Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Freepik

10 Jenis Bumbu Dapur yang Wajib Ada di Rumah

June 1, 20216 min readInside Stories

Gak cuma sebagai bahan utama proses memasak, beberapa jenis bumbu dapur juga memainkan faktor penting untuk menentukan kelezatan cita rasa sebuah makanan. Terlebih bagi makanan khas Indonesia yang dikenal kaya akan cita rasa hasil variasi bermacam bumbu di dalamnya. Oleh karena itu, stok ketersediaan aneka jenis bumbu di dapur rumah juga harus selalu diperhatikan, ya.

Stok bumbu yang cukup bisa memudahkan kalian, sehingga nantinya kalian gak perlu panik mencari-cari bumbu yang dibutuhkan saat hendak memasak. Nah, berikut ini 10 jenis bumbu dapur yang wajib kalian stok di rumah.

  1. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang bumbu dapur

Source: Freepik

Nah, dua jenis bawang ini adalah bumbu dasar yang wajib ada di dapur keluarga Indonesia. Gimana nggak, hampir semua masakan khas Indonesia pasti memasukkan minimal satu di antara dua jenis bawang ini. Dari mulai masakan tumis, berkuah, hingga bumbu untuk melumuri bahan gorengan, hampir semuanya mengikutsertakan bawang di dalamnya.

Meskipun kedua jenis bawang memiliki ciri khas masing-masing, namun keduanya memiliki fungsi yang hampir sama yaitu menyedapkan rasa masakan. Dalam penggunaannya, umumnya bawang merah dipakai lebih banyak dibandingkan bawang putih. Tetapi bawang putih berperan lebih kuat untuk memberikan aroma pada masakan.

Sekedar tips, sebaiknya dua jenis bawang ini disimpan menggunakan wadah yang berbeda. Soalnya, perbedaan gas yang dikeluarkan oleh bawang merah dan bawang putih bisa memengaruhi proses pembusukan mereka menjadi lebih cepat.

  1. Aneka Jenis Cabai

Cabai bumbu dapur

Source: Freepik

Ciri khas lain makanan Indonesia selain kaya akan cita rasa adalah memiliki sensasi pedas di lidah. Sensasi pedas dan panas di lidah tersebut dihasilkan oleh kandungan senyawa capsaicin yang terdapat dalam cabai. Cabai juga menjadi komponen utama dari beragam jenis sambal yang dikenal sebagai pendamping makanan khas Indonesia.

Tanaman dari jenis keluarga terong-terongan (Solanaceae) ini memiliki banyak variasinya di Indonesia. Dari mulai cabai keriting, cabai besar, hingga cabai rawit yang kecil namun menggigit pedasnya. Nah, tergantung selera kalian ingin stok jenis cabai mana.

  1. Merica atau Lada

merica bumbu dapur

source: thespruceeats

Selain cabai, bumbu atau rempah-rempah satu ini juga memberikan cita rasa pedas dalam sebuah masakan. Merica atau yang juga dikenal sebagai lada merupakan bumbu dapur yang memiliki rasa pedas, sedikit pahit, dan memberi efek panas di tubuh. Biasanya lada digunakan untuk berbagai hidangan khas Indonesia dari mulai yang berkuah seperti sop ayam hingga baluran bumbu untuk ayam goreng dan sate.

Lada yang digunakan dalam masakan-masakan Indonesia umumnya dari jenis lada putih. Sedikit berbeda dengan lada hitam yang lebih dominan digunakan dalam masakan Eropa dan Amerika.

  1. Ketumbar

Source :Freepik

Ketumbar umumnya dijumpai dalam bentuk biji atau ada juga yang dalam bentuk bubuk. Bagi yang masih belum terlalu hafal jenis bumbu, biji ketumbar sering tertukar dengan biji merica atau lada. Secara bentuk memang terlihat mirip, namun biji ketumbar lebih kecil dan ada sedikit ekor di ujungnya.

Di Amerika ia juga dikenal dengan sebutan cilantro. Dalam masakan Indonesia, ketumbar mampu menambah aroma masakan, meskipun secara rasa agak sedikit pahit. Bumbu ketumbar sering ditambahkan dalam masakan soto, sop, rendang, bahkan bumbu baluran tempe sebelum digoreng.

  1. Jahe

ginger herbs-bumbu dapur

Source: Freepik

Jahe yang dikenal dan sering di Indonesia umumnya ada dua jenis yakni jahe merah dan jahe biasa. Jahe merah lebih umum dipakai untuk pengobatan penyakit secara tradisional karena rasanya lebih pedas dan panas di tubuh. Jahe biasa juga sering dijadikan minuman herbal, tapi gak jarang juga umum digunakan sebagai bumbu masakan.

