Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

10 Jenis Pisang di Dunia: Sebagian Besar Ada di Indonesia, lo!

October 11, 20215 min readFood

Coba, ada berapa jenis pisang yang kamu tahu? Di Indonesia, pisang emang buah yang cukup mudah ditemui. Jenisnya ada beberapa macam, bahkan orang sini biasanya udah punya standard sendiri. Ada pisang yang khusus untuk dimakan langsung, lebih enak dikukus, nikmat kalau digoreng, dan lain-lain.

Nah, buat tahu mana yang paling enak, berikut Nibble punya list jenis pisang paling terkenal di dunia. Yuk, lihat!

1. Pisang Raja

Photo source: Flickr

Pisang raja patut disebut sebagai rajanya pisang. Sebab, rasanya bisa dibilang sangat enak dengan tekstur yang lembut, apalagi kalau dimakan saat matangnya pas. Ukurannya sekitar 10 - 15 cm, dan mengandung rasa manis yang mirip madu. Pati pisang yang sudah matang memang berubah menjadi gula sehingga rasanya bisa sangat manis.

Ini juga alasan kenapa banyak orang Indonesia mengolah pisang raja yang kulitnya sudah mulai berbintik hitam menjadi berbagai jenis makanan. Beberapa camilan yang dikenal menggunakan pisang raja di Indonesia adalah nagasari atau keripik pisang.

2. Pisang Ambon

Photo source: Flickr

Dilansir dari Paragram, ternyata nama pisang ambon bukan karena berasal dari nama daerah Ambon, Maluku. Pisang ini dulunya disebut dengan pisang ambon-ambon yang artinya punya aroma yang enak dalam bahasa Jawa. Di beberapa tempat, pisang ambon juga dikenal sebagai pisang meja, karena merupakan salah satu jenis pisang yang bisa dimakan langsung.

Meskipun begitu, pisang ambon juga enak diolah dan dijadikan topping tambahan untuk roti, pancake, pastry, dan smoothie bowl, misalnya. Teksturnya yang halus dan rasanya yang manis menjadi favorit banyak orang.

3. Pisang Ambon Lumut

Photo source: Pixabay

Mirip dengan pisang ambon, tapi pisang ambon lumut punya warna yang sedikit kehijauan walaupun sudah matang. Panjangnya sekitar 12 - 17 cm dengan sedikit bercak cokelat pada kulitnya. Karena teksturnya lembut, pisang ini sering digunakan sebagai pelengkap dalam pemberian MPASI lanjutan. Selain itu, biji yang ada di dalam jenis pisang ini juga sangat lembut hingga hampir nggak terasa waktu dimakan.

4. Pisang Tanduk

Photo source: Flickr

Pisang tanduk punya ukuran yang lebih besar dibandingkan jenis pisang lainnya, ukurannya bisa mencapai 35 cm. Kulitnya sedikit tebal dengan warna kuning kehijauan. Berbeda dengan pisang ambon yang warna dagingnya putih, pisang tanduk punya warna daging yang berwarna sedikit kekuningan.

Tekstur dagingnya legit dan mengandung sedikit rasa asam. Makanya, bagi orang Indonesia, pisang tanduk lebih enak kalau diolah menjadi gorengan. Dibalut dengan tepung yang sedikit manis, rasanya menjadi lebih enak. Selain itu, setelah digoreng, dagingnya pun jadi lebih empuk.

5. Pisang Kepok

Photo source: Wikimedia

Kulit pisang kepok mirip degan pisang raja yang agak tebal. Warna kulitnya kuning dengan ukuran pisang yang nggak terlalu panjang, namun cenderung menggendut di bagian tengah. Pisang ini berasal dari Filipina dan merupakan pengembangan kultivar ABB, alias hasil budidaya. Di Malaysia, pisang ini dikenal sebagai pisang nipah atau pisang abu.

Tekstur dagingnya cukup padat dan asam, jadi nggak dianjurkan untuk memakannya langsung. Biasanya, pisang kepok dikukus hingga kulitnya berwarna kecokelatan. Setelah matang dikukus, daging buahnya akan berwarna kuning sedikit transparan dengan rasa yang lembut dan manis. Pisang kepok juga merupakan pisang yang biasa digunakan untuk isian kolak.

