Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

5 Kuah Pengganti Santan yang Bebas Kolesterol

June 15, 20213 min readFood

Semua pasti setuju kalau santan adalah bagian tak terpisahkan dalam kuliner Indonesia. Kuah dari parutan kelapa ini jadi favorit karena membericita rasa gurih pada masakan. Meski begitu, santan juga ditakuti karena kandungan kolesterolnya yang tinggi. Sampai di sini, kalian mungkin penasaran, ada gak sih kuah pengganti santan yang bebas kolesterol jahat?

Tenang! Dunia gak bakal berakhir kalau kalian gak makan makanan berkuah santan, kok. Hihi... Masih banyak alternatif kuah pengganti santan lain yang sehat dan tentunya juga gak kalah enak. Ini dia beberapa di antaranya.

  1. Susu murni

Bahan pengganti santan yang sehat dan enak pertama adalah susu murni. Selain rendah kolesterol, susu juga punya rasa gurih yang cenderung mirip dengan santan. Gak heran kalau susu kerap jadi kuah pengganti santan di banyak masakan Indonesia. Misalnya satunya di soto/sop kaki kambing.

Pastikan kalian memilih susu murni atau susu plain yang tanpa rasa/pewarna ya! Perhatikan juga jumlah susu yang kalian gunakan saat memasak. Pastikan gak terlalu kental agar gak mendominasi cita rasa masakan aslinya.

  1. Heavy cream

Heavy cream atau whipped cream juga bisa lho dijadikan pilihan bahan pengganti santan yang lebih sehat. Untuk mendapat cita rasa yang benar-benar mirip santan asli, kalian bisa mengombinasikan heavy cream dengan air kelapa murni.

Perbandingannya bisa kalian atur sendiri sesuai tingkat kekentalan kuah yang diinginkan. Makin kental kuah, tentu makin banyak whipped cream yang dibutuhkan. Selain untuk campuran masakan, kuah pengganti santan dari krim yang satu ini juga bisa dipakai saat membuat kue.

  1. Susu evaporasi

Selain susu murni, kalian juga bisa menggunakan susu evaporasi sebagai alternatif bahan pengganti santan yang rendah kolesterol. Eits, jangan sampai salah pilih ya. Susu evaporasi ini beda dengan susu kental manis, lho.

Meskipun teksturnya sama-sama kental, susu evaporasi punya rasa yang lebih gurih dan gak manis karena tidak adanya tambahan gula pada proses pembuatannya. Kuah pengganti santan dari susu evaporasi ini bisa dipakai di berbagai masakan seperti kolak, es campur, bubur, dan lain sebagainya.

  1. Yogurt

Siapa sangka kalau ternyata yogurt juga bisa banget lho dijadikan bahan pengganti santan yang lebih sehat dan tentunya bebas kolesterol. Namun, pastikan kalian memilih yogurt plain atau Greek yogurt ya.

Teksturnya yang creamy dijamin bakal bikin hidangan makin lezat. Oh iya, karena rasanya sedikit asam, sebaiknya kalian memperhatikan jumlah takaran yogurt saat memasak ya. Jangan terlalu banyak supaya rasa otentik masakan gak berubah.

Kalian juga bisa menambahkannya dengan susu murni atau bahan lain sesuai selera. Di banyak negara, yogurt sering lho dipakai sebagai alternatif pengganti coconut milk (santan).

  1. Kacang almond

Kalau kalian bingung mencari kuah non-santan yang bebas kolesterol, kacang almond atau kacang mete mungkin bisa jadi pilihan yang cocok. Selain punya rasa gurih, kacang almond ini juga teksturnya creamy sehingga cocok dipakai sebagai campuran/kuah saat memasak.

Kamu cukup merendam kacang almond dalam air semalaman. Lalu memblendernya dan tambahkan sedikit air sampai mendapat tingkat kekentalan yang diinginkan. Kuah pengganti santan dari kacang almond pun siap dipakai. Oh iya, kalau kalian ogah repot, bisa juga kok pakai susu almond yang sudah dijual praktis dalam kemasan di supermarket/minimarket terdekat.

Nah, Nibblers, itu dia beberapa pilihan bahan untuk menggantikan santan yang gak cuma gurih, tapi tentunya juga rendah kolesterol. Dari kelimanya, kalian paling suka versi kuah yang mana nih buat masak?

Related Articles

Connect with Nibble