Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

10 Ramen Paling Enak di Jakarta, Terbaik di Kelasnya!

August 19, 20215 min readFoodie Trends

Kalau kamu penggemar ramen, nggak perlu jauh-jauh ke Jepang karena pilihan ramen paling enak di Jakarta pun sudah sangat beragam. Sebagian besar mempertahankan rasa ramen yang sangat mirip dengan yang ada di Jepang langsung. Berikut Nibble udah kumpulin 10 ramen terbaik di Jakarta yang wajib kamu cobain langsung.

1. Sugakiya

Photo source: Instagram/sugakiya.id

Nama Sugakiya sendiri sudah terkenal di dunia restoran Jepang sejak tahun 1946. Spesialisasinya adalah ramen yang berkuah sedikit kental dan gurih. Di Grand Indonesia, Sugakiya berada di food court sehingga tempatnya cenderung kecil. Tapi, itu nggak mengubah rasa ramen ini. Potongan daging yang besar dan lembut melengkapi mi yang kenyal. Yang paling menariknya lagi, satu porsi ramen nggak sampai Rp50 ribu alias terjangkau!

Alamat: Grand Indonesia, Foodprint Food Court, West Mall, Grand Indonesia, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat

2. Seirock-ya

Photo source: Instagram/seirockya.ramen

Seirock-ya sudah memiliki banyak cabang di sekitaran Jabodetabek. Ramen paling enak di Jakarta ini memiliki kuah kaldu yang gurih dan topping yang bisa disesuaikan dengan selera. Semua bahannya diolah tanpa pengawet sehingga sehat untuk dimakan. Saat ini selama masih PPKM, Seirock-ya berinovasi dengan memberikan layanan makan di mobil untuk beberapa  gerainya. Kamu hanya perlu memesan dan makanan akan di antar ke mobil untuk kamu nikmati.

Alamat:

  • PIM 1
  • AEON MALL JGC
  • Supermal Karawaci
  • TSM Cibubur
  • Puri Indah Mall
  • PI
  • Taman Anggrek

3. Menya Sakura

Photo source: Instagram/menyasakura.official

Buat pilihan mie nonhalal, Menya Sakura adalah yang terbaik di kelasnya. Kuah kaldu babinya berpadu dengan lembutnya daging dan mie, menjadikan semuanya meleleh di mulut beserta rasa gurihnya. Selain babi, sapi, dan ayam, Menya Sakura juga punya ramen udang buat kamu penggemar seafood.

Alamat:

  • Lotte Shopping Avenue Lt.2
  • Kota Kasablanka Lt.UG

4. IPPUDO Ramen

Photo source: Instagram/ippudoindonesia

Pernah menduduki tahta ramen terbaik, IPPUDO Ramen memang mengandalkan kuahnya yang gurih dan sarat akan protein. Salah satu yang paling digemari di sini adalah Japanese dipping style yaitu mi ramen yang disajikan terpisah dari kuahnya. Untuk menikmatinya, kamu harus menyelupkan mi ke dalam kuah tonkotsu yang berpadu gurih dengan topping pilihan. Di sini, ada pilihan topping halal dan nonhalal yang sama nikmatnya.

Alamat:

  • Pacific Place Lantai 5
  • Senayan Park Lantai UG
  • Lippo Kemang Lantai UG
  • Central Park Lantai LG
  • Lippo Puri Lantai LG
  • Grand Indonesia Lantai 3A West

5. Marutama Ra-men

Photo source: Instagram/marutamaramen

Kuah ayam atau tori-paitan yang nggak terlalu kental menemani mi ramen dari Marutama. Topping dagingnya boleh saja melimpah dan juicy, tapi ternyata telur rebus dari Marutama pun pernah dinobatkan sebagai olahan telur terbaik di Jepang. Putih telur terebus dengan   matang hingga luarnya kecokelatan, tapi kuning telurnya masih setengah matang dengan tekstur yang pas, nggak terlalu cair.

