Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Instagram @whatieatwhatipost

10 Sop Kambing Enak di Jakarta Ini Legend Banget

September 14, 20215 min readFood

Ada banyak pilihan tempat makan sop kambing enak di Jakarta yang bisa kamu kunjungi. Dalam menu ini kamu bisa mendapatkan seluruh potongan dari kambing. Mulai dari daging, kaki, jeroan, hingga organ yang ada di kepala seperti mata dan otak. Sebagai pendongkrak cita-rasa, tentunya diberikan kuah yang gurih perpaduan rempah dan santan dan susu.

Nah, berikut ini rekomendasi tempat berburu sop kambing enak di Jakarta yang harus kamu cobain. Simak ya!

1.      Sop Kaki Kambing Bang Karim

Dengan kuah susu yang creamy, menjadikan Sop Kaki Kambing Bang Karim sebagai tempat makan sop kambing paling enak se-Tanah Abang. Kenikmatannya didapat dari resep turun-temurun warisan orang tua dari Bang Karim sendiri. Selain empuk, daging kambingnya pun bebas bau prengus yang mengganggu. Kamu yang kurang suka daging kambing juga bakalan doyan makan di sini.

Source: @kul.huntz

Alamat:  Jl. KH Mas Mansyur No. 17, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

2.      Sop & Sate Kambing Estu Rame

Berikutnya, pilihan sop kambing yang the best di Jakarta, ada di wilayah Tebet Barat namanya Sop & Sate Kambing Estu Rame. Ciri khas dari sop kambing ini adalah potongan daging dan jeroan yang berukuran cukup besar dibanding warung sop kambing lainnya. Kuahnya yang putih berpadu dengan minyak samin, menjadikannya sangat gurih creamy untuk dinikmati. Di sini juga tersedia sate daging kambing hingga pilihan menu torpedo buat yang menyukainya.

Source: @awijaya88

Alamat: Jl. Tebet Barat Dalam Raya No. 118, Tebet, Jakarta Selatan.

3.      Sop Kaki Kambing Dudung Roxy

Bagi pencinta kuliner sop kaki kambing, nama Dudung Roxy pastinya gak asing lagi dan sangat ikonik. Meskipun namanya mengandung kata “Roxy”, tapi cabangnya sudah ada di mana-mana. Bahkan di food court dalam pusat perbelanjaan dan mall terkenal. Salah satu alasan yang membuatnya bertahan adalah penggunaan resep turun menurun dan masih dipertahankan sejak 1976. Kuah susu full cream semakin nikmat berpadu dengan minyak samin, daun bawang, tomat, bawang goreng, dan emping.

Source: @rachelsnomnom

Alamat: Jl. Biak No.44 A-B, RT.8/RW.11, Cideng, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.

4.      Tiga Saudara Sop Kambing

Sama seperti Dudung Roxy, nama Tiga Saudara juga terkenal karena mempunyai beberapa cabang di Jakarta. Yang membuat tempat makan ini terkenal karena kuah sop kambingnya punya rasa yang sangat khas. Konon rasa khasnya tersebut karena kuahnya terbuat dari campuran susu dan santan sekaligus.

Source: @hungrypedia.co

Alamat: Jl. Moch. Kahfi II No.80, RT.2/RW.5, Cipedak, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan.

5.      Sop Kaki Kambing Bang Anen

Jika kamu lagi berada di daerah Fatmawati Jakarta Selatan, berkunjunglah ke warung Bang Anen yang punya sop kambing legendaris itu. Potongan dagingnya cukup besar-besar dan empuk untuk kamu kunyah. Dagingnya juga nggak berbau prengus, sehingga harum aroma bumbunya pun bisa meresap. Bahkan konon kabarnya, Presiden SBY juga dulu berlangganan sop kambing di sini lho!

Source: @ayamaumakan

Alamat: Jl. RS. Fatmawati Raya No.12, RW.5, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

6.      Sop Kaki Kambing Irwan

Kulineran sekitaran Blok M, tepatnya di Jalan Barito dekat Taman Ayodya, terdapat tempat makan Sop Kaki Kambing Irwan yang layak dikunjungi. Berbentuk warung tenda sederhana di samping Soto Betawi H. Agus, menu sop kambing Bang Irwan punya rasa yang menggugah selera. Potongan daging yang empuk berpatu dengan sum-sum tulang kaki kambing jadi menu yang wajib kamu coba kalau mampir kemari.

Source: @sopkambingirwan

Alamat: Jl. Barito II, RT.2/RW.1, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

7.      Sop Kaki Kambing Ampera 18

Meskipun gak punya plang nama yang besar, Sop Kaki Kambing Amper 18 ini gak pernah sepi pengunjung. Penggemar daging kambing benar-benar dipuaskan kalau berkunjung ke sini. Dari mulai sop kaki kambing, sate, tongseng, hingga nasi goreng kambing lengkap tersedia. Isian sopnya juga lengkap dari mulai daging, kaki, otak, dan aneka jeroan lainnya.

Source: @timki

Alamat: Jl. Ampera Raya No. 6, Cilandak, Jakarta Selatan.

8.      Sop Kambing Pak Kumis “1001”

Di daerah Mangga Besar, ada tempat makan sop kambing yang melegenda sejak 1980 an, namanya Sop Kambing Pak Kumis “1001”. Isiannya cukup lengkap dari mulai kaki, isi kepala, jeroan, hingga daging. Kuahnya creamy namun gak begitu medok, sehingga cukup nyaman untuk pemula yang baru makan sop kambing.

Source: @agirlwithope

Alamat: Jl. Mangga Besar VIII No. 8, Mangga Besar, Jakarta Barat.

9.      Sop Kambing Sudi Mampir

Ada banyak pilihan penjual sop kambing di Jalan Biak dekat Gambir. Salah satu tempat makan sop kambing yang enak dan wajib dikunjungi adalah Sudi Mampir. Meskipun warung tenda, racikannya sudah melegenda sejak 1969 lho. Kuah creamy susu berpadu dengan minyak samin juga jelas menjadi andalan sekaligus alasan kenapa sop kambing di sini selalu diburu pelanggan.

Source: @jktfoodbang

Alamat: Jl. Biak No.50, RT.6/RW.11, Cideng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

10.   Sate dan Sop Kambing Haji Mansyur

Salah satu kedai yang menyajikan aneka hidangan kambing yang cukup melegenda adalah Sate & Sop Kambing H. Mansur. Di sini memang spesialisasinya di sate kambingnya yang empuk dan lezat. Akan tetapi sop kambing mereka juga wajib banget dicoba. Sop kambingnya gak menggunakan kuah santan atau susu, tapi kuah bening yang full rempah. Daging kambingnya lembut, gak berbau dan bisa kamu pilih sesuai selera.

Source: @jeanyandromeda

Alamat: Jl. Abdullah Syafei No.13, RT.12/RW.9, Bukit Duri, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan.

Itu dia pilihan tempat berburu sop kambing enak di Jakarta. Meskipun sangat gurih dan nikmat, tapi seporsi sop kambing memang full akan lemak serta kolesterol. Tapi sesekali mencicipinya gak terlalu bermasalah, anggap saja sebagai guilty pleasure.

Related Articles

Connect with Nibble