Nibble'S Guide

9 Communal Space Jakarta, Seru Buat Hangout Bareng Besties

by Anindita Budhi | November 16, 2022

9 Communal Space Jakarta, Seru Buat Hangout Bareng Besties

Communal space adalah ruang bersama yang lebih tertata dan teratur daripada public space atau tempat umum. Ruang bersama ini menawarkan semua manfaat tempat umum, tetapi dengan jaminan keamanan dan kebersihan. 

Communal space Jakarta misalnya, berkembang menjadi ruang kreatif, tempat berkumpul komunitas, menikmati kuliner, hingga tempat nongkrong. Dari sekian banyak tempat creative space Jakarta, berikut 9 communal space yang bisa jadi tempat nongkrong asyik bareng besties. 

1. Como Park

Como Park jadi salah satu communal space Jakarta yang pet friendly. Kamu bisa ajak anabul, terutama anjing, untuk bermain di sini. Para anabul kesayangan pun bebas berlari ke sana kemari selama berada di sini. Bahkan, tersedia plastik yang membantu kamu mengambil kotoran anjing agar kebersihan area taman tetap terjaga.

Urusan perut juga dijamin aman. Ada banyak tenant makanan dan minuman yang menggoda. Mulai dari Pizza Place, Taco Local, Gelato Secrets, sampai Demie Bakmi. Seru nih buat nongkrong bareng temen-temen sambil nemenin anabul playdate!

Photo source: @comopark998

Lokasi: Jl. Kemang Timur No.15, Bangka, Mampang Prapatan 

2. M Bloc Space

Bekas bangunan tua milik Perum Peruri telah beralih fungsi menjadi creative space Jakarta paling hits. Ya, M Bloc Space bukan sekadar tempat nongkrong biasa. Di sini kamu bisa bersantai, bersantap, sekaligus menikmati aneka event seru dan kreatif seperti pertunjukan musik, workshop, atau pameran.

Di luar event seru, kamu tetap bisa menikmati communal space satu ini. Ada Galeri Museum Peruri yang menampilkan mesin kuno pencetak uang, toko kaset, CD, dan vinyl, serta toko pakaian dengan curated item yang keren. Tak ketinggalan aneka kuliner lezat yang bikin perut kenyang, dari kopi, makanan Jepang, Barat, dan Indonesia. Komplit!

Photo source: @mblocspace

Lokasi: Jl. Panglima Polim No. 37, Melawai, Kebayoran Baru 

3. 60 Common House

Communal space Jakarta berikutnya adalah 60 Common House. Di sini kamu bakal dibuat kagum oleh penataan ruang yang apik. Selain area duduk indoor, banyak area duduk outdoor tersedia, termasuk duduk ala stadion alias di deretan tangga dan rooftop yang adem.

Kamu bisa meeting, kerja, atau sekadar nongkrong bareng temen-temen sambil ngobrol ngalor ngidul. Ditambah deretan tenant kuliner yang banyak jenisnya. Ada Jep Le Drinks, Mangkokku, Orka Coffee, Diā€™maem, Legato Gelato, Ylash, Mie Bangka Asuan, dan Momokino. Nggak bakal kelaperan deh selama nongkrong di sini!

Photo source: @60commonhouse

Lokasi: Jl. Tebet Barat Dalam Raya No. 60, Tebet Barat

4. SATU Communal Space

SATU Communal Space jadi tempat kekinian yang juga pas buat nongkrong atau janjian meeting dengan klien. Lokasi strategis, area duduk yang luas, plus jenis tenant yang beragam membuat SATU hadir sebagai one stop place buat semua kebutuhanmu.

Deretan tenant yang hadir antara lain Kopi Toko Djawa, Daily Box, Soto Pak Sadi, Kirishima, hingga tempat untuk waxing dan barbershop. Belum lagi event seru yang diselenggarakan di SATU secara berkala. Nongkrong, datang ke acara keren, sambil makan-makan enak, ya cuma di SATU Communal Space!

