Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Freepik

Food Preparation, Tips Agar Makanan Tahan Lama

June 9, 20214 min readTips & Tricks

Rutinitas harian yang sibuk sering memaksa kita untuk nggak punya waktu menyiapkan makanan sendiri di rumah. Ingin menerapkan gaya hidup sehat, tapi bahan makanan segar yang sudah terlanjur dibeli cepat rusak dan busuk karena nggak tahu metode penyimpanannya. Ujung-ujungnya seringkali kita mengandalkan bahan makanan beku atau instan yang dinilai gak merepotkan.

Nah, daripada terus-terusan bergantung sama bahan makanan instan yang belum terjamin kesehatannya, yuk coba lakukan metode food preparation. Dengan metode ini, dijamin deh bahan makanan segar yang akan kalian simpan akan tahan lebih lama.

Apa Itu Food Preparation?

Dikutip dari Livingloving, food preparation atau dikenal juga dengan food prep adalah semacam metode untuk mengubah bahan baku mentah (seperti daging, ikan, sayur, buah, dll.) menjadi bahan siap masak. Biasanya terdapat proses seperti membersihkan, mengupas, memotong dan mencampur bahan masakan. Memang sih agak merepotkan, makanya kalian bisa melakukannya di hari senggang akhir pekan atau di hari libur.

botol food preparation

source: istockphoto

Dengan metode ini, kalian bisa menyiapkan bahan makanan segar untuk keperluan seminggu hingga dua minggu ke depan. Selain menjaga kesegaran bahan masakan, cara ini juga bisa membantu mengurangi limbah makanan atau food waste. Ya, hitung-hitung menjaga asupan makanan sehat sembari menjaga kelestarian lingkungan kan.

Bagaimana sih cara melakukan food prep yang benar? Simak di bawah ini ya.

Langkah Melakukan Food Preparation

Untuk melakukan metode ini kalian cukup membutuhkan peralatan dapur biasa pada umumnya kok. Kalian juga harus persiapkan wadah kedap udara untuk menyimpan bahan-bahannya.

Nah supaya kalian melakukannya dengan metode yang tepat, perhatikan langkah-langkah berikut ini,

1.      Tentukan Rencana Masak Beserta Bahannya

source: istockphoto

Seperti namanya, food preparation atau mempersiapkan makanan, kalian harus menentukan dulu menu yang ingin kalian masak untuk beberapa hari hingga dua minggu ke depan. Buat rencana tersebut dalam list supaya mudah untuk kalian baca dan ingat. Sesuaikan saja menunya dengan kebutuhan memasak dan makanan favorit kalian.

Selanjutnya tinggal kalian beli dan siapkan semua bahan yang sesuai untuk menu-menu tersebut. Jangan lupa bawa catatan kecil tentang apa saja bahan yang diperlukan. Catatan tersebut selain membantu kalian mengingat, juga untuk menghindari kalian membeli bahan makanan yang gak perlu dan sia-sia.

2.      Bersihkan Dulu Seluruh Bagian Ikan

source: freepik

Saat kalian membeli ikan dan hewan air lainnya semisal udang dan cumi-cumi, usahakan untuk minta dibersihkan jeroan, sisik, kulit, tinta dsb.  Kalian juga bisa minta ikannya dipotong-potong langsung menjadi beberapa bagian.

Sesampainya di rumah, kalian gak perlu ribet lagi, tinggal cuci sebentar lalu taburi sedikit garam dan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis serta lendir yang tersisa. Lalu simpan deh di wadah dan taruh di freezer hingga siap dimasak.

3.      Jangan Cuci Daging Merah

source: freepik

Daging merah seperti sapi sebaiknya gak perlu dicuci sebelum dimasukkan ke dalam wadah. Cukup dengan bungkus daging dengan tissu dapur beberapa saat hingga sisa darahnya terserap. Tapi apabila daging terlalu kotor, kalian bisa celupkan daging di air mendidih untuk membunuh bakteri dan melunturkan kotorannya.

Setelah itu lap hingga benar-benar kering dan siap dimasukkan ke wadah untuk ditaruh dalam freezer.

4.      Bersihkan Daging Ayam dan Boleh Diungkep

source: freepik

Untuk daging ayam, kalian bisa membersihkan keseluruhannya terlebih dahulu dari sisa kotoran dan jeroan. Selanjutnya potong-potong beberapa bagian serta cuci bersih dengan air dan jeruk nipis sebelum disimpan dalam wadah. Selain disimpan mentah, kalian bisa juga menyimpan daging ayam yang sudah terlebih dulu diungkep dengan bumbu.

5.      Sayuran Segar

source: istockphoto

Sayuran hijau seperti contohnya pada bayam dan kankung umumnya sangat mudah layu. Cara supaya nggak cepat layu adalah dengan disimpan pada wadah yang tertutup rapat. Potong dan buang bagian yang nggak terpakai seperti tangkainya, lalu cuci bersih dengan air dan keringkan sebelum masuk ke wadah.

Untuk brokoli dan kembang kol, potong-potong dan buang dulu bagian batang yang nggak terpakai. Selanjutnya bisa direndam dalam air larutan garam supaya warnanya tetap segar. Jangan lupa dikeringkan terlebih dahulu sebelum disimpan.

Kalian juga bisa kok menyimpan sayuran dalam satuan set menu, seperti untuk sayur sop, sayur lodeh, sayur asem dan menu sayur lainnya.

6.      Bumbu Dapur

source: istockphoto

Selain bahan-bahan mentah untuk memasak makanan, kalian juga harus menjaga stok bumbu dapur di rumah kalian. Bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dll. juga sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup yang kedap udara. Pisahkan per masing-masing jenis, jangan dicampur supaya kalian gak bingung membedakannya.

Nah, bagaimana tips-tips melakukan food preparation tersebut, cukup membantu bukan? Selain efisien dan menghemat waktu, melakukan food prep ini juga sekaligus melatih kita supaya lebih terencana melakukan segala hal lho.

Related Articles

Connect with Nibble