Nibble'S Guide

10 Resto Ini Punya Rendang Terenak di Jakarta

by Danang Lukmana | August 09, 2021

10 Resto Ini Punya Rendang Terenak di Jakarta
Gak susah kok cari rendang terenak di Jakarta, karena banyak restoran yang khusus menyediakan menu satu ini. Ngomongin soal rendang sih sudah gak perlu diragukan lagi kelezatannya. Bahkan olahan daging khas Sumatera Barat ini pernah dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia. Tanpa tanggung-tanggung, chef Gordon Ramsay yang tersohor itu saja sampai mengunjungi langsung daerah Minangkabau untuk belajar langsung resep memasak rendang. Di Indonesia sendiri, rendang sudah lama populer berkat para orang-orang dari Sumatera Barat yang merantau ke berbagai daerah seluruh negeri. Mereka banyak membuka usaha rumah makan khas Minang di berbagai daerah yang membuat pamor rendang pun ikut terangkat. Bagi kalian yang tinggal di sekitaran Jakarta, sudah pasti sering deh melihat deretan rumah makan khas Padang di sini. Banyak yang tetap menyajikan resep kelezatan otentik masakan Minangkabau, termasuk rendangnya. Nah, berikut ini Nibble tampilkan deretan rumah makan atau restoran dengan rendang terenak di Jakarta, dirangkum dari berbagai sumber seperti Rappler dan Qraved.

1.      Restaurant Garuda

Restoran Garuda ini sudah sangat terkenal dan sangat legendaris karena sudah berdiri sejak 1976. Makanan yang dijualnya khusus spesifik makanan Minang dan Melayu, termasuk rendang di dalamnya. Rendangnya bercita-rasa otentik seperti yang dibuat oleh orang-orang aslinya di Sumatera sana.

source: @restorangaruda

Di Jakarta sendiri ada banyak cabang restoran Garuda yang bisa kalian kunjungi. Salah satunya adalah restoran Garuda Sabang di Jl. H. Agus Salim No.59, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

2.      Restoran Padang Pagi-Sore

Wah kalo soal rendang, Restoran Pagi Sore ini termasuk yang masih menjaga tradisi dan cita rasa asli Minang untuk olahan menu daging yang satu ini. Terlebih Pagi-Sore sudah berdiri sejak 1973 yang pastinya sudah terkenal akan kualitas dan cita rasa masakannya. Bumbu rendangnya pas meresap hingga dagingnya empuk dan juga berwarna cokelat gelap sesuai definisi rendang yang sebenarnya. Hal itu membuat rendang yang satu ini bisa bikin kalian ketagihan.

source: @pagisoreid

Ada banyak cabang Pagi-Sore di Jakarta, seperti di Cempaka Putih, Cipete, Tebet, dan Rawamangun. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa cek sendiri di instagram @pagisoreid dan website pagisore.id.

3.      Restoran Simpang Raya

Simpang Raya gak cuma dikenal dengan kelezatan menu ayam popnya saja, tapi tentunya juga punya rendang yang sangat enak. Usaha ini memang didirikan langsung oleh putra asli Bukittinggi, Sumatera Barat yang mengembangkan usaha rumah makan Minang di Pulau Jawa. Karena targetnya untuk masyarakat Jawa, rendangnya bercita rasa gurih lezat tapi kurang pedas dibanding yang otentik Minang.

source: simpangraya.co.id

Sudah ada banyak cabang restoran Simpang Raya di Jakarta bahkan kota besar Indonesia lainnya. Tapi kalau kalian mau mengunjungi pusatnya ada di Jl. Kramat Raya No. 71, Senen, Jakarta Pusat.

4.      Sari Bundo

Rumah Makan Sari Bundo sudah jadi tempat berkumpulnya orang dari berbagai komunitas dan budaya dengan tujuan menikmati hidangan cita rasa Minang yang otentik dan melegenda sejak 1967. Ini merupakan salah satu rumah makan Padang tertua di Jakarta, dan jadi favorit para Presiden RI. Tentu saja rendang di sini pun kualitasnya jempolan dan pasti sangat nikmat untuk disantap.

source: @saribundowijaya

Sudah ada beberapa cabang di Jakarta sendiri, seperti di daerah Petogogan, Mangga Dua Square, dan Bandara Soetta maupun Halim. Namun, pusatnya yang pertama kali berdiri ada di Jalan Ir. Juanda No. 27, Jakarta Pusat.

