Tips & Tricks

Cara Merawat Pisau Agar Tajam dan Anti Karat

by Danang Lukmana | June 22, 2021

Cara Merawat Pisau Agar Tajam dan Anti Karat
Sebagai peralatan dapur yang utama dan mendasar, sangat penting mengetahui cara merawat pisau agar tajam dan tahan lama. Pisau merupakan peralatan dapur yang hampir pasti selalu digunakan setiap kali memasak. Alat masak ini dibutuhkan untuk memotong bahan makanan dari mulai sayur, buah, daging hingga bahan makanan lainnya. Ada banyak jenis pisau dapur berdasarkan kegunaan dan tingkat ketajamannya masing-masing. Akan tetapi, mereka pada umumnya butuh perawatan yang hampir sama. Dengan perawatan yang baik dan sesuai, pisau yang ada di dapur kalian bisa awet tahan lama dan selalu terjaga ketajamannya.

Cara Merawat Pisau Agar Tajam Tahan Lama

Dirangkum dari laman Huffpost, berikut ini tips yang bisa kalian lakukan untuk menjaga pisau dapur tetap tajam dan tahan lama;

1.      Gunakan Talenan Setiap Memotong

cara-merawat-pisau-agar-tajam-

source: istockphoto

Kalian nggak boleh menggunakan pisau untuk memotong di atas benda berstektur keras seperti meja granit, keramik, marmer, atau bahan logam lainnya. Selalu gunakan alas talenan dari bahan kayu atau plastik untuk setiap kali memotong bahan makanan. Memotong bahan di atas benda yang keras, bisa cepat merusak bagian tajam atau dikenal juga dengan mata pisau dapur kalian. Jika mata pisau sering berbentukan dengan benda keras, maka ia akan lebih cepat tumpul dan kurang optimal. Selain itu, bahan makanan yang dipotong di atas talenan juga lebih higienis.

2.      Langsung Cuci Setelah Digunakan

source: istockphoto

Seringkali orang malas dan meninggalkan begitu saja pisau yang baru dipakai di atas wastafel tempat cucian piring. Hal tersebut sangat nggak disarankan, karena air serta gesekan dengan barang-barang lainnya di wastafel, akan merusak permukaannya. Pisau yang dibiarkan kotor juga akan cepat mengalami karat. Pisau yang berada di antara tumpukan barang cucian piringnya hanya akan membahayakan si pencuci piring yang gak menyadari ada benda tajam di situ. Lebih baik langsung cuci pisau setelah digunakan dan simpan di tempat aman.

3.      Gunakan Tangan dalam Mencuci Pisau

source: istockphoto

Beberapa rumah tangga dan restoran saat ini sudah menyediakan alat atau mesin pencuci perkakas dapur otomatis (dishwasher) dan lebih praktis digunakan. Tetapi, pisau yang dicuci di dalam mesin pencuci tersebut akan sering tergores-gores akibat gerakan mesin. Pisau juga akan berbenturan dan menggores perkakas lain yang kamu satukan dalam mesin pencuci, seperti piring, gelas, mangkuk, dan lain-lain. Cara terbaik untuk mencuci pisau adalah dengan teknik manual, yakni menggunakan tangan sendiri. Dengan mencucinya menggunakan tangan, kalian bisa membersihkan dan menggosoknya hingga menyeluruh dan lebih detil.

4.      Langsung Keringkan Setelah Dicuci

source: istockphoto

Jangan membiarkan pisau mengering dengan sendirinya di antara tumpukan barang cucian piring lainnya. Selain membahayakan orang lain yang hendak memindahkan barang dapur, pisau yang berbagi ruang dan bergeserakan dengan barang dapur lainnya hanya akan membuatnya tumpul. Langsung keringkan pisau setelah dicuci dengan menggunakan kain lap yang bersih dan halus, atau bisa juga menggunakan kanebo. Pisau yang dibiarkan basah terlalu lama akan lebih mungkin ditumbuhi jamur dan bakteri serta cepat karatan.

5.      Asah dan Tajamkan Pisau Secara Rutin

source: istockphoto

Dikarenakan penggunaannya yang hampir setiap hari, maka pisau perlu mendapat perawatan khusus juga. Kalian perlu juga mempelajari teknik mempertajam pisau menggunakan batu asah atau alat pengasah modern. Jika kalian nggak mengerti caranya, kalian bisa membawanya ke tukang pengasah pisau yang profesional.

6.      Simpan Pisau di Tempat yang Tepat

cara-merawat-pisau-agar-tajam-

source: istockphoto

Pastikan dapur kalian memiliki tempat khusus untuk menyimpan pisau supaya lebih rapih dan terorganisir. Selain itu, rak penyimpanan khusus juga meminimalisir jumlah kecelakaan karena tertusuk benda tajam. Jangan menyimpan pisau begitu saja di dalam laci karena bisa membahayakan orang lain dan juga membuat pisau cepat rusak atau penyok. Tempat penyimpanan pisau terbaik adalah dengan meletakkannya di dalam laci atau balok khusus untuk menyimpan pisau agar daya tahannya makin lama. Atau jika kalian nggak punya balok khusus tersebut, kalian bisa menyimpan pisau dengan ditutup sarungnya. Semoga tips mengenai cara merawat pisau agar tajam dan tahan lama tersebut dapat meringankan tugas kalian di dapur. Aktivitas masak kalian pastinya juga akan lebih optimal dengan peralatan yang terawat pula, kan?