Tips & Tricks

Lagi Kena Junkfood Craving? Ini Cara Mengatasinya

by Danang Lukmana | July 30, 2021

Lagi Kena Junkfood Craving? Ini Cara Mengatasinya
Pernah mendengar istilah junkfood craving? Secara makna harfiah, junkfood craving mempunyai arti rasa ngidam atau hasrat berlebih untuk mengonsumsi junkfood. Junkfood seperti gorengan, makanan cepat saji, camilan tinggi gula dan garam, serta minuman soda memang punya cita rasa yang khas. Cita rasa junkfood memang secara umum sangat memanjakan lidah. Maka gak heran banyak orang yang sampai ketagihan berlebih untuk mengonsumsinya. Namun seperti kata pepatah, yang nikmat-nikmat justru yang paling rendah manfaat, bahkan berefek buruk pada kesehatan tubuh. Bagi kalian yang sedang menjalani gaya diet sehat, hasrat ngidam berlebih ini benar-benar jadi tantangan berat.

Tips Menghindari Junkfood Craving

Sudah jadi rahasia umum kalau mengonsumsi junkfood berlebihan sama saja meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, hingga kanker. Tapi informasi tersebut ternyata belum cukup untuk menghentikan beberapa kalangan untuk membelinya. Hasrat berlebihan akibat rasa ketagihan itulah yang disebut junkfood craving.

source: istockphoto

Dirangkum dari Healthline dan HelloSehat, berikut ini tips jitu menghindari hasrat ngidam “makanan sampah” tersebut.

1.      Minum Air Putih yang Banyak

Kekurangan cairan akan menyebabkan kacaunya sistem metabolisme dalam tubuh. Hal tersebut bisa membuat sensorik otak kurang bisa membedakan mana rasa haus dan rasa lapar. Alhasil perasaan ngidam aneka makanan sering timbul ketika tubuh sedang alami defisit cairan. Alihkan perasaan ngidam berlebih pada suatu makanan, dengan minum lebih banyak air putih. Selain itu, minum banyak air juga punya banyak manfaat kesehatan. Pada orang dewasa dan paruh baya, minum air sebelum makan bisa mengurangi nafsu makan serta membantu menurunkan berat badan.

source: istockphoto

2.      Sediakan Makanan Sehat

Siapkan bahan makanan sehat untuk camilan seperti kacang-kacangan panggang, buah-buahan, atau yogurt. Kurangi stok makanan instan cepat saji seperti mie instan, nugget, sosis, dan aneka camilan manis. Jika rasa ngidam menyerang kalian, alihkan dengan konsumsi camilan sehat tersebut. Selain menghilangkan lapar, sekalian juga bisa mendapat tambahan nutrisi dan vitamin dari makanan sehat tersebut.

3.      Kelola Rasa Stres

Banyak penelitian yang sudah membuktikan keadaan stres bisa menyebabkan rasa ngidam makanan dan memengaruhi perilaku makan menjadi berlebih. Orang yang sedang stres terbukti akan makan lebih banyak kalori secara signifikan hanya untuk menuntaskan emosi. Selain itu, perasaan stres juga meningkatkan kadar kortisol dalam darah, yakni hormon yang membuat tubuh bertambah gemuk, terutama di daerah perut.

source: istockphoto

Oleh karena itu, latihlah cara mengelola stres untuk menjadi solusi. Rutin berolahraga sembari mengambil tarikan napas dalam dan meditasi atau yoga. Alihkan rasa emosi dengan curhat kepada orang yang terpercaya. Dengan begitu, otak gak akan langsung melampiaskannya pada makanan ketika dilanda stres.

4.      Terapkan Mindful Eating

Mindful eating atau makan dengan penuh perasaan, adalah bentuk cara meditasi yang berkaitan dengan makanan. Makan dengan penuh perasaan akan mengajarkan kalian untuk membedakan antara hasrat ngidam dan rasa lapar fisik yang sesungguhnya.

source: istockphoto

Makan dengan prinsip mindful eating akan secara aktif melibatkan perasaan saat kalian makan, mengunyah secara perlahan, dan menikmati setiap suapan secara mendalam. Penting juga untuk menghindari makan sambil menonton TV atau sambil menggunakan smartphone. Karena hal tersebut akan membuat kalian tanpa sadar mengunyah lebih cepat dan mengonsumsi makanan lebih banyak.

5.      Tidurlah dengan Cukup

Nafsu makan kalian sebagian besar dipengaruhi oleh kinerja hormon yang fluktuatif sepanjang hari. Efek dari kurang tidur bisa mengganggu fluktuasi tersebut dan bisa menyebabkan nafsu makan serta ngidam yang berlebihan. Studi menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur punya kemungkinan hingga 55% lebih besar untuk menjadi gemuk, dibandingkan yang cukup tidur.

source: istockphoto

Selain itu, insomnia dan sulit tidur di malam hari akan cenderung dihabiskan dengan kegiatan makan menghabiskan stok camilan yang tersedia. Untuk alasan ini, tidur nyenyak mungkin menjadi salah satu cara paling ampuh untuk mencegah keinginan mengidam muncul. Itulah tadi tips jitu untuk menghindari junkfood craving atau rasa ngidam berlebih pada junkfood. Semoga cara ini bisa jadi panduan buat kalian yang ingin memulai hidup sehat ya!