Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Jr.

Grain Traders Jakarta Bawa Makanan Sehat ke Level Baru

November 6, 20195 min readFoodie Trends

Sudah mulai melayani pelanggan sejak bulan Agustus lalu dan masuk dalam daftar restoran baru September yang asyik, akhirnya pada Rabu (6/11/19), Grain Traders Jakarta melakukan Grand Opening. World Trade Centre (WTC) 5 menjadi pemberhentian pertama mereka di Jakarta.

Konsep healthy food merupakan salah satu konsep yang saat ini tampaknya sedang berkembang pesat. Semakin terbukanya kanal pengetahuan membuat semua orang berbondong-bondong mencoba untuk hidup lebih sehat dengan menyantap makanan sehat.

Indonesia pun tidak ketinggalan tren tersebut. Banyak restoran yang baru buka membawa konsep makanan sehat dalam menu mereka. Grain Traders, salah satu restoran makanan sehat terbesar di Singapura melihat peluang tersebut dan akhirnya memutuskan Jakarta sebagai destinasi gerai pertamanya di luar negeri.

Melihat Pasar Indonesia yang Menjanjikan

Grain Traders adalah restoran makanan sehat dengan misi memberikan masyarakat makanan yang enak, sehat dan juga tepat nutrisi. Restoran asal Singapura ini pertama kali didirikan pada tahun 2015 dan menyajikan sekumpulan pilihan makanan sehat yang unik dan kreatif. 

Javier Perez, Co-Founder Grain Traders, menjelaskan ide Grain Traders muncul setelah dirinya travelling ke California.

“Di tahun 2012 saya melihat restoran di California mampu menyajikan makanan dengan cepat, tetapi kualitas makanannya masih tetap segar. Selama ini di restoran lain cara seperti itu belum pernah saya temukan. Setelah digodok selama 3 tahun akhirnya pada 2015 saya dan rekan membuka restoran pertama di Singapura,” jelas Javier.

Javier yang sebelumnya memang sudah memiliki restoran di Indonesia ini menilai pasar Indonesia begitu menjanjikan sehingga ia berani membuka Grain Traders Jakarta.

“Melalui berbagai perjalanan kami ke Jakarta selama beberapa tahun terakhir, kami senang untuk dapat melihat bahwa ada kebutuhan untuk makanan yang lebih sehat dan lebih conscious. Sebuah pergerakan yang mengutamakan sayuran dan konsep-konsep yang berbasis grain sedang naik daun, bersama dengan aneka konsep wellness sebagaimana banyak orang Indonesia berusaha untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat,” ungkap Javier.

Salah satu misi Grain Trades menurut Javier adalah mengedukasi, tidak hanya kepada pelanggan tapi juga untuk karyawannya. Edukasi ini diberikan dalam bentuk pemahaman bahwa meski restoran dituntut untuk mampu menyajikan makanan dalam waktu cepat, kesegaran bahan baku masih bisa tetap dijaga.

Membebaskan Pelanggan untuk Memilih

Menu Grain Traders dirancang oleh Culinary Director, Gisela Salazar Golding, yang bertujuan agar pelanggan dapat berkreasi menciptakan berbagai kombinasi makanan mereka sendiri dengan pilihan 6 grain, 7 protein, 16 sayuran, 6 dressing, dan 7 topping.

“Kami sebenarnya sudah memiliki menu yang kami beri nama Hero Bowls. Hero Bowls memiliki 6 pilihan dengan harga mulai dari Rp85.000 hingga Rp115.000. Namun, kami di Grain Traders lebih ingin pelanggan dapat menentukan sendiri kombinasi yang diinginkan. Ini dikarenakan setiap orang tentunya memiliki pilihan yang berbeda selera,” jelas Gisella.

“Kami di Grain Traders ingin berbagi interpretasi kami atas konsep conscious eating dan rasa cinta kami terhadap bahan-bahan yang segar dan proses memasak yang sarat dengan pemikiran. Kami ingin menunjukkan bahwa makanan sehat sebenarnya tidak membosankan.," tambah Gisela.