5.      Rumah Makan Padang SiMay

Rumah makan satu ini sudah mempunyai cabang di Palmerah Barat dan Palmerah Utara. Namun restoran pusatnya ada di Pasar Tanah Abang Blok F, tepatnya di dekat parkiran motor di lantai 4. Makanan di sini lebih bercita-rasa Padang Pariaman.

source: @rm_simay

Soal rendang, SiMay pernah memenangkan penghargaan Juara 1 Festival Masakan Khas Minang yang digelar UPTD Anjungan Sumbar TMII pada 25 Desember 2011. Resep rendang di rumah makan ini sudah turun temurun menggunakan bumbu asli. Selain bisa makan di tempat, kalian bisa order online khusus rendangnya.

6.      Rumah Makan Padang Surya, Benhil

Warna cokelat pekat dengan minyak berwarna oranye yang keluar bumbu jadi ciri khas rendang di RM Surya. Irisan daging sapinya besar-besar dan minim lemak, serta cukup empuk sehingga mudah dibelah. Kelezatan rendangnya pernah dicicipi oleh mendiang Anthony Bourdain dan food vlogger internasional Mark Wiens.

source: @perjalananbagus

Rumah makan Padang ini sudah berdiri sejak 1964. Alamatnya ada di Jl. Bendungan Hilir No.5, RT.10/RW.6, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat. Gak jauh dari Pasar Benhil.

7.      Restoran Padang Merdeka

Meskipun bisa dibilang baru jika dibandingkan banyak restoran khas Minang lainnya, tapi restoran Padang Merdeka ini punya makanan yang gak kalah lezatnya. Bumbu dan cita rasanya benar-benar dijaga kualitasnya serta diolah oleh juru masak profesional. Masakan rendangnya pun juga sangat enak dan empuk saat digigit.

source: @padangmerdeka

Selain masakannya yang enak, suasana yang dihadirkan restoran ini juga sangat nyaman, modern, dan Instagramable. Ada kurang lebih 10 cabang resto ini di seluruh Jakarta. Tapi kalian bisa mendatangi yang di alamat Jl. Lada No.1, Jakarta, tepatnya di kawasan Kota Tua gak jauh dari stasiun Jakarta Kota.

8.      Restoran Salero Jumbo

Restoran Salero Jumbo juga siap memanjakan kita dengan rendang terenak di Jakarta. Keempukan dagingnya gak akan membuat kamu kesulitan saat memotong dan menggigit daging rendang ini. Cita rasanya pun sangat kuat berbumbu khas Minang, meskipun penampilannya sederhana.

source: @salero.jumbo

Ruang dalam restoran juga cukup besar sehingga nyaman untuk bersantap bersama keluarga dan kolega. Berdiri sejak 2003, restoran ini terletak di Jl. Timor No.12, RT.9/RW.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

9.      Restoran Padang Marco

Kalau kalian cari restoran Padang di dalam mall, coba saja ke restoran Padang Marco dari Chef Marco Lim. Restoran ini memang bukan yang otentik masakan Minang, melainkan sudah dipadu dengan gaya Cina-Peranakan dan gaya modern. Tapi rendang itamnya cukup enak dan terkenal se-Jakarta. Bahkan bumbu khas rendangnya pun sering dipadu dengan beragam masakan lainnya.

source: @marcopadang

Kalian bisa menemukan restoran ini di alamat Mall Pacific Place, Jl. Jend. Sudirman No.52-53, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

10. Restoran Padang Sari Indah

Sari Indah memang lebih terkenal akan menu ayam bakarnya, tapi layaknya restoran khas Padang, rendangnya pun sangat mantap. Tekstur daging nya yang pas di lidah, diselimuti dengan bumbu lezat berwarna cokelat pekat yang makin bikin nafsu makan. Apalagi kalau dilengkapi sambal lado mudo, nasi panas, dan lalapan daun singkongnya.

source: @sariindahbintaro

Kalian bisa mengunjungi restoran ini di alamat Jl. Wolter Monginsidi No. 7, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.