Nibble'S Guide

8 Asinan Bogor yang Terkenal. Segar dan Legendaris

by Danang Lukmana | March 18, 2022

8 Asinan Bogor yang Terkenal. Segar dan Legendaris

Mencari asinan Bogor yang terkenal dan legendaris pastinya bukan perkara sulit. Kalau disuruh menyebut jenis kuliner apa yang sangat khas dari Kota Hujan ini, pastilah jawabannya merujuk pada asinan. Cita-rasa asam pedas dari kuahnya ini sangat pas berpadu dengan renyah dan segarnya irisan buah serta sayuran. 

Menariknya lagi, kuliner asinan ini termasuk kategori makanan bergizi lho karena tinggi vitamin dan serat. Kalau lagi main ke Kota Hujan, yuk cobain asinan Bogor yang terkenal menyegarkan dan sudah legendaris ini.

1. Asinan Sedap Gedung Dalam

Pilihan asinan Bogor yang terkenal adalah Asinan Sedap Gedung Dalam yang umum dijadikan oleh-oleh ini. Seringkali para pelancong dari luar kota akan datang ke tokonya yang ada di daerah Sukasari ini untuk memborong oleh-oleh. Sudah berdiri sejak puluhan tahun, cita-rasa dan kualitas kesegaran asinan di sini masih terjaga dengan baik.

Secara umum, sajian asinan di sinipun terbagi atas dua macam yakni asinan buah dengan asinan sayuran. Semua buah-buahannya menggunakan buah lokal seperti pepaya, kedondong, bengkoang, jambu, ubi, salak, pala, dan lainnya. Untuk asinan buah, potongannya direndam dahulu dengan air gula pasir biar makin sedap, lalu disiram kuah yang berasal dari cabai asli bukan pewarna.

Source: @eatandhungry

Alamat: Jl. Siliwangi No.27C, RT.02/RW.02, Sukasari, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor.

2. Asinan Ahauw Gang Aut

Rekomendasi asinan Bogor yang terkenal enak lainnya adalah Asian Ahauw yang lokasinya di daerah Gang Aut. Tempat berburu asinan ini juga termasuk legendaris di kawasan kuliner Gang Aut ini karena sudah berjalan tiga generasi. Baik asinan buah maupun asinan sayurnya sangat pas untuk dijadikan oleh-oleh khas dari Bogor.

Asinan buahnya berisi potongan buah seperti mangga, nanas muda, salak, jambu, bengkuang, kedondong, ubi hingga pepaya. Sedangkan asinan sayurnya berisi wortel, lobak, lokio, kol, tauge, sayur asin, tahu, timun, daun antanan hingga oncom. Ciri khas lainnya adalah kuah merahnya yang terbuat dari cuka aren, cabai merah, dan sedikit campuran ebi.

Source: @jajananbogorbykitcat

Alamat: Jalan Suryakencana No.303b, Babakan Pasar, Bogor Tengah, RT.01/RW.07, Sukasari, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor.

3. Asinan Ny. Yenny

Rekomendasi asinan enak dan terkenal lainnya di Bogor adalah Asinan Ny. Yenny yang juga buruan pelancong. Sama seperti standar asinan Bogor lainnya, di sini juga menyadikan dua garis besar asinan yang berisi buah dan sayuran. Selain itu, kamu juga bisa sekalian mengisi perut sembari berburu asinan karena tempatnya merangkap sebuah restoran. 

Kalau memesan seporsi asinan buah, maka berisi potongan mangga, pala, nanas, jambu air, bangkuang hingga pepaya. Soal asinan sayurannya ada irisan wortel, kubis, tauge, dengan tambahan kacang tanah dan kerupuk kuning. Sembari memesan asinan, nikmati juga sajian restonya seperti fuyunghai kepiting, udang asam manis, empal gepuk, dan nasi goreng.

Source: @wcarinat

Alamat: Jl. Raya Bina Marga No.1, RT.04/RW.11, Baranangsiang, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor.

4. Asinan Asli Bogor

Sebetulnya tempat ini gak punya nama khusus yang spesifik, tapi pemiliknya hanya memasang tulisan besar “Asinan Asli Bogor”. Meski gak punya nama khusus, tapi tempat asinan di Jalan Ir.H.Juanda ini selalu ramai terutama pelancong. Terlebih lokasinya yang dekat Museum Zoologi dan Kebun Raya Bogor, membuatnya jadi buruan ketika selesai wisata.

