Tips & Tricks

Tips Plating Makanan ala Chef Bintang Lima

by Danang Lukmana | July 29, 2021

Tips Plating Makanan ala Chef Bintang Lima
Plating, sebuah istilah yang akan kalian sering dengar kalau berkunjung ke restoran atau menonton acara kompetisi masak-memasak. Sebuah sajian makanan gak cuma dinilai dari cita rasa dan aromanya, tapi aspek presentasi visual juga jadi hal utama. Sering kan kita melihat para chef papan atas benar-benar menyajikan makanan di atas piring dengan penataan yang sangat cantik? Hal tersebut tentunya makin menambah selera bagi konsumen untuk mencicipi sajian tersebut.

Apa Sih Sebenarnya Plating Makanan?

Plating makanan adalah cara menata dan menyajikan makanan di atas piring sajian. Proses tersebut dilakukan dengan memerhatikan posisi serta komposisi makanan supaya terlihat estetik, artistik, dan memiliki cita rasa tinggi. Gak heran kalau teknik ini banyak dilakukan oleh professional chef atau celebrity chef yang memang sudah terlatih dan berpengalaman.

source: Pixabay

Teknik plating makanan memang ditujukan untuk membuat sajian lebih menarik berdasarkan aspek presentasi visual. Gak boleh asal-asalan yang malah bisa membuat sajian makanan jadi gak menarik sama sekali. Aspek visual ini akan memberi efek psikologis yang menentukan seseorang semakin menikmati sajian sejak suapan pertama.

Tips Melakukan Plating Makanan ala Chef Pro

Teknik menghias makanan semacam ini gak cuma bisa dilakukan oleh chef profesional saja. Kalian juga bisa lho membuat sajian di piring lebih artistik. Penasaran? Yuk pelajari tips melakukan plating makanan berdasarkan The Kitchn berikut ini.

1.      Pilih Wadah atau Piring yang Tepat

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan sebelum plating adalah memilih wadah makanan untuk merepresentasikan hidangan. Penting banget nih untuk memilih media berupa piring, mangkuk, atau gelas yang tepat sesuai fungsi hidangannya masing-masing. Misalkan untuk makanan sup berkuah maka gunakanlah mangkuk, sedangkan untuk sajian kering bisa gunakan piring yang pipih dan lebar. Gak cuma itu, ukuran dari piring sajian pun harus diperhatikan secara detil. Sebaiknya, ukuran piring sesuai dengan porsi dari makanan sehingga terlihat pas dan presisi tanpa meninggalkan banyak ruang kosong.  Biarkan tepian piring tetap terlihat, sekitar ¼ atau 1/3 pinggiran piring dibiarkan kosong.

source: Freepik

Warna dari piring ada baiknya menggunakan warna putih atau warna netral seperti abu-abu gelap dan biru pastel. Piring warna cerah atau gelap akan bertabrakan dengan warna makanan. Pemilihan warna netral juga biar tampilan garnish tampak menarik dan menggugah selera makan.

2.      Tata Komposisi Makanan Beserta Porsinya

Penataan komposisi makanan memang menjadi inti dari plating makanan, agar saat disajikan mengundang daya tarik. Pertama-tama, urutkan komposisi makanan dari yang basah, lembap, atau berkuah. Taruh bagian basah tersebut lebih dulu baru makanan yang cukup padat dan lebih kering supaya penyajian makanan stabil. Memperhatikan tekstur makanan akan menambah penampilan dan rasanya.

source: Pixabay

Selanjutnya, potong bahan makanan dengan pas dan dalam ukuran yang sama rata. Atur hidangan sesuai dengan porsinya supaya harmonisasi makanan semakin terlihat. Di bagian ini, kalian harus mengatur porsi makanan biar gak keliatan penuh dan padat tapi tetap bisa mencakup berbagai elemen dalam satu wadah.

3.      Susun Sesuai Arah Jarum Jam

Bagi pemula, kalau kesulitan menyusun hidangan dan gak tahu harus mulai dari mana, kalian bisa memulainya dengan metode classic plating. Metode ini juga disebut dengan metode jarum jam dalam seni artistik makanan. Caranya dengan menaruh hidangan utama di bagian tengah lalu susun hidangan pelengkap sesuai dengan arah jarum jam.

source: Pixabay

Teknik ini paling mudah untuk kalian ketika ingin menentukan dan mengatur hidangan di atas piring, supaya makanan terlihat selaras dan tampak seimbang. Pertama, letakkan karbohidrat di tengah, lalu susun pelengkap atau lauk-pauknya searah jarum jam. Letakkan berbagai sumber protein di arah jam sembilan dan sayuran di arah jam tiga.

4.      Sesuaikan dengan Pilihan Garnish

Supaya membuatnya makin menarik, kalian bisa memberi tambahan hiasan atau dikenal sebagai garnish. Pemilihan garnish yang sesuai akan membuat tampilan hidanganmu menjadi naik kelas dan memberikan daya tarik tersendiri. Sebagai hiasan, kalian bisa memberikan aneka sayuran berwarna cerah dalam masakan. Saat ini, banyak sayuran seperti tomat, wortel, paprika, cabai, hingga kubis dalam berbagai warna dan ukuran yang menarik.

source: istockphoto

Kalian juga bisa menambahkan beberapa saus dan tambahan bahan lain seperti peterseli dan oregano untuk hidangan gurih. Untuk hidangan manis kalian bisa memolesnya dengan selai, cokelat cair, cokelat batangan, stroberi, serpihan kacang, atau biskuit, dan gula bubuk.

5.      Perhatikan Kebersihan Makanan

Saat berkreasi dengan berbagai komponen makanan, jangan lupa perhatikan kebersihan dari hidangan yang disajikan. Biasanya saat melakukan plating, sering ditemukan percikan saus yang tumpah di atas piring atau bahan garnish yang diletakan kurang rapi. Hal itu bisa mengurangi keindahan hidangan.

source: Pixabay

Langkah terakhir dari plating makanan adalah memastikan piring dalam keadaan bersih. Jika ada percikan yang membuatnya kotor, kalian bisa gunakan lap atau tisu makan untuk menghilangkan percikan yang kurang sesuai. Setelah itu rapihkan posisi makanan dan jelilah untuk memastikan detail kebersihan hidangan. Itulah beberapa tips plating makanan yang bisa dipraktikkan di rumah untuk mempercantik hidangan. Tertarik gak nih untuk mencoba, supaya terlihat seperti chef bintang lima? Yuk, praktikkan langsung!