Foodies Trends

10 Bubur Ayam Surabaya Kekinian dan Bikin Puas

by Finna Zephyrine | August 08, 2021

10 Bubur Ayam Surabaya Kekinian dan Bikin Puas
Sama seperti bubur ayam di tempat lainnya, bubur ayam Surabaya adalah makanan yang bisa dimakan pada pagi, sore, bahkan malam hari. Sedikit mengenyangkan, bubur ayam memang bisa jadi alternatif makanan pengganjal perut. Langsung aja, Nibble udah siapin 10 bubur ayam Surabaya untuk kunjungan kamu berikutnya ke Kota Pahlawan ini.

1.      Bubur Keraton

Photo source: Instagram/buburkeraton.id

Bubur Keraton saat ini memiliki tiga cabang di Surabaya dan satu cabang di Sidoarjo. Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh bubur ayam Surabaya ini adalah tidak menggunakan MSG sama sekali. Topping yang ditawarkan pun berbeda dari bubur ayam lainnya yaitu irisan daging, telur setengah matang, telur asin, dan nugget ayam. Harganya berkisar antara Rp12.000 – Rp25.000 tergantung topping yang kamu pilih. Alamat:
  • Jalan Jambangan Kebon Agung No. 15, Surabaya
  • Jalan Keputih Tegal Timur No. 15, Surabaya
  • Jalan Pandugo 45E, Surabaya

2. Huangdi

Photo source: Instagram/huangdi.id

Bubur Huangdi ini merupakan cabang dari bubur ayam yang ada di Mangga Besar, Jakarta. Yang satu ini cukup berbeda dengan bubur ayam Surabaya lainnya, nih. Bubur dijual polos dan kamu bisa memilih topping yang terdiri dari telur pindang, ayam rebus, ayam goreng, ati ampela, dan cakwe. Menu andalan lainnya adalah nasi hainan dengan siraman kuah yang khas. Dengan topping yang cukup mewah, harga menu di sini berkisar antara Rp25.000 - Rp120.000 per item. Alamat: Jalan MH.Thamrin No. 39 Surabaya

3. Bubur Ayam Bu Aniek

Sekilas, Bubur Ayam Bu Aniek terlihat seperti bubur ayam biasa. Tapi topping ayam suwirnya dijamin gurih dan melimpah. Ketika berpadu dengan lembutnya bubur, renyahnya kacang, dan telur pindang rebus, kesemuanya bersatu menjadi santapan yang nikmat dimakan kapan saja. Bubur Ayam Bu Aniek buka dari hari Selasa hingga Minggu, dengan harga mulai Rp13.000 per porsi. Alamat: Jalan Dharmawangsa 125 Surabaya

4. Bubur Cinta Surabaya

Photo source: Instagram/buburcinta.surabaya

Mengusung promo yang unik dengan menamakannya Bubur Cinta Surabaya, atau disingkat Bucin Buaya, bubur ayam Surabaya ini memiliki nama menu yang unik. Sebut saja "bubur kasmaran" untuk bubur tradisional lengkap atau  "bubur Hongkong with love" untuk bubur dengan topping ayam atau dori khas Bucin. Selain bubur, tempat makan ini juga menyediakan aneka dimsum yang dibuat sendiri. Alamat:
  • Jalan Kedungsari 123
  • Jalan Bendul Merisi56
  • BG Junction Food Court

5. Bubur Ayam Chef Onel

Photo source: Instagram/bubur_ayam_chef_onel

Bubur ayam sultan, begitu Bubur Ayam Chef Onel menyematkan branding-nya. Bubur ini memiliki topping ayam suwir, telur setengah matang, kacang, pangsit, dan keju. Ada juga pilihan topping ayam katsu untuk kamu yang mau makan lebih kenyang. Diracik oleh Chef Onel, bubur ini bisa dipesan secara online dengan wadah siap makan. Alamat: Jalan Wonorejo Timur No.5, Surabaya

6. Bubur Ayam Mangdudung

Photo source: Instagram/Amazing Indonesia Food

Bubur ayam Surabaya ini bisa ditemukan di Aiola Eatery atau Aiola Food Caravan. Porsinya jumbo dilengkapi dengan dua telur setengah matang. Nggak usah khawatir telurnya nggak matang, ketika diaduk dengan bubur yang panas, kamu akan mendapatkan bubur yang sedikit creamy dengan topping lain seperti ayam, pangsit, dan sambal khas. Alamat: Jalan  Kedung Doro 107, Surabaya

7. Bubur Bakar Oishii

Photo source: Instagram/Bubur Bakar Oishii

Udah pernah nyobain yang namanya bubur bakar? Di Bubur Ayam Oishii kamu akan menikmati sensasi baru yaitu bubur yang dibakar di dalam claypot. Topping-nya pun istimewa dengan tambahan bacon sapi yang garing. Yang jelas, sensasi bubur bakar ini sulit kamu temukan lagi di mana pun. Alamat: Jalan Ketintang Baru III no. 2a

8. La Cone Surabaya

Photo source: Instagram/official_lacone

Baru buka pada tanggal 15 Juli kemarin, La Cone memang belum banyak dikenal orang, tapi layak masuk bucketlist kamu nih! Alamat: Sementara hanya tersedia via GrabFood

9. Bubur Ayam Bandung "Pajajaran"

Photo source: Instagram/nomitakepics

Bubur ayam Bandung, tapi ada di Surabaya. Bisa kamu lihat sendiri, topping ayam suwirnya besar-besar dan melimpah membuat santapan ini cocok untuk sarapan di pagi hari. Meski dijual dari gerobak sederhana, bubur ayam ini tetap ramai dikunjungi baik itu makan di tempat atau untuk dibawa pulang. Alamat: Jalan Bendul Merisi No. 22, Wonokromo, Surabaya

10. Cafe 55 Bubur Tio Ciu Surabaya

Photo source: Instagram/sasmitaedo

Nah, kalo yang satu ini cocok untuk kamu yang cari pilihan bubur nonhalal di Surabaya. Selain topping ayam, telur, dan cakwe pada umumnya, terdapat juga tambahan lauk babi goreng yang pastinya mengundang selera. Letaknya yang tersembunyi membuat tempat makan ini salah satu hidden gem Surabaya. Alamat: Jalan Manyar Kertoarjo XIII No. 29 (Belakang Samsat), Manyar, Surabaya Memulai hari dengan seporsi bubur ayam memang pas karena tidak terlalu kenyang tapi masih memberikan nutrisi yang cukup. Jadi gimana, yang mana yang mau kamu kunjungi duluan, Nibblers?