Foodies Guide To F&B Industry

Photo by NFK

Tren Saus Mentai yang Merajalela di Instagram

February 3, 20205 min readFoodie Trends

Sadar nggak kalau belakangan ini tren saus mentai lagi populer banget di mana-mana? Makanan khas Jepang ini tampaknya sangat dicintai oleh foodies. Terbukti dari begitu merajalelanya makanan dengan saus mentai di media sosial. Tak hanya dihadirkan oleh restoran Jepang terkemuka, tren saus mentai bisa mencapai titik viral ini justru karena banyak dikreasikan oleh para pelaku bisnis makanan online.

Tapi lucunya, masih banyak orang yang salah kaprah dengan asal usul saus mentai lho. Biar nggak salah lagi, yuk simak cerita di balik tren saus mentai berikut ini.

Bahan Dasarnya Telur Ikan Kod

Masih banyak yang mengasosiasikan saus mentai dengan menu salmon yang disiram dengan saus mayonaise yang bagian atasnya di-torch. Padahal makanan tersebut hanyalah salah satu dari ragam olahan saus mentai.

Mentai sendiri sebenarnya merujuk pada mentaiko dalam bahasa Jepang. Ini merupakan telur ikan kod yang dimarinasi dengan beragam bumbu untuk menciptakan profil rasa yang berbeda. Sedangkan, telur ikan kod asli yang masih utuh dan mentah, dikenal dengan sebutan tarako.

Bentuk telur ikan kod itu berbeda lho dengan telur ikan yang biasanya kita temui, seperti tobiko alias telur ikan terbang atau telur ikan salmon. Telur ikan kod berwarna netral atau nude dengan gradasi pink. Ukurannya sangat kecil, tapi seluruh telur menyatu dan diselimuti dengan membran tipis.

Nah, mentaiko ini kemudian dapat diolah menjadi beragam makanan. Ada yang menggunakannya sebagai filling onigiri, topping untuk spaghetti, donburi, garnish sushi, dan yang paling terkenal adalah saus mentaiko alias saus mentai.

Saus Mentai Indonesia Beda dengan yang di Jepang

Awal terciptanya saus mentai sendiri terinspirasi dari gaya makanan Western di mana mentaiko dikombinasikan dengan mayonnaise sehingga menghasilkan tekstur yang kental. Karakter rasanya cukup creamy, namun ada rasa umami yang tidak lain berasal dari telur ikan kod alias mentaiko itu sendiri.

Jika ditelusuri lebih lanjut, rasa saus mentai asli Jepang terasa lebih bland karena minim bumbu dan hanya memanfaatkan mayonnaise saja. Berbeda dengan di Indonesia, banyak penjual saus mentai yang memodifikasi rasa dengan beragam bumbu sehingga rasa saus mentai lebih mudah diterima oleh lidah masyarakat kita.

Lucunya lagi, banyak pula penjual saus mentai yang menggunakan tobiko sebagai bahan utamanya karena budidaya ikan kod cukup sulit ditemukan di Indonesia. Cita rasanya sedikit berbeda, tapi tetap enak dan gurih.

Viral di Media Sosial berkat ‘By Anind’

Kalau kalian bertanya-tanya kenapa bisa akhirnya tren saus mentai merajalela di Instagram, ini ternyata dipelopori oleh usaha kuliner online ‘By Anind’. Brand ini melambung berkat kreasi salmon kani mentai yang laris manis sejak tahun 2017.

Tak hanya menu tersebut, ‘By Anind’ juga berinovasi membuat shirataki mentai pertama di Indonesia. Dengan harga yang cukup terjangkau, salmon kani mentai dijual seharga Rp47.000, semakin banyak pula foodies yang penasaran untuk mencicipinya.

Tidak disangka-sangka, menu tersebut kemudian viral. Kemungkinan besar karena masih belum ada brand lokal lain yang menjual hidangan tersebut. Selain itu, penampilan menu saus mentai yang menggugah selera juga jadi salah satu faktor utama di balik viralnya tren saus mentai. Hasilnya, 99% penjualan menu mentai oleh ‘By Anind’ dilakukan secara online, sehingga ia mendapatkan gelar sebagai Juara Partner Go Food 2019.

Inilah yang kemudian menstimulasi pelaku kuliner online lainnya untuk mencoba menjual produk serupa dengan inovasi yang makin menjadi-jadi. Tak heran jika tren saus mentai naik daun dan hits di mana-mana.

Ragam Makanan dari Saus Mentai

Kegurihan saus mentai seakan dapat menyulap semua makanan menjadi terasa lezat. Keunikan rasa ini kemudian dimanfaatkan oleh pelaku bisnis kuliner untuk menciptakan menu-menu baru yang mengkombinasikan saus mentai. Mau tau ada menu apa saja yang lahir dari hitsnya tren saus mentai?

1. Salmon Kani Mentai Rice

Photo source: @megaagniya

Makanan yang menjadi menu jagoan dari beberapa restoran Jepang ternama ini terdiri dari nasi, salmon, dan topping saus mentai yang di-torch. Aromanya yang smoky akan membuat kalian mendadak lapar. Apalagi saat disantap, kombinasi antara gurihnya salmon, dan creamynya saus mentai seakan menyatu di mulut.

2. Mentai Shirataki

Photo source: @bubueataway

Menu yang satu ini merupakan menu ciptaannya ‘By Anind’. Ada cerita di balik terciptanya menu ini. Sang pemilik merasa kombinasi antara nasi dan saus mentai terlalu ‘berat’ karena masing-masing mengandung kalori tinggi. Sehingga muncullah ide mencampurkan saus mentai dengan shirataki.

Nama shirataki sendiri sudah cukup melejit di antara pelaku diet keto karena dianggap lebih sehat dan rendah karbohidrat, serta kalori. Maka tak heran kalau menu ini banyak peminatnya karena kita tak akan merasa guilty saat menyantapnya. Kalian bisa menyimak penjelasan tentang shirataki di sini.

3. Dimsum Mentai

Photo source: @cnlulaby

Saus mentai juga diolah sebagai topping dimsum kekinian. Biasanya saus mentai digunakan sebagai topping shumai. Rasanya tidak mengecewakan karena shumai makin terasa lebih enak dan penampilannya pun juga makin berwarna.

4. French Fries Mentai

Photo source: @sosurice

Tak puas sampai di situ, pemilik usaha kuliner pun berinovasi memanfaatkan tren saus mentai sebagai topping atau dipping sauce french fries. Rasa umaminya tentu membuat french fries makin nendang dan banyak dicari.

Seru juga ya ternyata perjalanan menelusuri tren saus mentai di Jakarta? Jadi menu saus mentai mana nih yang ingin sekali kamu cobain?

Related Articles

Connect with Nibble