Foodies Guide To F&B Industry

Photo by NFK

Kenyang Okonomiyaki Khas Osaka di CHIBO Jakarta

November 22, 20195 min readFoodie Trends

Jepang merupakan salah satu pusat kuliner dunia yang sudah diakui kualitasnya. Banyak restoran di Jepang yang akhirnya memberanikan diri untuk membuka cabang di luar negeri agar bisa makin mempopulerkan kuliner Jepang ke dunia. Salah satu restoran tersebut adalah CHIBO yang akhirnya membuka CHIBO Jakarta di awal tahun 2019 ini.

Lewat Jaddi Food Groups, CHIBO Jakarta menjadi cabang ke-6 CHIBO di luar negeri setelah Hawaii, Malaysia, Vietnam, Hong Kong, Thailand, Tiongkok, dan Taiwan. Jaddi Foods Group sendiri lebih dulu dikenal dengan brand D'crepes, Mixx Grill, dan AWkitchen by Akira Watanabe.

Imelda Budiman, Marketing Manager Jaddi Foods Group, CHIBO merupakan restoran Jepang otentik dengan spesialisasi menyajikan hidangan okonomiyaki dan teppanyaki. 

“CHIBO memperkenalkan cara baru dalam menikmati menu lokal khas Osaka, yaitu okonomiyaki, dengan merancang metode persiapan menu dan merubah hidangan tersebut yang semula adalah cemilan, menjadi hidangan nikmat dan lezat. Dengan pengalaman 45 tahun, CHIBO menghadirkan cita rasa nyata okonomiyaki khas Osaka yang dimasak dengan gaya menakjubkan. Semua menu makanan dimasak di hadapan tamu dengan konsep open kitchen menggunakan bahan-bahan berkualitas premium dan segar,” jelas Imelda.

Pengalaman 45 Tahun 

chibo jakarta

Berdiri sejak tahun 1973, CHIBO, yang berasal dari Sennichimai, Osaka, Jepang, merupakan salah satu brand F&B terkemuka dan terkenal di kalangan turis domestik dan internasional. Tak jarang banyak turis yang datang ke Osaka hanya untuk mencoba okonomiyaki di CHIBO.

Salah satu hal yang membuat CHIBO begitu dikenal adalah karena memiliki mereka pengalaman lebih dari 45 tahun menyajikan menu andalan lezat yang terdiri dari okonomiyaki, teppanyaki, dan yakisoba bagi para tamu dan pelanggan setia. Kreasi unggulan terkenal CHIBO sendiri adalah okonomiyaki, omusoba, lion steak teppan, dan soboro beef omellete. 

CHIBO memantapkan peta kuliner dengan membuka berbagai cabang dalam kurun waktu 17 tahun di Jepang. Pada tahun 1990, CHIBO kemudian melebarkan sayap dan membuka gerai internasional perdana di Honolulu, Hawaii. Setelah pada tahun 2015 membuka gerai di Malaysia, pada awal tahun 2019, Indonesia akhirnya mendapat giliran. 

Profesionalitas CHIBO ala Jepang benar-benar diterapkan juga di CHIBO Jakarta. Ini terlihat dari training yang harus dilalui koki lokal Indonesia selama beberapa bulan langsung di Osaka. Selain itu, pada beberapa bulan awal pembukaan, koki profesional dari CHIBO Osaka juga didatangkan demi memberikan contoh.

CHIBO Jakarta sendiri merupakan salah satu restoran yang ramah untuk keluarga. CHIBO Jakarta memiliki ruangan tersendiri yang dikhususkan bagi pelanggan yang merokok. Meski begitu, ruangan ini hanya berlaku pada weekdays. Ini dikarenakan pada akhir pekan jumlah pengunjung akan membludak jumlahnya.