Jahe akan semakin keluar aroma dan rasanya jika terlebih dahulu diiris-iris, digeprek, diparut atau bahkan diulek sebelum dimasukkan ke dalam makanan. Selain untuk menambah aroma dan rasa, jahe juga membantu menghilangkan aroma amis dari daging serta ikan.

  1. Lengkuas

Source: Freepik

Masih berkerabat dengan jahe, sesama tanaman rimpang, lengkuas memang tertukar dengan saudaranya itu. Hal yang membedakan adalah aroma lengkuas tidak pedas seperti jahe.

Lengkuas memiliki efek menyedapkan cita rasa sebuah makanan. Agar lebih mengeluarkan aromanya, ia terlebih digeprek atau dimasukkan secara utuh dalam potongan sebesar ibu jari. Bagi kalian yang sering menyantap rendang, pasti kalian pernah mendapatkan ‘kejutan’ dengan potongan lengkuas yang dikira daging.

Selain untuk menyedapkan makanan, ternyata lengkuas juga memiliki efek baik bagi kesehatan tubuh. Dikutip dari healthline, lengkuas mengandung antioksidan yang mampu mencegah jenis kanker tertentu serta mengurangi efek sakit akibat peradangan.

  1. Kunyit

Source: Freepik

Kunyit atau masyarakat Jawa sering menyebutnya kunir, merupakan salah satu jenis rempah khas wilayah Asia Tenggara dan Selatan yang masih tergolong tumbuhan rimpang (seperti jahe dan lengkuas).

Bagi masyarakat Indonesia, kunyit telah menjadi salah satu bumbu dapur wajib beberapa masakan tradisional, mulai dari opor, gulai, pepes, pesmol hingga nasi kuning. Hati-hati ya jika sedang mengolah kunyit karena warna kuning terangnya akan menempel di tangan bahkan baju dan sulit hilang.

Selain sebagai bumbu masak, kunyit juga dijadikan sebagai salah satu bahan utama beberapa minuman herbal contohnya jamu. Masyarakat Jawa mengenal jenis jamu Kunir Asem yang memadukan air kunyit dengan asam Jawa. Air saripati kunyit mempunyai fungsi menyehatkan organ dalam, khususnya jaringan usus agar tetap sehat.

  1. Serai atau Sereh

Source: Freepik

Serai atau sereh adalah tumbuhan yang tergolong keluarga rumput-rumputan (Poaceae), yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Tanaman yang dalam bahasa Inggris disebut lemongrass ini menjadi salah satu bumbu wajib di makanan-makanan khas Bali seperti betutu, sambal matah, dan gagang dari sate lilit.

Selain untuk bumbu masakan, serai juga sering dikombinasikan dengan jahe dan kunyit untuk jadi minuman herbal. Tanaman ini memberi banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan kolesterol dan darah tinggi, serta memberi efek anti-inflamasi.

  1. Kemiri

Source: Freepik

Bagi kalian yang gemar memasak, pasti sudah mengenal jenis bumbu dapur yang satu ini. Kemiri adalah salah satu jenis rempah-rempah Indonesia yang sering digunakan sebagai penyedap berbagai jenis masakan karena memberi efek gurih beraroma. Agar aromanya lebih keluar, kemiri bisa dibakar atau dipanggang di atas kuali tanpa minyak, sebentar saja.

Beberapa jenis masakan yang menggunakan kemiri antara lain; soto ayam, soto Betawi, laksa, dan pindang serani. Rasa khas pada kemiri membuatnya susah untuk diabaikan begitu saja dalam resep masakan Indonesia.

  1. Daun Salam

Source: freepik

Di Indonesia, daun salam dapat dijumpai dalam dua bentuk yakni segar dan kering. Keduanya sama-sama berfungsi memberikan aroma pada makanan yang dimasak. Dikenal juga dengan sebutan Indonesian Bay Leaves, daun ini hadir di hampir mayoritas masakan Indonesia dari mulai rendang, semur, tumis kangkung, hingga sayur asem dan lodeh.

Nah itu tadi 10 jenis bumbu dapur yang wajib kalian stok di rumah. Sebenarnya masih banyak lagi bumbu dan rempah-rempah lainnya yang memperkaya makanan khas negara kita. Jangan lupa stok di dapurmu, ya!

Related Articles

Connect with Nibble