Saat tiba di tempat  yang sudah ada sejak 1990 ini, kamu bakal disambut deretan wadah plastik berisi potongan buah dan sayur segar. Isiannya terdiri dari salak, nanas, kedondong, pepaya, mangga muda, bengkoang, ubi, kubis, tauge, wortel, dan sawi asin. Selain asinan yang umum, kamu bisa juga cobain asinan atau manisan anggur hijau yang unik segar.

Source: @ndorokalis

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No. 90, Bogor Tengah, Bogor.

5. Asinan Oh Good Gedung Dalam

Bermacam-macam pedagang asinan bisa dengan mudah kamu temui di sekeliling Kota Bogor. Tapi salah satu yang terkenal dengan cita-rasa yang pas enaknya adalah Asinan Oh Good Gedung Dalam ini. Berlokasi di kawasan Jalan Suryakencana, tempat asinan ini sudah ada sejak tahun 1990 an.

Meskipun tempatnya kecil tapi tokonya bersih dengan pilihan asinan buah, sayuran, dan juga campur. Sama seperti umumnya baik asinan buah dan sayurannya berisi pilihan kedondong, manga muda, pepaya, pala, kubis, dan wortel. Enaknya lagi kamu bisa meminta sendiri tingkat keasinan dan kepedasan dari kuahnya. 

Source: @perbudkotabogor

Alamat: Jl. Surya Kencana No. 138, Bogor Tengah, Bogor.

6. Asinan Dewi Sri 

Asinan Bogor yang satu ini cukup terkenal jika kamu sering naik bis ke kota ini. Namanya adalah Asinan Dewi Sri yang lokasinya tepat di samping terminal Baranangsiang Bogor, sehingga pas untuk para pelancong. Tempatnya yang kecil, membuatmu hanya bisa membawa pulang saja sajian asinannya tanpa bisa makan di tempat.

Cita-rasa kuahnya yang cukup pedas, asam, dan sedikit legit jadi ciri khas tempat satu ini. Pilihan buah dengan sayurannya juga sama seperti umumnya asinan Bogor yang lain. Tapi dijamin segar deh sayuran maupun buah-buahannya yang bisa bertahan 3 hari jika disimpan di kulkas.

Source: @dithahikaru

Alamat: Jl. Raya Bogor – Sukabumi No.7, RT.04/RW.02, Baranangsiang, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor.

7. Asinan Angel Rose

Buat penggila sajian asinan Bogor yang kuahnya segar dan mantap, bisa nih cobain produk dari Asinan Angel Rose. Berlokasi di kawasan Jalan Taman Pajajaran daerah Katulampa, tempat ini juga sering jadi buruan para wisatawan. Meskipun terhitung baru dibanding asinan legendaris lainnya, tapi cita-rasanya mantap.

Spesialnya di sini adalah kuah merahnya yang kombinasinya pas dari mulai asam, pedas, asin, dengan tambahan kacang tumbuk yang unik. Isiannya sih sama seperti asinan Bogor lain dari mulai pala, manga, jambu air, ubi, tauge, kubis, dan lainnya. Selain itu, tersedia juga aneka sambal dan snack untuk dibawa pulang.

Source: @jajananbogorbykitcat

Alamat: Jalan Taman Pajajaran Blok A 4 No. 7 Katulampa, RT.04/RW.11, Baranangsiang, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor.

8. Asinan Jagung Bakar Pak Sabur

Nah asinan di Bogor yang terkenal lainnya adalah asinan jagung bakar yang banyak beroperasi di kawasan Suryakencana. Salah satu yang legendaris adalah Asinan Jagung Bakar Pak Sabur yang sudah ada sejak tahun 1968. Yap, sesuai namanya kalau asinan di sini bukan memakai buah ataupun sayuran, melainkan pipilan jagung bakar.

Satu porsinya berisi pipilan jagung bakar, cincangan timun segar, dan siraman bumbu kuahnya yang asin, asam, pedas. Campuran bumbunya antara lain gula pasir putih, garam, dan siraman kuah cabai dengan cuka. Nah, cukanya juga special dari air aren yang difermentasi sampai asam.

Source: @infobogor

Alamat: Jl. Suryakencana No.289, RT.04/RW.02, Babakan Pasar, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

Nah itu dia pilihan asinan Bogor yang terkenal dan legendaris untuk kamu coba. Cita-rasa asam, pedas, sedikit manisnya benar-benar sangat menyegarkan untuk disantap bersama bahan segar lainnya. Rajin-rajin saja nih makan asinan Bogor ini karena dijamin sehat lho!