Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

Belajar Etika Makan di Korea Selatan. KPopers Wajib Tahu

August 3, 20214 min readLifestyle

Pencinta K-Pop, pasti kalian pengen banget kan merasakan makan di Korea Selatan secara langsung? Negeri Ginseng ini punya banyak jenis makanan khasnya yang sangat enak. Apalagi kalau bisa merasakan suasana makan di negaranya langsung. Pasti vibes-nya pun akan jauh lebih dapet.

Nah, sebelum bisa merasakan langsung suasana makan di Korea Selatan, ada baiknya kalian belajar dulu etika makan yang berlaku di sana. Setiap negara punya latar belakang budaya yang mengatur etika perilaku masyarakatnya masing-masing. Begitu pun soal tata cara makan.

Gak mau kan pengalaman makanmu di Korea jadi mendapat kesan buruk karena dianggap kurang sopan? Yuk pelajari dulu etika makan di Korea Selatan berikut ini.

Etika Makan di Korea Selatan

Budaya di Korea cukup komunal, jadi kegiatan makan jarang dilakukan seorang diri. Umumnya mereka akan makan bersama kolega, keluarga, atau sahabat terdekat. Dirangkum dari TheCultureTrip, berikut ini etika makan di Korea Selatan yang harus kalian ketahui dan perhatikan. Simak ya!

1.       Hormati Orang yang Lebih Tua dan “Berpangkat”.

Mungkin di antara kalian banyak yang belum terbiasa, tapi orang Korea terkenal benar-benar memperhatikan posisi tempat duduk dalam jamuan makan. Ini penting, apalagi dalam acara formal seperti jamuan bisnis atau dalam kelompok dan keluarga yang ada beberapa orang lebih tua dan berpangkat.

Orang yang paling muda (junior) harus ambil posisi duduk di tempat yang paling dekat dengan pintu. Sedangkan yang paling tua, baik itu orangtua ataupun bos dan senior di lokasi kerja, akan  duduk di tempat yang jauh lebih ke dalam.

source: Pixabay

Begitu makanan tiba, biarkan orang tertua yang mulai makan terlebih dahulu, baru kemudian yang lainnya dipersilakan untuk mengikuti. Makanlah dengan gak terburu-buru, tapi juga jangan terlalu lambat. Setelah makan selesai, sebagai rasa hormat tunggu sampai orang tertua meninggalkan meja terlebih dahulu.

2.      Gunakan Sumpit dan Sendok dengan Benar

Dalam kegiatan makan orang Korea, akan disediakan satu set sumpit dengan sendok khas yang bergagang panjang. Sumpit dipakai untuk menyuap lauk-pauk, kimchi, dan makan mie. Sedangkan sendok untuk menyuap sup, lauk berkuah, nasi, dan bubur. Ingat, jangan gunakan sendok dan sumpit bersamaan karena hal ini dianggap gak sopan.

source: pixabay

Taruhlah sumpit di samping piring secara rapih saat sedang gak digunakan. Sama seperti negara Asia Timur lainnya, jangan taruh sumpit di atas makanan apalagi menancapkannya. Hal itu mirip seperti dupa untuk acara kematian, jadi dianggap sesuatu yang buruk atau mendatangkan kesialan.

3.      Ucapkan Salam Sebelum Menyantap

Orang Korea Selatan punya kebiasaan mengucapkan salam, termasuk saat akan menyantap makanan. Hal ini sebagai bentuk cara mereka menghargai makanan beserta orang yang sudah menyiapkannya.

source: istockphoto

Sama seperti Jepang yang mengucapkan itadakimasu sebelum makan, maka orang Korea akan mengucapkan 'jal meokgesseumnida' yang artinya 'saya akan makan dengan nikmat'. Setelah selesai makan, kalian bisa mengucapkan 'jal meogeosseumnida' untuk menandakan bahwa makanannya sudah dihabiskan dengan nikmat dan bahagia.

4.      Gunakan Piring Kecil yang Tersedia

Di restoran Korea umumnya akan disediakan juga beberapa piring kecil yang bisa kalian gunakan untuk menaruh lauk-pauk. Gunakan piring kecil tersebut untuk mengambil beberapa lauk yang kalian mau makan. Jangan langsung menyuap lauk dari piring besarnya supaya terkesan lebih sopan.

source: Pixabay

Nah, berbeda sama Jepang, kalau di Korea mangkuk harus tetap berada di atas meja dan gak boleh diangkat. Jadi saat kalian ingin menyuapkan makanan ke mulut, lebih baik membungkukkan badan untuk mendekati posisi mangkuk di meja. Gunakan juga sendok untuk menyuap kuah sehingga gaperlu mengangkat mangkuk mendekati mulut.

5.      Pastikan Gelas Orang Sebelahmu Terisi

Supaya lebih beretika dan sopan, dalam tradisi Korea Selatan, pastikan gelas minuman orang di sebelah kita tetap penuh. Terutama pada pertemuan formal, yang berarti teman atau rekan kerja kalian juga bertanggung jawab untuk mengisi gelas minum kalian.

source: Pixabay

Jadi kalau minuman kita habis, jangan menuang sendiri karena hal itu malah membuat teman di samping merasa kurang dihargai. Saat menuangkan minuman tersebut, juga harus selalu gunakan kedua tangan kalian. Gestur ini sebagai cara menunjukkan kesopanan.

Selain itu, saat diberikan minuman, kalian gak boleh menolak. Menolak pemberian minuman dianggap nggak menghargai si pemberi. Apalagi kalau minuman tersebut ditawarkan oleh seorang yang lebih senior, baik umur atau jabatannya.

---

Nah, itu tadi beberapa etika dasar ketika kalian makan di Korea Selatan. Penting untuk mengetahui beberapa etika dasar ini sebagai bentuk menghargai budaya lain dan kalian pun akan lebih dihargai juga.

Related Articles

Connect with Nibble