendiri

Meskipun sangat populer di restoran-restoran dunia, namun resep Caesar salad ini mudah banget kok untuk dibikin sendiri di rumah. Bahan-bahan utamanya juga gampang untuk didapatkan di pasaran Indonesia. Jangan ragu untuk berkreasi dan meraciknya sendiri di rumah kalian.

Nah, untuk semakin menambah kandungan gizi di dalamnya, kalian bisa menambahkan daging ayam menjadi Chicken Caesar Salad. Berikut resep dan cara meraciknya.

Persiapkan Bahan-Bahannya

Untuk membuat chicken caesar salad, berikut bahan-bahan yang harus kalian siapkan;

Ayam Panggang:

  • 2 potong ayam fillet
  • 2 sdm minyak sayur
  • 1 sdt bawang putih cincang
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 1 sdt garam

Salad dan Dressing:

  • 250 g cos lettuce
  • Keju parmesan parut
  • 200 ml mayones botolan
  • Perasan air jeruk lemon
  • 1 sdt mustard pasta
  • 1 sendok makan saus BBQ
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • Potongan roti panggang (crouton)

Cara Membuat

source: istockphoto

Ayam Panggang

  1. Potong fillet ayam secara membujur hingga agak tipis.
  2. Bumbui ayam dengan bawang putih, minyak sayur, air lemon dan garam. Remas-remas hingga bumbunya merata. Diamkan selama 15 menit untuk memastikan bumbu terserap.
  3. Panaskan wajan, panggang fillet ayam hingga matang dan kedua sisinya berubah warna menjadi kecokelatan.

Crouton

  1. Oles tipis-tipis permukaan roti tawar dengan mentega, kemudian potong dadu.
  2. Panaskan minyak goreng, kemudian tumis bawang putih cincang hingga keluar aromanya. Masukkan potongan roti, lalu aduk rata hingga berubah warna agak kecokelatan. Setelah itu angkat crouton dan simpan terlebih dulu.

Salad dan Dressing

  1. Aduk semua bahan dressing, seperti mayones, keju parmesan, mustard, saus BBQ, air lemon, dan merica garam hingga tercampur rata serta licin.
  2. Potong-potong kasar sayuran romain lettuce (selada), siapkan di piring saji.
  3. Beri potongan ayam, dan taburkan ke atas lettuce.
  4. Tambahkan saus dressing-nya dan sebelum disajikan taburi kembali dengan keju parmesan dan potongan roti panggang (crouton).

Menu Caesar Salad dengan ayam siap disajikan. Menu salad populer di dunia ini bisa kalian racik sendiri dan dinikmati bersama keluarga di rumah.

Related Articles

Connect with Nibble