Tips & Tricks

5 Ciri Makanan Kadaluarsa, Bahaya Kalau Dimakan

by Danang Lukmana | May 31, 2021

5 Ciri Makanan Kadaluarsa, Bahaya Kalau Dimakan
Nibblers, kalian udah tau belum ciri makanan kadaluarsa? Penting lho untuk mengetahui ciri-cirinya tersebut. Karena itu berguna untuk keamanan dan kesehatan diri kalian juga dalam mengonsumsi suatu produk makanan. Menurut BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan),  makanan dinyatakan sudah mengalami kadaluarsa jika terdapat perubahan dari sifat asalnya. Misalnya saja, kerusakan fisik, kimia atau enzimatis. Nah, jika kalian tetap nekat mengonsumsi makanan yang memasuki fase kadaluarsa akan berefek buruk pada diri kalian sendiri. Kalian bisa mengalami sakit perut, mual, diare serta gejala keracunan makanan lainnya. Agar diri kalian dan keluarga tetap mengonsumsi makanan yang aman dan sehat, yuk simak ciri makanan kadaluarsa berikut ini.
  1. Perhatikan Ciri Tanggal Tertera pada Kemasan

Tanggal makanan kadaluarsa

Photo source: hellosehat

Jika kalian hendak mengonsumsi makanan kemasan, ada cara paling mudah mengecek kualitas produk pangan di dalamnya, yaitu baca kode tanggal yang umumnya tertera pada kemasannya. Dengan membaca dan mengecek kode di kemasan makanan, kalian bisa menghindari kemungkinan mengonsumsi suatu produk yang sudah tak layak. Nah, ada dua lho sebetulnya kode yang umum dicantumkan dalam kemasan suatu produk pangan. Yaitu kode best before dan expired date. Banyak yang menyamakan keduanya, padahal berbeda. Kalo best before (baik sebelum), itu menunjukkan informasi soal kualitas terbaik sebuah produk makanan untuk dikonsumsi sebelum tanggal yang tertera. Meskipun sudah lewat tanggalnya, tapi masih cukup aman dimakan meskipun kualitas rasa, warna, dan aromanya menurun. Sedangkan expire date adalah tanda tanggal kadaluarsanya suatu produk makanan. Artinya jika kalian menemukan makanan yang melewati tanggal expire tersebut, segera buang karena sudah tidak layak dan bahaya untuk dimakan.

2. Aromanya Gak Sedap

Makanan kadaluarsa berbau

Photo source: Freepik

Sebelum kalian mengonsumsi suatu produk makanan, gak ada salahnya mencium atau mengendus dulu aroma yang dihasilkan dari makanan itu. Makanan yang masih fresh dan layak umumnya juga mengeluarkan aroma yang khas juga sedap menggugah selera. Beda kalo makanannya sudah basi alias kadaluarsa yang aromanya juga sudah gak enak. Makanan kadaluarsa umumnya ditandai dengan aromanya yang tengik dan tajam menyengat hidung. Hal itu karena sudah terjadi proses pembusukan di dalamnya. Seperti pada telur ayam, apakah masih memiliki aroma amis khas telur atau sudah beraroma menyengat yang busuk.
  1. Terjadi Perubahan Warna

roti kadaluarsa

Photo source: Freepik

Ciri lain yang menandakan makanan masih segar atau udah kadaluarsa adalah dari tampilan warnanya. Makanan yang kadaluarsa umumnya memiliki warna yang kusam, dekil, dan tidak secerah pada produk yang segar. Pada susu misalnya dapat dilihat apakah warnanya masih putih bersih dan segar atau sudah kekuningan. Di produk roti dan margarin yang telah kadaluarsa akan ditandai dengan munculnya warna kebiruan yang menandakan telah ditumbuhi jamur. Sedangkan pada ikan mentah, jika ikan masih segar dapat dilihat dari warna mata yang bersih dan bagian insang yang masih berwarna merah segar. Begitu juga dalam produk daging merah dan ayam, yang apabila sudah berwarna hitam kebiruan maka segera hindari.
  1. Tekstur Makanan Berubah

Ikan kadaluarsa busuk

Photo source: Freepik

Nah, perhatikan juga teksturnya, karena itu menentukan kualitas bahan dan produk makanan yang mau kita konsumsi. Seperti contohnya pada susu yang segar ditandai dengan tekstur cair yang khas serta tidak membentuk gumpalan-gumpalan. Sedangkan yogurt, tekstur yang baik adalah yang masih kental dan pekat. Yogurt yang terlihat encer serta muncul dua bagian yang terkesan memisah, menandakan bahwa produk tersebut sudah gak layak konsumsi. Pada daging merah, ayam, dan ikan, kita bisa mengeceknya dengan menekan tekstur daging menggunakan ujung jari kita. Jika setelah ditekan bagian dagingnya terasa kenyal, padat dan dapat kembali seperti semula (membal), maka bahan tersebut masih segar. Namun jika setelah ditekan dagingnya malah ikut menjadi cekung, serta terasa lembek dan berlendir, lebih baik gak perlu lagi dikonsumsi bahan makanan yang seperti itu.
  1. Cita Rasa yang Berubah

makanan kadaluarsa sakit perut

Photo source: Freepik

Terakhir, jika kalian hendak makan suatu produk pangan namun ragu apakah makanan tersebut masih layak atau sudah kadaluarsa adalah dengan mencicipinya sedikit dulu. Kalian bisa menaruh sedikit bagian makanan tersebut di ujung lidah. Makanan yang sudah basi umumnya mengeluarkan rasa yang asam kecut berlendir. Jika sudah merasakan hal yang seperti itu, lebih baik gausah diteruskan makannya. Itu tadi penjelasan dan ciri makanan kadaluarsa. Jadi sebelum menyantap suatu makanan, periksa dulu ya untuk keamanan dan kesehatan tubuh kalian.