Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

12 Makanan Pencegah Flu yang Harus Kalian Ketahui

March 5, 20205 min readHealthy Foodie

Flu merupakan penyakit sepanjang tahun yang rentan menyerang tubuh kita. Faktor pemicunya sangat beragam, mulai dari perubahan cuaca drastis, tertular orang di sekitar kita, dan risikonya makin besar saat imunitas tubuh kita sedang tidak prima.

Selama ini mungkin kita sering meremehkan penyakit flu, namun dengan mewabahnya virus corona, di mana gejala flu juga tampak sama seperti gejala klinis virus corona, banyak yang makin waspada dan berusaha menjaga diri agar tetap sehat.

Seperti yang sudah digembor-gemborkan oleh banyak pihak, salah satu cara untuk mencegah flu dan juga penyakit lainnya adalah dengan mencuci tangan. Tidak cukup sampai di situ, kita juga harus mengonsumsi makanan pencegah flu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Nah, berikut ini 12 makanan yang bisa kalian konsumsi untuk terhindar dari serangan flu.

1. Teh Jahe

makanan pencegah flu

Photo source: Freepik

Kalau bicara tentang makanan pencegah flu, jahe merupakan salah satu bahan terbaik untuk memerangi flu. Hal ini juga tercatat di sebuah studi yang diterbitkan di International Journal of Preventative Medicine. Studi tersebut menyebutkan bahwa jahe memiliki kandungan anti inflamasi yang menjadi kunci untuk mencegah flu.

2. Jeruk

makanan pencegah flu

Photo source: Pixabay

Buah yang satu ini terkenal kaya dengan kandungan vitamin C dan bioflavonoids. Buat yang belum tahu, bioflavonoids itu terkandung dalam serat-serat putih pada jeruk yang sering kita buang karena rasanya pahit. Padahal, bioflavonoids dalam serat putih tersebut berperan sebagai antioksidan untuk melindungi kita dari radikal bebas lho. Vitamin C sendiri merupakan kandungan makanan pencegah flu yang paling ampuh karena dapat meningkatkan sistem imun.

3. Air Putih

makanan pencegah flu

Photo source: Freepik

Saat sedang sakit, air putih dapat menjadi minuman yang paling baik untuk kita konsumsi. Pastikan tubuh kita terhidrasi dengan baik demi mencegah flu karena air putih bisa membantu mengeluarkan lendir yang terjebak di dalam tubuh. Kalian bisa minum setidaknya 8 gelas air putih per hari untuk menjaga tubuh tetap fit.

4. Greek Yogurt

Photo source: Freepik

Kalian pasti sudah pernah dong baca artikel Nibble tentang perbedaan greek yogurt dan yogurt biasa? Siapa sangka, greek yogurt merupakan makanan pencegah flu yang juga wajib kalian konsumsi. Sebuah meta analisa yang diterbitkan dalam Korean Journal of Family Medicine menyebutkan bahwa probiotik dalam greek yogurt dapat mencegah dan mengobati gejala flu. Para peneliti juga menemukan fakta, orang-orang yang rutin menyantap probiotik setiap hari biasanya berisiko rendah untuk mengalami flu.

5. Tomat

makanan pencegah flu

Photo source: Pixabay

Siapa yang tidak suka tomat? Kalian rugi banget jika tidak menyukai makanan pencegah flu yang satu ini. Banyak peneliti yang mengamini kandungan vitamin C pada tomat sangat berlimpah, bahkan melebihi jeruk lho. Dalam satu tomat berukuran medium saja, kalian bisa mendapatkan 16 gram vitamin C yang mampu mengisi penuh imunitas tubuh kalian. Seperti yang disebutkan di atas, vitamin ini sangat penting buat mencegah flu dan jika kekurangan vitamin C, kita akan punya sistem imun yang lemah, dan mudah terserang patogen yang akan membuat kita jatuh sakit.

6. Dark Chocolate

Photo source: Freepik

Percaya nggak percaya, cokelat hitam juga sering digunakan sebagai makanan pencegah flu. Ini karena di dalam cokelat hitam terkandung theobromine yang merupakan antioksidan untuk meredakan batuk. Hal ini dikemukakan oleh salah satu penelitian yang diterbitkan oleh Frontiers in Pharmacology. Theobromine dianggap sangat membantu dalam meredakan gejala batuk, khususnya pada orang-orang yang menderita bronkitis.

7. Brokoli

makanan pencegah flu

Photo source: Freepik

Brokoli juga harus masuk dalam menu harian kalian sesuai dengan saran peneliti dari University of California. Mereka menyatakan bahwa brokoli efektif sebagai makanan pencegah flu. Kombinasi vitamin A, C, E, serta zat sulforaphane di dalamnya dapat mengaktifkan sifat antioksidan dan enzim dalam sel tubuh kita untuk memerangi radikal bebas dan menjaga tubuh kita agar tidak terserang flu.

8. Bayam

makanan pencegah flu

Photo source: Pixabay

Kalau tadi kita sudah bicara tentang buah yang tinggi kandungan vitamin C, kini saatnya untuk beralih ke kelompok sayuran. Beruntunglah kalian jika suka dengan bayam karena sayuran ini kaya vitamin C dan bisa jadi makanan pencegah flu. Namun, saat memasak bayam sebaiknya jangan biarkan terlalu lama untuk menjaga nutrisi di dalamnya.

9. Green Tea

Photo source: Freepik

Dikenal sebagai teh asal Jepang, green tea juga efektif dijadikan makanan pencegah flu. Jenis teh yang satu ini memiliki kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) yang merupakan antioksidan dengan efek yang sangat kuat dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Tidak hanya itu, green tea juga merupakan sumber asam amino L-theanine yang dapat memproduksi senyawa untuk melawan kuman penyakit.

10. Ayam

Photo source: Pixabay

Pasti kalian pernah mendapatkan saran untuk makan sup ayam untuk meredakan flu. Saran ini memang tidak salah, selain rasanya enak, sup ayam juga memberikan efek plasebo yang dapat mengatasi gejala pilek serta menjadi makanan pencegah flu. Tidak heran, ayam kaya dengan vitamin B6 yang merupakan pemain penting dalam proses pembentukan sel darah merah yang sehat di tubuh. Bukan cuma dagingnya saja yang bermanfaat, bahkan di dalam kaldu ayam pun terkandung gelatin, kondroitin, dan nutrisi lain untuk menjaga kekebalan tubuh.

11. Pepaya

makanan pencegah flu

Photo source: Pixabay

Tidak sulit menemukan buah pepaya di Indonesia. Ini tentu merupakan kabar baik karena buah ini cocok untuk menjadi makanan pencegah flu. Hal ini berkat kandungan vitamin C di dalamnya. Banyaknya vitamin C dalam satu buah pepaya bahkan melebihi asupan vitamin C yang kita butuhkan setiap hari. Pepaya juga punya enzim pencernaan yang disebut sebagai papain dengan efek anti-inflamasi yang bagus untuk mencegah flu.

12. Apel

Photo source: Freepik

Ungkapan populer ‘An apple a day keeps the doctor away’ memang tidak  main-main. Buah apel memang terbukti dapat mencegah penyakit seperti flu karena mengandung antioksidan phytochemical. Menurut satu studi yang dipublikasikan di Nutrition Journal, jenis antioksidan ini dapat meningkatkan daya kebal tubuh dan meminimalisir risiko terserang penyakit kronis.

Jadi dari 12 makanan pencegah flu di atas, makanan apa yang sudah kalian makan hari ini?

Related Articles

Connect with Nibble