Tips & Tricks

Teknik Menikmati Kopi Americano Biar Gak Pahit

by Danang Lukmana | June 25, 2021

Teknik Menikmati Kopi Americano Biar Gak Pahit
Americano merupakan kopi espresso yang ditambah air panas. Namanya diambil dari kebiasaan orang Amerika saat minum espresso. Konon, penyebutan tersebut merupakan ejekan orang Italia kepada orang-orang Amerika yang gak suka espresso pahit sehingga dibuat lebih encer. Akan tetapi, bagi para pemula yang baru gemar minum kopi, rasa kopi Americano tetap saja pahit. Sebetulnya pilihan kopi Americano ini merupakan yang paling cocok buat kalian yang gak terlalu kuat minum kopi pekat dan pahit seperti espresso. Kalian bisa kok meraciknya dengan berbagai variasi teknik menikmati kopi Americano agar makin nikmat.

Perbedaan Americano dengan Kopi Hitam Lain

teknik menikmati kopi americano

source: pexels

Sebelum bahas lebih jauh soal teknik menikmati kopi Americano, cari tahu dulu yuk asal muasalnya. Ketika Perang Dunia II, tentara Amerika yang tugas perang di Eropa, gak sanggup menelan kopi pekat ala orang dari benua Biru tersebut. Sehingga para tentara tersebut menambahkan air panas supaya lebih encer. Jadi pada dasarnya, tetap harus membutuhkan espresso terlebih dahulu. Baru kemudian dituangkan air panas ke dalamnya. Penambahan air yang lebih banyak dimaksudkan supaya rasa kopi lebih soft untuk dinikmati dan kadar kafeinnya juga nggak terlalu tinggi. Penambahan air panas ini juga sepintas mirip dengan kopi long black yang populer di Australia dan Selandia Baru. Akan tetapi, jika kopi americano dibuat dengan menyiapkan kopi espresso terlebih dulu, baru kemudian ditambah air. Kopi long black dibuat sebaliknya, dengan cara menuang air terlebih dulu baru kemudian kopi espresso dimasukkan. Kopi americano memiliki tampilan yang lebih bersih karena nyaris gak meninggalkan crema alias buih pada kopi. Berbeda dengan kopi long black yang masih menyisakan buih pada bagian permukaan cangkir.

Teknik Menikmati Kopi Americano

Bagi pnecinta kopi pemula, americano ini masih bisa dibilang tergolong pahit. Namun, ada cara kok untuk menikmati kopi ini supaya lebih nikmat. Berikut caranya yang sudah dirangkum dari cafebrick dan bp-guide;

1.      Teknik Filter

source: istockphoto

Teknik menikmati kopi americano yang pertama dengan menyaringnya menggunakan filter. Cara ini adalah yang paling sederhana untuk diterapkan serta sangat efisien. Kalian gak butuh waktu banyak dan membunuh agenda lain kalian. Cukup tuangkan bubuk kopi di atas kertas saring pada corong bejana kopi. Siram menggunakan air panas di atasnya. Lalu rendam kopi dengan air panas sambil memanaskan bejananya. Setelah tersaring, kopi americano siap dihidangkan.

2.      Menggunakan Alat French Press

source: istockphoto

Metode lainnya dalam menyajikan kopi americano adalah dengan menggunakan alat bernama french press. Kalian cukup menuangkan bubuk kopi ke dalam alat french press tersebut dan kemudian disusul dengan memberi air panas. Saat memberikan air panas dari teko, posisikan teko lebih tinggi dari alat press tersebut ya. Dengan begitu gelembung kopi yang timbul menjadi lebih banyak dan aromanya jadi lebih harum. Aduk-aduk perlahan lalu diamkan kopi sekitar 4 menit. Setelah itu tekan bagian tutup french press secara perlahan, dan kopi tersebut siap untuk dituang ke dalam cangkir. Cara ini diyakini bisa bikin rasa kopi jadi lebih oily dan kuat. Banyak kok coffee shop yang menggunakan teknik ini supaya rasa kopinya menjadi lebih nendang.

3.      Metode ala Kopi Turki

source: istockphoto

Orang Turki sudah mengenal teknik pembuatan kopi sejak abad ke-15 silam. Penyeduhan kopi ala Turki ini juga sering disebut sebagai teknik Arab. Dengan memakai metode ini, cita rasa kopi lebih pekat dan kuat. Biji kopi terlebih dahulu harus digiling dengan cara manual. Kemudian bubuk kopi dimasukkan ke dalam bejana dan ditambah gula dan air. Setelah selesai diaduk dan didiamkan, maka kopi siap disajikan.

4.      Memakai Mesin Espresso

source: istockphoto

Jika kopi ala Turki sebelumnya merupakan metode yang bisa dibilang sangat tradisional, maka berbeda dengan teknik satu ini. Teknik espresso harus memakai peralatan modern berteknologi tinggi serta prosesnya lebih praktis. Membuat kopi americano menggunakan mesin espresso bisa dibilang butuh ketrampilan. Biji kopi harus digiling dengan mesin ini terlebih dahulu. Kalian bisa mengatur tekstur bubuk kopi sesuai yang kalian inginkan. Tapi teknik ini sangat butuh jam terbang tinggi supaya bisa menghasilkan kopi yang enak. Alatnya pun gak murah untuk dibeli sebagai peralatan di rumah, dan umumnya berada di coffee shop. Nah Nibblers, itu tadi di antara teknik menikmati kopi americano yang bisa kalian coba terapkan. Meminum kopi dalam takaran yang pas tentu memiliki manfaat bagi tubuh. Cara menyajikan kopi dengan perbedaan teknik dan campuran akan menghasilkan cita rasa dan aroma yang berbeda.