6. Pisang Raja Sereh

Photo source: Etsy

Pisang raja sereh atau pisang raja serei punya ukuran yang cenderung kecil. Pisang ini awalnya dibudidayakan di Filipina, tetapi sekarang juga sudah banyak ada di Indonesia. Pisang raja sereh dikenal juga sebagai pisang latundan terutama di Malaysia. Kulitnya nggak setebal pisang raja yang besar, jadi masih bisa dimakan langsung.

Teksturnya cenderung ringan dan mudah meleleh di mulut, jadi sering dikonsumsi sebagai pencuci mulut atau dessert. Tapi, lebih baik memakan pisang raja sereh yang punya kulit kuning dan mulai kecokelatan, karena semakin gelap, semakin lembut dan manis rasanya.

7. Pisang Cavendish

Photo source: Pxfuel

Nah, kalau yang satu ini, adalah jenis pisang yang cukup umum ditemukan. Pisang cavendish mudah dibeli di supermarket dan biasanya punya kulit yang kuning bersih Meski begitu, tetap akan bercak kecokelatan ketika sudah melewati masa matangnya. Tapi, kalau sudah terlalu matang pun, pisang ini masih bisa digunakan sebagai campuran pada resep bolu pisang dan olahan pisang lainnya.

Sebenarnya, pisang cavendish masih satu jenis dengan pisang ambon putih. Dengan budidaya yang cermat yang dilakukan di Indonesia, pisang cavendish jadi mendunia karena rasanya yang lembut, agak manis, dan cukup tahan terhadap penyakit tanaman.

8. Pisang Lampung

Photo source: Antersayur.com

Kabarnya, pisang lampung hanya tumbuh di kawasan Lampung dan sekitarnya. Pisang tersebut lah yang kemudian diolah menjadi keripik pisang dan sale pisang yang selama ini terkenal sebagai oleh-oleh dari Lampung. Sebagian daerah juga mengenal pisang ini sebagai pisang muli. Bentuknya cenderung pendek dan menggendut di bagian tengah. Warna kulit pisang ini kuning terang dan akan mulai memiliki bercak cokelat ketika mulai melewati masa matang.

Setelah diiris tipis dan direndam air kapur sirih, pisang lampung digoreng dan akan menghasilkan keripik yang renyah. Karena lebih dikenal sebagai olahan, jarang yang memakan langsung pisang ini. Namun, kalau mau dimakan langsung, sebaiknya ditunggu hingga matang.

9. Pisang Susu Merah

Photo source: Pixabay

Untuk yang satu ini, penampilannya cukup unik karena warnanya yang merah, bukan kuning atau hijau seperti pisang pada umumnya. Pisang ini terkadang disebut juga sebagai pisang apel karena warnanya yang mencolok. Nama lain dari pisang susu merah adalah adalah pisang raja udang di Malaysia dan morado di Filipina.

Rasanya creamy, terutama kalau sudah matang dan kulitnya berwarna merah tua. Kalau sudah matang, dagingnya berwarna oranye dan memiliki rasa yang cukup manis. Selain itu, teksturnya pun berubah menjadi lebih lembut sehingga cocok sebagai dessert.

10. Pisang Blue Java Ice Cream

Photo source: Artstation.com

Yang terakhir ini, adalah pisang dengan penampilan yang cukup unik dan langka. Namanya Blue Java Ice Cream, tapi sebenarnya nggak ada hubungannya dengan Pulau Jawa. Sementara disebut Ice Cream karena teksturnya yang memang seperti es krim, lembut dan memiliki harum yang manis seperti vanilla. Karena rasanya yang nikmat itulah, di negara seperti Hawaii dan Amerika, pisang ini biasa diolah menjadi smoothies atau dimakan langsung setelah makan berat.

Pisang merupakan salah satu buah dengan sejuta manfaat. Banyak jenis pisang yang cukup fleksibel, bisa dimakan langsung, diolah menjadi makanan manis, atau dibuat jadi makanan sehat seperti smoothie. Karena jenisnya banyak, penting untuk mengetahui apa aja jenisnya supaya kamu tahu bagaimana cara terbaik untuk memakannya.

Related Articles

Connect with Nibble