Foodies Trends

Dirty Coffee, Tren Kopi Kotor & Meluber Asal Jepang

by Danang Lukmana | August 04, 2021

Dirty Coffee, Tren Kopi Kotor & Meluber Asal Jepang
Sudah pada tahu belum nih Nibblers, kalau baru-baru ini ada resep dirty coffee yang sedang ngetren di beberapa negara Asia seperti Jepang, Korea Selatan, hingga Thailand. Tren dan ide untuk menikmati sajian kopi seakan gak ada habisnya. Setelah tahun lalu kita baru saja merasakan viralnya tren menikmati kopi kocok dalgona, gantian tahun ini muncul tren “kopi kotor”.

Apa Sih Dirty Coffee Itu?

Kalau kita cari arti harfiah per katanya, memang akan menganggap bahwa sajian kopi ini kotor atau mungkin kopi bekas. Tapi tenang saja kok, arti dirty dalam sajian kopi terbaru ini bukan secara harfiah menyuruh kita minum kopi yang kotor. Dilansir dari laman soranews24 dan JapanToday, maksud kata “dirty” di sini adalah mengacu pada tingkat kekacauan tampilan artistik tertentu. Kekacauan artistik ini bukanlah sesuatu yang rumit, tapi ini lebih pada sentuhan yang sesuka hati pada secangkir sajian minuman kopi.

source: @yun_cafe.0127

Konsepnya sangat sederhana, cukup tuangkan krim kocok dan variasi topping lainnya pada permukaan secangkir kopi sampai meluber. Karena tampilan meluber tumpah-tumpah itu makanya terkesan kotor dan jorok sehingga dinamakan “dirty coffee”. Nah, selain krim kocok, pilihan topping-nya bisa disesuaikan sama selera masing-masing. Bisa menggunakan taburan cokelat parut, chocochips, bubuk cinnamon, hingga kacang-kacangan yang bisa tersedia di supermarket terdekat. Pokoknya semuanya disesuaikan sesuka hati, tinggal meraciknya dengan artistik meski terlihat berantakan.

Resep Dirty Coffee Buatan Sendiri

Kalian tertarik nggak nih untuk bikin racikan dirty coffee sendiri di rumah? Caranya gampang banget kok tinggal ikutin aja petunjuk di bawah ini. Simak ya!

source: @yunm__

Siapkan Bahan-Bahannya

  • Secangkir kopi jenis apa saja (kopi instan, kopi seduh, atau kopi kaleng)
  • Krim kocok, bisa yang bubuk maupun cair sesuai selera
  • Cokelat batangan
  • Cookies, wafer stick, wafer roll, sesuai selera

Topping Lainnya

  • Kacang-kacangan (kacang tanah, almond, atau kacang kenari dan mete)
  • Bubuk cinnamon
  • Gula bubuk

Proses Pembuatan

source: @m01iii__

  1. Siapkan kopinya dulu. Kalian bisa pakai beragam jenis kopi apa saja sesuai selera. Bisa pakai kopi instan, maupun kopi seduhan sendiri. Lalu siapkan kopi di dalam gelas atau cangkir.
  2. Jangan lupa siapkan tatakan piring kecil di bawah gelas/cangkir kopi. Karena nantinya krim dan topping-nya akan meluber tumpah-tumpah.
  3. Selanjutnya, kocok krim hingga mengembang. Boleh kok mengandalkan mixer supaya hasilnya lebih lembut bervolume. Selain itu penggunaan alat mixer juga berfungsi untuk mempersingkat waktu pembuatan dan kamu juga gak capek.
  4. Kalau krim kocoknya sudah cukup mengembang, bisa langsung tuangkan atau gunakan sendok untuk menatanya di atas kopi secara sesuka hati. Jangan khawatir kalau kopi atau krimnya sampai tumpah dari cangkir karena justru inilah seninya dirty coffee.
  5. Langkah berikutnya untuk membuat minuman ini jadi lebih menarik adalah dengan memberi beberapa potongan cokelat batangan. Selain itu bisa juga diberi aneka cookies atau biskuit yang sudah diremukkan di atas krim kocok.
  6. Supaya terlihat makin “berantakan”, kalian bisa menambahkan lagi isian topping-nya dengan beragam kacang-kacangan. Bisa juga diberi taburan gula bubuk beserta bubuk cinnamon supaya warnanya semakin artistik.
  7. Dirty coffee akhirnya siap untuk disajikan.
Gimana, gampang banget kan bikin kopi hype yang satu ini? Cara menikmatinya tinggal disesuaikan dengan selera masing-masing saja. Tapi ada baiknya gunakan sendok untuk menyantap kopi viral ini agar gak mengotori tangan dan sekitar wajah.