Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Rendi Widodo

11 Restoran Legendaris di Jakarta yang Masih Eksis

January 28, 20207 min readFoodie Trends

Naik daunnya scene kuliner di Jakarta membuat banyak restoran baru buka di mana-mana dan menawarkan konsep serta suasana yang fresh. Perlahan-lahan banyak restoran lama yang gulung tikar karena tidak mampu bersaing dengan keunikan restoran yang baru buka. Tapi jangan salah, ada juga restoran legendaris yang umurnya sudah puluhan tahun tetap bertahan sampai sekarang. Bahkan kepopuleran restoran legendaris ini makin menjadi-jadi karena sesuatu yang ‘old’ itu ibaratnya ‘gold’ di mata anak muda saat ini.

Mau tau restoran legendaris di Jakarta apa saja yang masih eksis dan kepopulerannya nggak lekang oleh waktu?

1. Restoran Trio

restoran legendaris di jakarta

Photo source: @filipusverdi

Kalau dilihat dari penampilan luarnya, tak ada yang istimewa dari Restoran Trio. Restoran legendaris di Jakarta ini tampil dengan warna dominan hijau di bagian luarnya. Saat masuk ke dalamnya, kalian akan disambut dengan nuansa jadul yang apa adanya. Tapi jangan pernah remehkan sedapnya makanan buatan Restoran Trio yang sudah ada sejak tahun 1947 ini. Kalau ditotal, ada lebih dari 200 menu yang disediakan di sini lho. Bistik Sapi Haas Komplit, Kodok Batu Goreng Mentega, dan Lumpia Udang khas Trio harus menjadi menu wajib pesan saat kalian bertandang ke sini.

Lokasi: Jl. R.P. Soeroso, Cikini, Jakarta.

2. Bakmi Gang Kelinci - Pasar baru

restoran legendaris di jakarta

Photo source: @goddard.ben

Sudah ada sejak tahun 1957, Bakmi Gang Kelinci bisa dikatakan adalah cikal bakal bakmi ayam khas Chinese di Jakarta. Saat ini Bakmi Gang Kelinci dikelola oleh generasi kedua. Tapi ajaibnya, rasanya tetap konsisten enaknya. Saat mampir di restoran legendaris di Jakarta ini, ada banyak sekali pilihan bakmi yang menggiurkan. Salah satu yang recommended adalah Bakmi Spesial AK. Menu ini akan memanjakan lidah kalian dengan topping jamur, daging sapi, dan ayam. Tekstur mienya lembut, rasa kuahnya pun gurih dan bikin nagih.

Lokasi: Jl. Gang Kelinci Raya No. 1-3, Pasar Baru, Jakarta.

3. Kopi Es Tak Kie

Photo source: @separuhakulemak

Jauh sebelum es kopi susu kekinian merebak di seantero Jakarta, Kopi Es Tak Kie sudah menghipnotis ibukota dengan kopi susunya yang khas sejak tahun 1927. Keauntetikan rasa kopi di restoran legendaris di Jakarta ini selalu sama sejak pertama kali mereka berdiri. Meski kopinya sangat sederhana, rasanya selalu bikin kangen. Sambil ngopi, kalian juga bisa mencicipi mie ayam pangsit dan nasi tim ayam yang menjadi menu andalan restoran ini. Simak yuk Cerita Kopi Es Tak Kie di Tangan 3 Generasi lebih lanjut.

Lokasi: Jl. Pintu Besar Selatan 3 No. 4-6, Kota, Jakarta.

4. Ragusa Italian Ice Cream

Panasnya Jakarta itu paling cocok diademin sama es krim. Kalau kalian sedang jenuh dengan es krim atau gelato kekinian, kalian bisa nostalgia sejenak menikmati Spaghetti Ice Cream buatan Ragusa Italian Ice Cream. Semua ice cream di restoran legendaris di Jakarta ini dibuat secara homemade. Awalnya, pemilik toko es krim ini adalah orang Italia yang akhirnya dihibahkan ke warga Pribumi di tahun 1972. Rasa ice creamnya klasik banget dan teksturnya beda dari ice cream kebanyakan karena terasa lembut di lidah. Kalau mau tau lebih jauh lagi tentang kelegendarisan Ragusa Italian Ice Cream, simak yuk artikel wawancara kami bersama sang pemilik: Es Krim Ragusa yang Dibangun dari Kebaikan.

Lokasi: Jl. Veteran I No. 10, Gambir, Jakarta.

5. Bubur Ayam Cikini H.R. Suleman

Photo source: @mamak_doyan_makan

Tak hanya warga Cikini saja yang tahu kelezatan Bubur Ayam Cikini H.R. Suleman. Bagi penggemar makanan legendaris, makanan yang kerap jadi menu sarapan ini pasti juga sangat familiar. Kedai bubur ini sudah buka sejak tahun 1980-an dan sekarang pengelolaannya dipegang oleh generasi ke-empat. Menurut kami, Bubur Telur di sini yang paling enak. Menu bubur yang porsinya cukup jumbo dihidangkan bersama suwiran ayam, potongan cakwe, emping, dan telur ayam kampung. Kalian bisa meracik rasa buburnya sendiri dengan kecap manis, kecap asin, dan lada yang selalu tersedia di meja agar pas dengan selera kalian.

Lokasi: Jl. Cikini Raya, Cikini, Jakarta.