Menu Sehat yang Berbeda

grain traders jakarta

Seperti salah satu moto mereka, menyajikan makanan segar, setiap sajian disiapkan untuk dapat segera dinikmati. Grain Traders menggunakan bahan-bahan yang didapatkan secara lokal sesuai dengan musim panen sayuran. Semua makanan dimasak secara langsung di depan pelanggan dengan metode panggang, bakar, tumis, dan sous-vide di dapur yang berkonsep open kitchen.

Berbagai menu disiapkan dengan teknik-teknik dari dapur fine dining, dengan penekanan pada proses memasak slow cooking. Ini dilakukan agar makanan memiliki suatu citarasa yang khas, tanpa perasa artifisial. 

Sebagai contoh, Pineapple Kimchi difermentasikan selama 24 jam untuk menghasilkan rasa segar dan pedas yang alami pada makanan. Namun, tetap juga kaya akan vitamin dan probiotik yang mendukung kesehatan saluran pencernaan.

Tim Grain Traders juga mengambil inspirasi dari kota-kota dimana mereka tinggal untuk menciptakan sajian-sajian khas lokal. Salah satu contohnya adalah GT Nasi Lemak Brown Rice. Menu ini merupakan sebuah versi yang lebih sehat dari makanan street food populer yang dibuat dengan whole grains. Nasinya dimasak secara lamban dengan menggunakan santan lokal, pandan, dan aneka bumbu hingga menyerap seluruh aroma dan rasanya.

Tambahan Desain, Musik, dan Seni

Grain Traders memiliki restoran yang sengaja didesain agar orang betah untuk duduk berlama-lama. Ambiance yang homey dengan dominasi warna abu-abu membuat kesan teduh langsung muncul ketika kalian baru masuk ke dalam restoran.

Setiap cabang Grain Traders dirancang untuk menjadi sebuah lingkungan yang sarat dengan pengalaman, dimana makanan bertemu dengan desain, musik dan seni. Untuk Grain Traders Jakarta, kemitraan dijalin dengan perajin dan artisan Indonesia. Ini dilakukan untuk menciptakan sebuah ruang yang hangat dengan fokus pada materi-materi organik dan tekstur-tekstur yang mengingatkan pada sebuah rumah yang telah dihuni. 

Berada di pusat ruang adalah sebuah grain silo yang menggantung dari langit-langit dan telah dilukis oleh berbagai seniman Indonesia. Salah satu dinding menampilkan sebuah instalasi berbahan metal dari seniman asal Amerika Serikat, Brandon Breaux. Instalasi tersebut menampilkan seorang Ibu yang sedang memanen gandum dan terinspirasi oleh komitmen dari Grain Traders untuk memberikan asupan makanan kepada para tamu selayaknya kepada keluarga sendiri.

Musik adalah elemen penting dari Grain Traders, dimana seluruh daftar lagu di dalam gerai dikurasi secara pribadi oleh Javier Perez. Daftarnya sendiri merupakan sebuah perpaduan eklektik dari beragam budaya dan masa dengan lagu-lagu yang menjaga energi sepanjang hari.

Grain Traders memberikan makanan yang tepat di waktu sarapan, makan siang dan makan ma|am dengan dedikasi yang tidak mengenal kompromi, bukan hanya terhadap kualitas makanan, tetapi juga hospitality. Dengan pelayanan yang dirancang untuk mengantisipasi kebutuhan tamu, tulus dan penuh keterlibatan, sehingga terasa seperti sebuah perbincangan yang hidup dengan teman.

Tak Cuma Makanan Berat

grain traders jakarta

Sedang tidak ingin makan berat tapi penasaran dengan ambiance dari Grain Traders? Santai, masih ada beragam pastry dan minuman yang bisa kalian nikmati di sana.

Pilihan kopi dari Grain Traders pun cukup lengkap. Mulai dari latte, cappucino, hingga americano bisa kalian nikmati. Selain itu juga tersedia matcha dan teh yang semakin melengkapi pilihan minuman Grain Traders. Bahkan Grain Traders juga memiliki menu minuman vegetarian yang diberi nama The Angel.

Untuk pastry, selain pilihan roti, Grain Traders juga menyediakan makanan ringan di restorannya. Kalian bisa mendapatkan banana cake ataupun brownies bagi kalian yang menyukai makanan manis.

Hadirnya Grain Traders tampaknya melengkapi restoran makanan sehat di Jakarta yang enak banget. Penasaran?

Related Articles

Connect with Nibble