Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Instagram @riobudi.m

Rekomendasi Breakfast Enak Selama Work From Bali

July 1, 20214 min readFoodie Trends

Nibblers, kalian sudah tahu belum nih per Juli 2021 ini pemerintah meluncurkan program Work from Bali (WFB)? Dilansir dari Kompas, kebijakan tersebut diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, yaitu untuk mengajak beberapa sektor bekerja dari pulau Dewata. Pihak yang diajak WFB umumnya berasal dari sektor kementerian negara, BUMN, dan perusahaan rintisan atau startup. Kantor kalian ikut program ini juga nggak nih?

Meski banyak pro kontra soal kebijakan ini, pemerintah mengatakan kalau Work from Bali bisa jadi upaya menghidupkan kembali sektor pariwisata yang mati suri selama pandemi. Misalnya dengan membeli di warung makanan khas lokal.

Kalian yang berencana ikut Work from Bali atau memang ingin kulineran di sana, nih Nibble kasih pilihan sarapan di warung makan khas lokal. Banyak kok warung makan setempat dan cita rasanya jauh lebih otentik khas Bali banget.

Berikut pilihan warung makan khas lokal untuk sarapan pagi di Bali;

1.      Warung Nasi Ayam Bu Oki

work from bali dengan nasi bu oki

source: @laskarkuliner

Tempat sarapan lokal yang bercita-rasa otentik khas Bali pertama adalah Warung Nasi Ayam Bu Oki. Gausah diragukan deh, tempat makan ini sudah sangat terkenal baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bermula dari pedagang kaki lima, sekarang warungnya jadi salah satu yang terfavorit se-antero Pulau Dewata. Sejak awal, Bu Oki memang sudah menggunakan bumbu khas Bali sebagai cita rasa masakannya.

Dalam satu porsinya, kalian akan disajikan nasi putih dengan lauk-pauk seperti daging ayam betutu, potongan telur rebus, urap kacang panjang, sate lilit, kacang tanah, dan sambal matah. Harga satu porsinya mulai dari Rp35.000 saja.

Lokasi Warung Nasi Ayam Bu Oki ada di Jalan Siligata No.27, Nusa Dua Selatan serta buka mulai jam 08.00 sampai 21.00 WITA. Namun, kalau kalian mau lebih pagi ada juga cabang lainnya yang buka jam 7, yakni di Jalan Celagi Basur, Jimbaran.

2.      Nasi Bali Men Weti

nasi men weti untuk work from bali

source: @infodenpasar

Kalau kalian berkunjung ke daerah Sanur, jangan sampai lewatkan untuk sarapan di Warung Nasi Bali Men Weti. Lokasi tepatnya berada di Jalan Segara Ayu, Sanur. Warungnya sih nggak terlalu besar, tapi pengunjungnya banyak banget sampai antri. Buka mulai jam 07.30 WITA, tapi umumnya pengunjung sudah berdatangan pukul 07.00.

Konon warung nasi ini sudah berdiri sejak 1970 lho. Dan yang dijual adalah nasi campur khas Bali dengan isian ayam sisit alias ayam suwir, sayur urap Bali, kulit ayam garing, dan sate lilit. Ciri khas lainnya ada pada sambal yang merah merona serta bikin nafsu makan jadi bertambah. Harga per porsinya cuma Rp25.000 saja kok.

3.      Warung Nasi Ayam Kedewatan Bu Mangku

source: @arvin_sudarma

Nasi ayam Ibu Mangku ini merupakan salah satu pelopor nasi campur ayam khas Bali lho, karena sudah berjualan sejak 1964. Menu masakannya juga selalu pakai bumbu khas Bali yang hampir selalu ada kelapa dan kencurnya. Dalam seporsi biasanya berisi ayam sisit/suwir, ayam goreng kering, kacang goreng, urap sayur, telur pindang, sate lilit, ditambah sambal dan juga kulit ayam goreng yang garing dan menambah selera.

Lokasi utamanya berada di Jl. Raya Kedewatan No. 18 Ubud, Kabupaten Gianyar. Jam bukanya mulai pukul 08:30 hingga 19:00 WITA. Ada cabang lainnya juga kok di Jl. Tukad Badung No. 11, Renon, Denpasar.

4.      Warung Bu Mi Canggu

source: @koranbali

Mau cari konsep “warteg” ala Bali untuk sarapan? Berkunjung saja ke Warung Bu Mi di Jalan Pantai Batu Bolong No.52, Canggu, Kuta Utara. Warung ini menyajikan menu makanan khas Indonesia dengan cita rasa Bali dan harga terjangkau untuk daerah wisata. Mulai dari 30ribuan kalian bisa menikmati seporsi nasi dengan lauk-pauk.

Penyajiannya mirip warteg, dengan aneka lauk-pauk yang dideretkan dalam etalase kaca. Kalian tinggal pilih sendiri lauk yang ingin kalian makan. Dan untuk pilihan nasi, di warung ini ada 3 pilihan yakni nasi putih, nasi kuning, dan nasi merah. Jam bukanya mulai pukul 08.00 sampai 22.00 WITA.

5.      Warung Indonesia, Kuta

source: @mydarlinglemonthyme

Rekomendasi warung sarapan yang ke lima adalah Warung Indonesia yang menyajikan aneka makanan dengan harga bersahabat. Lokasi tepatnya berada di Jalan Popies II Gg Ronta, Kuta. Harga yang dibanderol mulai dari Rp25.000 dan menyesuaikan pilihan lauk.

Pilihan makanannya nggak cuma menu khas Bali saja, namun lengkap juga dengan variasi lauk-pauk Indonesia. Kalian bisa memilih nasi goreng, gado-gado, soto ayam, dan lain sebagainya. Jam bukanya panjang kok dari pukul 08.00 sampai 24.00 WITA.

Nah, itu tadi rekomendasi lokasi sarapan yang khas lokal jika kalian berwisata atau bekerja mengikuti program Work from Bali. Yuk, tetap hidupkan kuliner-kuliner lokal supaya mereka tetap eksis dan mempertahankan rasa otentiknya ya.

Jangan lupa juga tetap patuhi protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19 terus menyebar. Stay safe, happy and healthy!

Connect with Nibble