Alamat: Sentral Senayan I, Jl. Asia Afrika No.8, Tanah Abang, Jakarta Pusat

6. Hakata Ikkousha

Photo source: Instagram/ikkousharamen

Hakata Ikkousha merupakan cabang resmi dari Fukkuoka Hakata di Jepang. Untuk bertemu dengan selera banyak orang, Hakata Ikkousha menawarkan berbagai jenis kuah dari mulai yang original, light atau ringan, kari, sup tauco, dan naga merah yang cenderung pedas. Kuah direbus dengan bumbu dan kaldu selama lebih dari 48 jam sehingga cita rasanya semua menyerap dengan sempurna untuk ramen yang mereka tawarkan.

Alamat: Mall Kelapa Gading 1, Ground Floor, Summarecon, Jl. Boulevard Raya No.1, East Kelapa Gading, Kelapa Gading, Jakarta Pusat

7. Ikkudo Ichi

Photo source: Instagram/ikkudoichi

Ikkudo Ichi adalah tempat ramen yang menyediakan topping halal dan nonhalal sehingga menjangkau lebih banyak pasar. Untuk pilihan halal, ada Tori Kara Mitsu Ramen atau Tori Signature Ramen. Sementara untuk menu nonhalalnya, ada ramen dengan topping daging babi seperti Buta Tonshabu Ramen dan Toroniku Ramen. Lokasi lain dari Ikkudo Ichi ada di Mal Artha Gading, Plaza Indonesia, dan PIK.

Alamat: Mall Kota Kasablanka Lantai LG Unit 16, Jalan Casablanca Kav.88, Menteng  Jakarta Selatan

8. Bariuma Ramen

Photo source: Instagram/bariumaramen.id

Siapa yang suka pilih-pilih soal tekstur makanan? Nah, Bariuma Ramen mengerti dan memberikan kamu tiga pilihan kematangan mi yaitu firm, original, atau soft. Kalau kamu suka mi yang kenyalnya pas, pesan mi yang firm atau original, ya. Menunya memang terdiri dari pilihan halal dan tidak halal, tapi kamu nggak perlu ragu lagi karena semua peralatan dari mulai sumpit hingga piring dipisahkan sehingga terjaga kehalalannya.

Alamat:

  • Citywalk Sudirman
  • Citywalk GM
  • Central Park
  • Lippo Puri
  • Setiabudi One

9. Yoisho Ramen

Photo source: Instagram/yoishojakarta

Yoshio Ramen terletak di tengah Jakarta Selatan tetapi memiliki suasana yang asri dengan banyaknya tanaman yang mengelilingi. Tidak sepenuhnya berkonsep resto Jepang, Yoshio masih menjadi salah satu tempat terbaik untuk makan ramen paling enak di Jakarta. Mereka punya ramen a la Jepang, Korea Selatan, dan bahkan sedikit fusion dengan masakan Indonesia yaitu ramen dengan sambal roa. Selain ramen, mereka punya mocktail yang menyegarkan setelah makan ramen yang pedas.

Alamat: Jl. Gunawarman No.42, Kebayoran  Baru, Kota Jakarta Selatan

10. Nanami Ramen

Photo source: Instagram/nanamiramen

Nanami Ramen menawarkan ramen khas Jepang dengan harga yang terjangkau. Rasa ramen di sini sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia sehingga terasa lebih kalem di lidah. Kuahnya nggak terlalu kental dan kamu bisa memilih mau mi lurus khas Jepang atau mi keriting biasa. Topping-nya lebih banyak terbuat dari daging ayam sehingga dijamin halal untuk semua.  Selain di Cikini, kamu bisa menemukan Nanami Ramen di Mal Artha Gading.

Alamat: Jl. Cikini Raya No.75, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat

Ramen paling enak di Jakarta lebih mudah ditemukan di mal-mal besar. Namun begitu, harganya cukup beragam dari yang murah hingga yang premium. Khusus untuk kamu yang khawatir mengenai kehalalan makanan Jepang tersebut, jangan ragu untuk bertanya pada waiter tentang pilihan halal yang kamu punya, ya!

Related Articles

Connect with Nibble