Lifestyle

Jenis-Jenis Buffet yang Ada di Restoran

by Finna Zephyrine | November 23, 2021

Jenis-Jenis Buffet yang Ada di Restoran

Kalau kamu pencinta kuliner sejati, kamu wajib tahu apa aja jenis-jenis buffet yang ada. Pasti sering, kan, denger istilah buffet untuk makan di hotel atau di restoran? Buffet service sendiri merujuk pada cara makan yang memungkinkan pelanggan melayani dirinya sendiri. Dalam bahasa Indonesia, cara penyajian seperti ini disebut juga sebagai prasmanan.

Supaya tahu lebih jauh tentang penyajian makanan a la buffet, yuk kita kenali jenis-jenis buffet yang sering ditemui.

Buffet dengan Tema Makanan yang Berbeda

Mengutip dari Vine Pair, konsep makanan buffet pertama kali dikenal di Prancis, saat para bangsawan makan dari meja sisi yang panjang yang dikenal sebagai bufet. Makan secara bersama-sama dengan cara mengambil dari meja panjang ini dirasa lebih akrab dan untuk mencairkan suasana saat menyantap makanan pembuka.

Sejak saat itu, jenis-jenis buffet mulai berkembang terutama setelah dibawa ke Las Vegas, Amerika Serikat, oleh Herb McDonald. Ia menyajikan tiga jenis buffet dengan kelompok makanan dari harga yang berbeda. Konsep makan seperti ini kemudian meluas dengan bertambahnya jenis makanan yang dijual dengan cara prasmanan.

jenis-jenis-buffet-02.jpg

Photo source: Pixabay

Sebenarnya, saat ini udah banyak buffet yang dibuat dengan berbagai tema masakan. Ada buffet khusus chinese food, indian, pizza, american, hingga sushi buffet yang cukup sering ditemui. Terdapat juga jenis seperti dessert dan salad buffet yang memungkinkan tamu bebas memilih isian salad.

Bahkan, belakangan ada juga noodle buffet yang berisi beragam macam mi, kuah, bakso, daging serta bumbu yang bisa diracik sendiri oleh pengunjung. Sering kali, jenis buffet dibedakan berdasarkan makanan khas negara tertentu. Jadi, di atas meja sudah tersedia makanan dari mulai makanan pembuka, makanan utama, hingga dessert dengan satu tema yang sama.

Jenis-Jenis Buffet Berdasarkan Pengaturan

Pada dasarnya, buffet atau prasmanan memungkinkan tamu untuk mengambil makanan sendiri, tapi sering kali dimakan sambil berdiri. Ini membuat acara dengan makan prasmanan lebih bersifat informal dan santai. Tamu bisa menikmati makan sambil berbincang.

jenis-jenis-buffet-03.jpg

Photo source: Pixabay

1. Simple Buffet

Simple buffet ini adalah jenis yang sering kita temui di acara pernikahan. Makanan ditata di atas meja panjang dan para tamu antre untuk mengambil makanan satu per satu. Di setiap meja panjang, biasanya terdapat seorang pramusaji untuk merapikan tata makanan, peralatan, dan melakukan isi ulang saat ada makanan yang habis.

2. Station Type Buffet

Station Type Buffet merujuk pada para juru masak atau chef yang memasak langsung di beberapa meja selain meja saji utama. Ini biasanya terlihat saat ada satu meja saji yang dilayani oleh juru masak yang memasak langsung permintaan tamu.

Pada buffet sarapan hotel, sering juga ditemukan juru masak berdiri melayani tamu untuk memasak telur sesuai dengan permintaan tamu baik itu didadar, dikocok, atau digoreng mata sapi, misalnya. Jadi, makanan dimasak saat itu juga dan masih hangat.

3. Modified Deluxe Buffet

Modified Deluxe Buffet merupakan buffet dengan pengaturan tamu yang duduk di meja bundar dengan alat makan yang sudah tertata rapi seperti akan melaksanakan fine dining. Alih-alih berdiri, sebagian makanan akan diantar oleh pramusaji ke meja tamu. Jika ingin mengambil makanan lagi, tamu diperbolehkan mengambil sendiri atau memesannya kepada pramusaji.

4. Deluxe Buffet

Deluxe Buffet adalah prasmanan yang dimulai dari meja makan. Tamu akan mendapatkan makanan pembuka dan sup terlebih dahulu. Setelah selesai, barulah mereka dipersilakan untuk mengambil makanannya sendiri ke meja panjang tempat makan disajikan. Dalam Deluxe Buffet, tamu juga diperbolehkan datang beberapa kali ke meja saji untuk mengambil makanan yang berbeda.

Perbedaan Waktu Penyajian

jenis-jenis-buffet-04.jpg

Photo source: Pixabay

Berdasarkan waktu penyajiannya, ada tiga jenis-jenis buffet yaitu untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Berikut cara membedakannya:

1. Breakfast Buffet

Untuk melayani preferensi sarapan tamu yang berbeda, biasanya buffet untuk sarapan punya beberapa jenis makanan. Yang terpenting, terdapat karbohidrat dan protein yang mencukupi di dalamnya. Yang sering ditemui di Indonesia sendiri, buffet sarapan terdiri dari menu nasi, aneka bubur, sereal, dan aneka roti, ditambah dengan pilihan minuman hangat.

2. Lunch Buffet

Makanan yang disajikan pada Lunch Buffet biasanya lebih beragam dan lengkap. Terdapat pilihan karbohidrat, sayuran, dan berbagai jenis lauk protein sesuai dengan tema yang diterapkan. Selain itu, disediakan juga makanan pembuka dan penutup menyesuaikan dengan menu utama.

3. Dinner Buffet

Dinner Buffet sepertinya lebih umum ditemui daripada Lunch Buffet. Karena merupakan makan malam, biasanya karbohidrat yang tersedia tidak sebanyak protein dan sayuran yang ada. Makanan penutup pun difokuskan pada buah-buahan agar tidak terlalu berat dicerna oleh tubuh.

jenis-jenis-buffet-05.jpg Photo source: Pixabay

Jenis-jenis buffet yang berbeda lebih sering kita temui di prasmanan hotel atau acara tertentu. Meski begitu, saat ini banyak restoran yang menerapkan konsep buffet yang dipadukan dengan konsep all-you-can-eat. Khusus untuk AYCE, biasanya tamu diberi waktu yang terbatas untuk menikmati makanan.

Salah satu hal yang menyenangkan dari makanan buffet atau prasmanan adalah kamu bisa mencoba setiap makanan yang ada. Tapi, pastikan porsi yang kamu ambil sesuai dengan kemampuan perutmu agar makanan yang diambil nggak sia-sia, ya!