Tips & Tricks

Cara Defrost Daging Paling Praktis dan Aman

by Danang Lukmana | July 02, 2021

Cara Defrost Daging Paling Praktis dan Aman
Apakah kalian sudah paham cara defrost daging secara tepat dan aman? Defrost, atau yang dikenal juga dengan istilah thawing, adalah proses mencairkan bahan makanan beku seperti daging, ayam, dan ikan, sebelum diolah menjadi makanan. Umumnya, untuk menjaga stok bahan makanan hewani di rumah, kita akan menyimpan daging, ayam, ikan ataupun sosis di dalam freezer. Namun saat ingin mengolahnya menjadi masakan, daging tersebut keras dan beku sehingga sulit untuk dicairkan. Padahal kita lagi buru-buru dan gak punya banyak waktu untuk segera memasak daging tersebut. cara defrost daging sapi

source: istockphoto

Proses dan cara defrost daging yang harus kalian lakukan gak bisa secara asal-asalan. Karena hal tersebut bisa berpengaruh pada risiko serangan bakteri, perubahan tekstur hingga mempengaruhi rasa masakan. Nih, Nibble kasih kalian tips mengenai cara defrost daging yang cepat, tepat, dan aman sebelum diolah. Berikut tips dan caranya yang dikutip dari Goodhousekeeping;

1.      Pakai Air Dingin

source: istockphoto

Menggunakan air dingin adalah cara paling tepat dan terbilang aman karena daging akan sangat cepat cair. Cara ini juga jauh lebih cepat dibandingkan dengan mencairkannya di dalam suhu kulkas. Akan tetapi, daging yang telah dicairkan dengan menggunakan air ini harus langsung dan sesegera mungkin untuk dimasak. Cara mencairkannya sangat mudah kok. Pertama-tama kalian harus masukkan dulu daging beku tersebut ke dalam kantong yang bisa ditutup rapat dan kedap udara. Bisa gunakan plastik pouch untuk melindungi daging supaya nggak terserang bakteri yang ada di dalam air atau udara. Kalau nggak ada, bisa juga gunakan kantong plastik biasa yang besar dan rapat, serta pastikan nggak ada udara di dalamnya. Setelah itu, rendam kantong yang berisi daging tersebut ke dalam mangkuk yang telah diiisi air dingin. Biarkan sampai terendam dengan penuh hingga dagingnya benar-benar mencair. Ganti dan buang airnya setiap 30 menit sekali. Ini berguna supaya air tetap dingin, segar dan gak kotor. Lakukan hal tersebut selama minimal satu jam, tergantung kondisinya. Setelah mencair, kalian harus segera memasak dagingnya. Hal ini perlu dilakukan sebab daging tersebut telah terpapar suhu ruang yang jauh lebih hangat sehingga berpotensi ditumbuhi bakteri. Jika ingin membekukannya kembali, harus tetap memasaknya terlebih dahulu dengan minimal direbus sebentar.

2.      Menggunakan Microwave

source: istockphoto

Cara defrost daging berikutnya adalah dengan menggunakan panas microwave. Dengan menggunakan microwave, daging beku akan mencair secara cepat dan hanya butuh waktu sekitar 10 menit saja. Tapi cara ini paling cocok untuk daging beku yang berbentuk kecil seperti daging yang sudah dipotong dadu, potongan ayam per bagian, atau daging cincang. Berikut tata cara mencairkan daging menggunakan microwave:
  • Buka pembungkus daging terlebih dahulu, lalu taruh di piring keramik atau kaca. Jangan gunakan wadah logam atau melamin.
  • Setel microwave dengan pengaturan mode “defrost”. Kalau nggak ada, atur saja dengan daya suhu yang rendah.
  • Periksalah selalu dan hati-hati jangan sampai daging termasak hingga setengah matang. Hal itu bisa merusak cita rasanya.
Sama seperti cara sebelumnya, jika daging sudah mencair segeralah masak dan jangan didiamkan terlalu lama. Daging yang dibiarkan terlalu lama rentan ditumbuhi jamur dan bakteri.

3.      Masak Tanpa Dicairkan

source: istockphoto

Percaya atau nggak, kalian juga bisa lho langsung memasak begitu saja potongan daging, ayam, dan sosis yang masih beku serta baru keluar dari freezer. Cara tersebut cukup aman untuk kalian yang dalam keadaan darurat atau sedang dikejar waktu. Memang sih, cara ini akan memakan waktu masak lebih lama, sekitar 50% dibanding waktu masak yang normal. Selain itu, tekstur juicy daging serta renyahnya bagian kulit ayam kurang bisa dirasakan. Tapi kandungan protein hewani di dalamnya tetap aman-aman saja kok. Nah, bagaimana Nibblers cukup mudah untuk dilakukan sendiri kan? Dengan mengetahui cara defrost daging yang cepat dan aman, kalian nggak perlu kuatir lagi untuk menambah stok bahan protein hewani di kulkas kalian.