Sajikan Dua Jenis Okonomiyaki

Okonomiyaki adalah menu tradisional berusia 400 tahun yang menjadi simbol makanan pokok bagi warga dan masyarakat Jepang yang bermukim di Osaka. Dalam bahasa Jepang, okonom artinya “suka-suka" dan yaki berarti “panggang”. Sesuai dengan namanya, lapisan atas (topping) Okonomiyaki bisa disesuaikan dengan selera konsumen.

Menu tersebut dibuat dengan cara mencampur bahan-bahan seperti tepung terigu yang diencerkan dengan air (tepung atau adonan Okonomiyaki). Bahan ini kemudian ditambah dengan kembang kol, daging sapi, telur ayam, dan menu hidangan laut. Setelah semuanya bercampur, adonan kemudian digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan. Okonomiyaki dapat disantap begitu saja atau dipadu dengan nasi putih.

Terdapat dua gaya Okonomiyaki, yaitu gaya Osaka dan gaya Hiroshima (Hiroshimayaki). CHIBO mengadopsi kedua gaya tersebut. Perbedaan antara kedua gaya tersebut terletak pada penyajian kembang kol dan sayur lainnya. 

Pada gaya Hiroshimayaki, irisan kol dan sayur mayur diletakkan di atas adonan yang dilebarkan di atas penggoreng, mirip dengan metode pembuatan panekuk. Metode ini menjamin kegurihan dan kegaringan sayur pada setiap gigitan hidangan.

Sedangkan pada gaya Osaka, semua adonan langsung dicampur menjadi satu, tanpa perlu membentuk layer. Gaya Osaka ini lebih membuat makanan memiliki rasa yang unik karena masing-masing bahan bercampur menjadi satu.

Yang menarik, CHIBO Jakarta juga memiliki menu okonomiyaki yang hanya bisa didapat di Indonesia. Menu ini diberi nama Indonesia Okonomiyaki. Perut masyarakat Indonesia yang belum benar-benar kenyang jika belum memakan nasi menjadi perhatian Chibo. Itulah kenapa dalam okonomiyaki spesial ini nasi menjadi salah satu bahan yang masuk ke dalam adonan.

Tak Cuma Okonomiyaki

chibo jakarta

Okonomiyaki bukan menjadi satu-satunya menu yang dijual di CHIBO Jakarta. Jika kalian sedang butuh hiburan, bagaimana jika memesan set menu teppanyaki?

Melalui set menu teppanyaki, kalian bisa mendapatkan pengalaman sajian interaktif penuh hiburan. Ini bisa didapat karena koki akan beratraksi memasak hidangan pesanan di depan tamu sembari bercakap dengan tamu. Konsep yang sama seperti Benihana Jakarta.

Menu yang pada umumnya dapat dimasak di atas plat besi (teppan) tersebut terdiri dari daging sapi (berupa steak), ayam, pilihan hidangan laut, sayur mayur, hingga panekuk.

Jajaran menu teppanyaki di CHIBO terdiri dari teppan tenderloin steak (Rp190.000), teppan sirloin steak (Rp150.000), teppan beef tongue (Rp90.000), teppan chicken teriyaki (Rp75.000), teppan chicken with garlic (Rp75.000), dan masih banyak lagi ragam piiihan di gerai.

Promo, Promo, Promo!

Kata promo menjadi salah satu kata ajaib yang pastinya akan mengundang banyak orang untuk datang berkunjung ke satu restoran. CHIBO Jakarta saat ini juga memiliki promo yang sayang jika kalian lewatkan, loh.

Salah satu promonya adalah Japanese Set Menu bernama Teishoku yang tersedia pada hari Senin hingga Jumat (10:00-17:00 WIB) dengan harga mulai dari Rp. 50.000+. Set menu tersebut terdiri dari menu utama, acar Jepang, hidangan pembuka, miso sup, dan 1 mangkuk nasi. 

Selain itu ada juga promo cashback voucher senilai Rp. 50.000 untuk pembelanjaan minimal Rp. 250.000.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera kunjungi CHIBO Jakarta di Gandaria City Mall.

Related Articles

Connect with Nibble