Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pexels

Istilah Kopi yang Wajib Diketahui Para Coffee Addict

June 25, 20215 min readFoodie Trends

Coffee shop seolah sudah jadi bagian penting dari gaya hidup urban masa kini. Jumlahnya sudah menjamur sangat banyak di perkotaan-perkotaan seluruh Indonesia. Mengerjakan pekerjaan kantor, tugas kuliah, meeting, atau sekedar nongkrong sambil cari spot foto, saat ini dilakukan di coffee shop. Terutama bagi kalangan muda-mudi millenial dan gen Z.

Biasanya saat hendak memesan kopi, kalian akan dihadapkan pada beragam istilah kopi yang lazim digunakan di coffee shop. Istilah-istilah tersebut terkadang membuat seram dan ketakutan bagi orang awam yang baru pertama kali mengunjungi ‘kedai kopi’. Karena kalau sampai terlihat bingung apalagi sampai salah pesan, bisa-bisa kalian dianggap norak dan kelihatan banget newbie-nya.

Meskipun mungkin kalian emang beneran newbie dalam dunia perkopian, kalian bisa mengatasinya dengan mempelajari dulu istilah-istilah kopi berikut. Nih Nibble, sudah rangkumkan untuk kalian istilah kopi yang paling sering digunakan saat nongkrong di coffee shop;

1.      Espresso

istilah kopi espresso

source: istockphoto

Istilah kopi yang satu ini pasti sudah sering kalian dengar deh. Espresso merupakan kata dari bahasa Italia yang memiliki arti express alias cepat. Dikutip dari Thespruceeats, espresso terbuat dari bubuk kopi yang diolah langsung dengan mesin air panas bertekanan tinggi. Ia harus diolah secara cepat, gak lebih dari satu menit, sehingga bisa sesegera mungkin disajikan pada pelanggan. Oleh karena itu, disebut express.

Karena diolah secara langsung dan tanpa bahan campuran, tekstur kopinya sangat pekat dan rasanya pun masih sangat pahit. Karena rasa pahit dan kadar kafeinnya tinggi tersebut membuatnya lebih umum disajikan dalam cangkir kecil yang biasa disebut “shot”. Takaran satu shot sendiri berkisar 25-35 mililiter.

2.      Latte

istilah kopi latte

source: istockphoto

Latte juga berasal dari bahasa Italia, sama seperti espresso, dan memiliki arti susu. Jadi minuman ini adalah percampuran antara kopi semisal espresso dengan susu. Rasio campuran espresso dan susu dari kopi latte adalah 1:2. Jadi misalnya espresso 30 ml maka campuran susunya sebanyak 60 ml.

Karena sudah mengandung campuran susu yang creamy, sehingga kopi ini terasa lebih smooth di lidah. Jenis kopi inilah yang sering disajikan secara cantik dengan hiasan latte art yang unik dan lucu.

Di Indonesia dan negara lain, masih umum menyebut jenis kopi ini hanya dengan kata Latte saja. Namun, kalau kalian berkesempatan mengunjungi Italia, kalian harus menyebutnya secara lengkap yaitu Caffe Latte.

3.      Americano

istilah kopi americano

source: istockphoto

Seperti pada namanya, istilah kopi ini merujuk pada style orang Amerika dalam membuat kopi. Americano merupakan kopi yang dibuat dengan mencampurkan satu shot espresso dengan tambahan air panas. Hal tersebut membuat rasa kopinya jadi nggak sepahit kopi espresso murni. Akan tetapi, bagi kalian yang masih newbie di dunia perkopian, americano ini masih tergolong cukup pahit.

4.      Macchiato

istilah kopi macchiato

source: istockphoto

Terdapat dua jenis macchiato, yakni espresso macchiato dan latte machiatto. Macchiato sendiri dalam bahasa Italia memiliki arti “tanda,” maksudnya yaitu minuman yang sudah terdapat tanda atau bercak. Pada versi latte atau susu, bercak atau tanda yang dimaksud adalah warna hitam espresso nya. Sementara pada versi caffé, yang berarti “kopi,” bercak tersebut adalah foam susu.

Komposisi dari latte macchiato adalah susu yang di-steam, espresso, dan foam. Ukuran rasio ideal antara susu, espresso, dan foam adalah 2:1:1.  Sedangkan espresso macchiato adalah campuran espresso dan foam susu pada permukaannya. Berbeda dengan latte macchiato, minuman ini berukuran kecil dan langsung habis sekali teguk.

Akibat sama-sama percampuran kopi dan susu, orang sering tertukar dengan Caffe Latte padahal secara penampilan berbeda. Macchiato akan membentuk tiga layer atau lapisan dengan espresso yang coklat pekat di tengahnya, sementara latte cuma memiliki dua layer saja.

5.      Cappuccino

istilah kopi cappuccino

source: istockphoto

Kopi Cappuccino merupakan minuman yang dibuat dari 1/3 espresso, 1/3 susu steamed, dan 1/3 lagi buih susu. Pada dasarnya, minuman ini gak jauh beda sama Latte yang berasal dari campuran espresso dengan susu. Tapi cappuccino punya komposisi susu yang berbeda.

Susu yang dipakai untuk membuat secangkir minuman ini adalah susu dengan foam yang lebih tebal dari latte. Takaran susunya juga lebih sedikit, karena sepertiga bagian dari kopi cappuccino merupakan foam yang tebal dan terlihat kasar.

6.      Affogato

istilah kopi affogato

source: istockphoto

Affogato merupakan sajian es krim dalam cangkir atau mangkuk kecil yang lalu disiram dengan espresso. Dalam bahasa Italia, affogato artinya tenggelam, yang menggambarkan tenggelamnya satu scoop es krim ke dalam segelas espresso. Tapi es krim yang dipakai juga lebih baik yang khas Italia yakni gelato yang kandungan lemaknya lebih sedikit.

Umumnya, es krim yang digunakan pada sajian affogato adalah es krim rasa vanilla. Tapi itu bukanlah ketentuan khusus kok. Banyak coffee shop yang menyediakan menu ini dengan variasi rasa es krim dan topping tambahan.

7.      Cold Brew Coffee

source: istockphoto

Kopi gak melulu harus disajikan dengan seduhan air panas lho, ada jenis Cold Brew Coffee yang justru nikmat disajikan dingin.Tapi ini berbeda ya dengan iced coffee. Kalau iced coffee merupakan kopi yang diseduh air panas lalu didinginkan dengan es. Sedangkan cold brew adalah kopi yang diekstrak melalui perendaman dengan air biasa selama 8-20 jam.

Untuk menjaga suhu sekaligus nggak kena panas saat proses ekstraksi, rendaman biasanya disimpan di lemari es. Cold brew bisa dinikmati dengan mencampurkannya ke berbagai produk. Seperti susu, perasan lemon untuk iced coffee lemonade, matcha untuk coffee matcha serta masih banyak lainnya.

Nah, semoga istilah-istilah kopi tersebut bisa membantu kalian jika ingin memesan menu di coffee shop ya!

Related Articles

Connect with Nibble