Healthy Foodie

Manfaat Daun Kemangi, Wangi dan Menyehatkan

by Danang Lukmana | July 15, 2021

Manfaat Daun Kemangi, Wangi dan Menyehatkan
Banyak orang yang belum tahu nih segudang manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh. Umumnya daun kemangi lebih dikenal sebagai salah satu bumbu penyedap bahan masakan seperti pepes atau sup ikan. Selain itu aroma wangi yang dihasilkannya sering digunakan sebagai lalapan segar.

Kandungan Nutrisi Daun Kemangi

Masyarakat zaman dulu sudah sering lho menggunakan daun kemangi sebagai bahan masakan sekaligus ramuan herbal penunjang kesehatan. Ini karena daun kemangi mengandung banyak zat dan nutrisi yang bisa bermanfaat untuk kesehatan. Dilansir dari laman SpecialtyProduce, dalam daun kemangi segar terkandung air, protein, karbohidrat, antioksidan lutein dan zeaxanthin, serta serat. Daun kemangi juga punya kandungan nutrisi penting, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, folat, vitamin A, B,  C, dan  K, meskipun jumlahnya gak begitu banyak.

source: istockphoto

Manfaat sederhana dari daun kemangi adalah menghilangkan bau mulut terlebih setelah makan. Namun, masih banyak lagi lho manfaat lainnya untuk kesehatan.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Kalau tersaji daun kemangi dalam pilihan menu lalapan kalian, jangan cuma didiamkan saja apalagi sampai disingkirkan. Memang sih rasanya agak pahit, tapi cobalah berlatih menikmati rasa dari lalapan daun berwarna hijau ini. Manfaat daun kemangi untuk kesehatan gak main-main lho. Berikut ini contohnya;

1.      Mencegah Stres Berlebih

Ternyata daun kemangi bisa dijadikan pilihan makanan penghilang stres yang alami. Daun ini bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi tenang dan relaks karena kandungan antidepresannya. Kemangi punya kandungan yang berguna untuk membantu tubuh beradaptasi dari serangan hormon penyebab stres.

source: pexels

Mengonsumsi dedaunan ini juga bisa lho membantu mengatasi gangguan tidur, meningkatkan daya ingat, dan membantu tubuh jadi gak cepat lelah. Hal ini karena di dalamnya ada kandungan zat adaptogen. Dampak positif lainnya, bisa meningkatkan fungsi otak di dalam korteks adrenal, membantu merangsang neurotransmitter, dan membuat tubuh jadi bahagia dan energik.

2.      Mengurangi Peradangan dan Anti-Bakteri Alami

Ekstrak daun yang dalam bahasa Inggris disebut lemon basil ini juga dinilai efektif untuk membantu mengurangi sakit peradangan dan pembengkakan di tubuh. Manfaat ini diketahui dari sebuah penelitian, yang menyebut kalau mengoleskan ekstrak daun kemangi, bisa membantu mengurangi pembengkakan hingga 73%, pada 24 jam pertama setelah penggunaan. Hal ini dikarenakan kandungan beta-caryophyllene dalam daun ini yang berfungsi sebagai agen anti-inflamasi.

source: istockphoto

Selain itu, daun ini juga memiliki kandungan antibakteri yang bisa menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri penyebab infeksi. Di antaranya Listeria monocytogenes, Staphylococcus aureus, Escherecia Coli, dan Pseudomonas aeruginosa.

3.      Membantu Melawan Kanker

Daun kemangi dipercaya bisa berpotensi untuk membantu melawan kanker. Ini didukung kandungan fitokimia di dalamnya seperti vitamin A, B, C, dan K. Daun ini juga bisa membantu pencegahan beberapa jenis kanker di antaranya kanker kulit, hati, mulut, dan paru-paru.

source: freepik

Meski begitu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut supaya lebih memastikan manfaat daun kemangi yang satu ini.

4.      Mengontrol Minyak di Wajah dan Mencegah Penuaan

Kalian punya masalah kulit wajah yang berminyak dan berjerawat? Nah, coba deh perbanyak konsumsi kemangi terutama yang segar untuk lalapan. Manfaat daun ini dipercaya bisa mengontrol produksi minyak berlebih di wajah. Kandungan antioksidan dan antibakterinya juga bisa menjaga wajah tetap bersih, kesat, dan mengecilkan pori-pori.

source: pexels

Kandungan antioksidannya juga dinilai bisa menghambat dampak buruk radikal bebas. Radikal bebas yang berlebih bisa memicu timbulnya penuaan dini. Mengonsumsi daun kemangi secara berkala juga berpotensi mencegah efek buruk penuaan dini.

5.      Menyehatkan Sistem Pencernaan

Daun kemangi mampu mencegah gejala yang timbul akibat adanya luka di lambung. Sebuah penelitian menyatakan mengonsumsi daun beraroma ini bisa menurunkan kadar asam lambung serta meningkatkan pelepasan lapisan lendir untuk melindungi dinding lambung. Selain itu kandungan seratnya yang tinggi bermanfaat membantu melancarkan saluran pencernaan. Nah, itu tadi deretan manfaat yang bisa dirasakan dari konsumsi daun yang sering dijadikan lalapan dan bumbu aromatik ini. Jadi, jangan singkirkan daun ini dari piring makan kalian ya Nibblers!