Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Flickr User Matt

9 Warteg di Bandung yang Enaknya Bikin Bahagia

January 2, 20205 min readFoodie Trends

Warteg adalah jawaban saat rindu masakan rumah dengan harga yang murah meriah. Warteg dikenal sebagai rumah makan yang penuh dengan kesederhanaan, mulai dari suasana restorannya hingga makanannya. Jika saat ini kita sudah bisa menemukan warteg modern di Jakarta yang hadir dengan makanan berkualitas di tempat yang lebih bersih, bagaimana dengan warteg di Bandung?

Meski warteg merupakan singkatan dari Warung tegal, nyatanya, warung nasi ini tak hanya berada di Kota Tegal saja. Awal menjamurnya warteg sebenarnya dimulai dari Jakarta pada awal tahun 1990an, di mana tempat makan ini menjadi destinasi para pekerja bangunan karena harga makanan yang terjangkau. Sejak saat itu, popularitas warteg sudah berkembang ke seluruh penjuru kota di Nusantara, termasuk Bandung.

Penasaran seenak apa warteg di Bandung? Simak yuk beberapa rekomendasi berikut ini.

1. Warteg Aero

Photo source: @selvinzm

Kelaperan tengah malam tak akan jadi masalah saat di Bandung. Kalian bisa langsung meluncur ke Warteg Aero yang buka 24 jam. Varian makanan di sini sangat banyak, tempatnya juga luas. Kalian harus banget mencicipi oseng udang, telur puyuh, kerang, dan kikilnya. Harganya sudah pasti nggak akan bikin kantong bolong.

Lokasi: Jl. Tubagus Ismail Raya No.2 C, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

2. Warteg Hipster

Photo source: @foodnotestories

Cuma punya uang Rp10.000 buat makan di Bandung? Jangan khawatir, kalau kalian ke Warteg Hipster yang ada di Sukajadi, uang segitu bisa buat makan nasi dengan mie goreng, sup, dan telur balado. Serunya lagi, warteg ini juga dilengkapi dengan wi-fi lho.

Lokasi: Jl. Sukamaju No.31, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

3. Kantin AA Sekeloa

Photo source: @cicidoyanmamam

Kalau ngomongin warteg di Bandung, Kantin AA pasti selalu jadi rekomendasinya masyarakat lokal. Warteg yang berada di Jl. Sekeloa ini terkenal punya deretan menu rumahan yang enak dan harga yang bersahabat. Sayur asinan, kentang balado, ayam geprek, dan garang asemnya menjadi beberapa menu yang paling banyak dicari. Mereka sudah berdiri sejak tahun 2003 dan sampai sekarang masih banyak penggemarnya.

Lokasi: Jl. Sekeloa Sel. I No.14, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

4. Warung Sala

Photo source: @bdgsociety

Selain warteg konvensional, ada juga warteg kekinian yang harus kalian coba saat ke Bandung, namanya Warung Sala. Menu andalan di sini adalah Nasi Jando yang harganya cuma Rp10.000an. Saat memesan menu ini, kalian bisa memilih antara nasi uduk atau nasi kuning. Untuk lauk pendampingnya ada abon, kacang, telur dadar yang dipotong-potong, kentang mustofa, jando alias gajih goreng, ayam suir, dan tahu serta jengkol berbumbu. Lengkap banget kan?

Lokasi: Jl. Banteng No.78, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung.

5. Warung Nasi 22 Antapani

Photo source: @neelastari

Ini dia warteg di Bandung terfavorit yang berada di daerah Antapani. Warung nasi sederhana ini menyediakan makanan rumahan yang cocok buat sarapan dan makan siang. Menurut kami, hati sapi yang dimakan bersama dengan tempe orek, serta kikil jadi kombinasi menu yang memuaskan perut. Jangan takut bangkrut makan di sini, menu tersebut bisa didapat dengan harga sekitar Rp20.000 saja.

Lokasi: Jl. Terusan Jakarta No.158, Antapani Tengah, Kec. Antapani, Kota Bandung, Jawa Barat.

6. Warung Nasi Bu Tatang

Photo source: @conimarsha

Harus buru-buru kalau mau makan di Warung Nasi Bu Tatang karena warteg di Bandung ini hanya buka dari jam 7 pagi sampai jam 3 siang saja. Kalian juga harus siap-siap dengan antrean para foodies yang penasaran untuk menyantap makanan rumahan buatan Bu Tatang. Harganya yang murah menjadi salah satu alasan banyak orang kembali lagi. Kalian bisa memilih beragam lauk pauk enak, seperti telur daging, sup, tempe orek, atau udang goreng. Jangan lupa untuk menambahkan sambal super pedas yang bikin nagih.

Lokasi: Jl. Sekeloa Tengah No.7, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

7. Nasi Kalong

Photo source: @pinkpesco

Pilihan nasi merah menjadi hal paling menarik yang ditawarkan oleh warteg di Bandung ini. Jarang sekali bukan, ada warung nasi yang menyajikan nasi merah super sehat? Kalian harus melahapnya dengan tumis buncis yang terasa sedap, serta ayam madu yang bumbunya meresap sampai ke dalam daging. Tapi kalian harus hati-hati dengan harganya karena tidak semurah warteg pada umumnya.

Lokasi: LLRE Martadinata St No.102, Cihapit, Bandung Wetan.

8. Warung Nasi Bu Imas

Photo source: @eatineraryid

Seberapapun banyaknya tempat makan kekinian yang merebak di Bandung, Warung Nasi Bu Imas akan tetap selalu di hati. Jadi jangan heran kalau kalian harus sabar menunggu sekitar 30 menit sampai bisa menikmati makanan pesanan kalian.

Banyak yang suka tempat makan ini karena pilihannya yang sangat beragam, mulai dari pepes, ayam, tempe tahu, sampai paru dan babat, semuanya ada. Yang paling favorit di sini sudah pasti sambal cabainya yang bikin lupa diri saat mencicipinya.

Lokasi: Jl. Balonggede No.67, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung.

9. Kantin Pelangi

Photo source: @e_ndro

Warteg di Bandung yang berlokasi di daerah Babakan ini cukup ramai pembelinya setiap hari. Begitu sampai di sana, kalian pasti bingung memilih makanan yang mana karena ada begitu banyak varian yang tersaji. Kalau kita sih paling nggak bisa menolak tumis pare serta oseng jeroannya. Kenikmatannya tidak ada duanya.

Lokasi: Jl. Sumber Hegar No.1, Babakan, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung.

Jadi menurut kalian warteg di Bandung yang mana nih yang paling terenak?

Related Articles

Connect with Nibble