6. Kikugawa Restaurant

restoran legendaris di jakarta

Photo source: @audreymulyana

Restoran Jepang di Jakarta saat ini sudah tak terhitung jumlahnya. Tapi, kalian pernah nggak penasaran dengan restoran Jepang pertama yang hadir di Jakarta? Namanya Kikugawa, lokasinya di daerah Cikini, dan restoran legendaris di Jakarta ini sudah berdiri sejak tahun 1969. Kalian bisa mencicipi beragam makanan autentik Jepang di sini. Yakitori menjadi salah satu menu yang paling diincar oleh foodies karena daging ayam yang digunakan sangat empuk dan menyatu dengan bumbu.

Lokasi: Jl. Cikini 4 No. 13, Cikini, Jakarta.

7. Gandy Steak House

Photo source: @chubbytraveller

Restoran legendaris di Jakarta ini sempat menjadi destinasi wajib untuk kencan mewah pada zamannya. Sudah ada sejak tahun 1973, Gandy Steak House berhasil mempertahankan cita rasa klasik dari semua steak yang mereka hidangkan. Complimentary bread yang selalu disediakan sebelum steak disajikan tak disangka menjadi makanan yang paling ditunggu-tunggu oleh para pelanggannya.

Kalau bicara tentang steak di restoran legendaris di Jakarta ini, ada begitu banyak pilihan yang menarik. Namun, jika kalian sedang tidak mood makan daging merah, Grilled Norwegian Salmon di sini juga tak kalah enak untuk dicoba. Potongan salmon dalam menu ini dimarinasi dengan sangat baik dan disajikan bersama sauteed vegetables dan creamy mashed potato.

Lokasi: Jl. HOS Cokroaminoto No. 90, Menteng, Jakarta.

8. Kwetiaw Sapi 78 Mangga Besar

Photo source: @cnlulaby

Menelusuri jejak kuliner di Mangga Besar tak akan lengkap tanpa bertandang ke Kwetiaw Sapi 78. Dikenal dari tahun 1973, rasa kwetiau di restoran legendaris di Jakarta ini tidak pernah mengecewakan sekalipun. Kwetiau siram, kwetiau goreng, dan kwetiau bun selalu disajikan dengan rasa yang terbaik, lengkap dengan topping yang melimpah. Kualitasnya worth it dengan harga yang dibanderol, yaitu sekitar Rp55.000 per porsi.

Lokasi: Jl. Mangga Besar Raya No. 78 D, Mangga Besar, Jakarta.

9. Warteg Warmo

Photo source: @ericekos

Tak hanya restoran Chinese atau Jepang saja yang tak lekang oleh waktu. Kalau jalan-jalan ke Tebet, kalian bisa menemukan Warteg Warmo yang buka sejak tahun 1970. Warteg ini istimewa banget karena buka 24 jam. Banyak juga artis dan tokoh penting yang sering terlihat makan di sini lho.

Menu yang ditawarkan tak jauh dari warteg pada umumnya, hanya saja jumlahnya memang terbilang cukup banyak. Daripada bingung memilihnya, kami menyarankan kalian untuk coba sambal ati ampela, sate udang, telur balado, dan semur jengkolnya.

Lokasi: Jl. Tebet Timur Raya No. 1D, Tebet, Jakarta.

10. Nasi Uduk Ayam Goreng Zainal Fanani

restoran legendaris di jakarta

Photo source: @makansamakoko

Semua orang jakarta pasti tidak asing dengan nasi Uduk Kebon Kacang. Namun, jika kalian mengunjungi daerah ini langsung, kalian mungkin bingung karena ada beberapa warung nasi uduk yang tersedia. Meski begitu, rumor menyatakan kalau Nasi Uduk Ayam Goreng Zainal Fanani merupakan nasi uduk Kebon kacang yang ‘asli’.

Konon, pelopor nasi uduk ini sudah mulai berjualan sejak tahun 1867. Saat masuk ke dalamnya, kalian akan disambut dengan tumpukan nasi uduk dengan balutan daun pisang yang dijual seharga Rp3.000 per porsi. Kalian mungkin akan butuh lebih dari satu bungkus nasi untuk mengenyangkan perut. Sebagai teman pendamping nasi uduk, kalian bisa memilih aneka lauk, seperti ayam goreng, empal, tahu, dan tempe goreng. Rasanya sederhana, tapi melegenda.

Lokasi: Jl. Kebon Kacang 8 No. 5, Tanah Abang, Jakarta.

11. Gado-Gado Bonbin

Photo source: @nina_epicure

Lamanya restoran berdiri memang tidak pernah bisa membohongi kualitas rasa makanan yang ditawarkan. Ini terbukti di Gado-Gado Bonbin Cikini yang umurnya sudah 60 tahun. Rasa gado-gado di sini sangat enak. Setiap porsi gado-gado terdapat sayuran segar, potongan lontong, kangkung rebus, toge, kacang panjang, kentang rebus, tahu goreng, telor rebus, emping goreng dan kerupuk udang. Tidak lupa, di atasnya diberi siraman saus kacang bertekstur kental yang rasanya gurih abis. Harganya terbilang cukup mahal, sekitar Rp33.000, tapi rasanya sangat legend.

Lokasi: Jl. Cikini 4 No. 5, Cikini, Jakarta.

Jadi, dari 11 restoran legendaris di Jakarta yang kami bahas di atas, sudah berapa restoran nih yang kalian kunjungi?

Related Articles

Connect with Nibble