Photo source: @satutempat

Lokasi: Jl. Arteri Pondok Indah No. 1B, Kebayoran Lama

5. Pelaspas

Pelaspas adalah sebuah bangunan dengan tenant beragam yang menempati tiga lantai. Dua lantai pertama diisi tenant makanan dan minuman, sedangkan lantai ketiga ada photo booth bernama Photograms. Boleh nih buat merekam keseruan hangout kamu bareng temen-temen. 

Kalau laper, kamu tinggal tunjuk aja mau pesan makanan dan minuman apa. Paling populer ada Pizza Dealer yang enak, es krim segar dengan aneka pilihan rasa, kopi, gyudon, serta burger dan hotdog. Coba deh ajak temen-temenmu nongkrong di Pelaspas weekend ini!

Photo source: @fomoplaces

Lokasi: Jl. Nipah Raya No. 2, Pulo, Kebayoran Baru

6. Little Bro

Communal space Jakarta berikutnya cukup mencuri perhatian anak muda Jakarta Timur. Eksterior bangunan Little Bro tampak simpel, tetapi ruang duduk indoor sampai outdoor-nya terbilang cukup luas. Oya, area indoor berupa bar yang membolehkan pengunjung merokok. 

Dengan area luas itu, Little Bro sering dijadikan tempat event seru dan keren. Namun, spot favorit pengunjung di sini adalah meja biliard! Ya, kamu dan temen-temen bisa main biliar di Little Bro sambil pesan makanan dan minuman favorit.

Menu yang disajikan cenderung standar khas cafe dan coffee shop. Harga terjangkau, tempat nyaman, ada meja biliard, Little Bro layak jadi destinasi seru-seruan kamu tanpa harus jauh-jauh ke Senopati, Panglima Polim, atau Tebet.

Photo source: @littlebro.space

Lokasi: Jl. Raden Inten II No. 139, Duren Sawit

7. De Park

Green Terrace TMII punya De Park, sebuah communal space mungil dengan arsitektur yang estetik. Meski tempatnya nggak begitu luas, De Park dirancang sebagai taman terbuka dengan kios-kios kecil yang menjual makanan dan minuman. 

Sekilas De Park ngingetin kamu dengan Kumulo BSD, tetapi ini versi lebih teduh karena dipenuhi pohon-pohon tinggi yang bikin udara lebih adem dan sejuk. Ada gerai yang menjual gelato, kopi, makanan Indonesia, atau kamu bisa melirik deretan makanan di foodcourt di sebelahnya. Pas nih buat santai sore-sore sepulang kerja.

Photo source: @visitdepark

Lokasi: Green Terrace, Jl. Pintu Utama 1 TMII

8. Shophaus Mahakam 

Setelah sukses dengan Shophaus Menteng, Shophaus Mahakam hadir dengan konsep communal space serupa. Interior bergaya klasik vintage mendominasi Shophaus Mahakam dengan ambience tenang. 

Nyaman banget duduk, bekerja, atau meeting dengan klien di Shophaus Mahakam. Karena belum lama beroperasi, baru beberapa tenant yang buka, seperti The Buffalo dengan burger tebel yang menggiurkan, Bar Italia dengan aneka kopi dan pastry, Matteo di Pizza dengan Roman Pizza nan unik, Gelato Secrets, sampai Ask for Patty. Mau cobain yang mana?

Photo source: @sindhuwahyu

Lokasi: Jl. Teuku Cik Ditiro No. 36, Menteng

9. Po+luck

Po+luck Tebet adalah ruang kolaborasi beberapa brand F&B ternama yang baru aja beroperasi beberapa minggu lalu. Tersedia area duduk outdoor dan indoor yang luas dan nyaman dengan penataan yang rapi dan cantik. 

Berhubung masih trial opening, jumlah tenant yang buka belum begitu banyak. Misalnya, .TEMU (Titik TEMU) Roastery yang hadir dalam bentuk pop up store, lalu ada Bearrito yang menyajikan menu khas Meksiko, dan Galla Gelato. Oya, area outdoor bangunan yang awalnya rumah tinggal ini juga bisa dijadikan area art exhibition lho. Fasilitas lainnya, ada meeting room, ruang podcast, dan musala. Nggak sabar nunggu event seru di creative space Jakarta terbaru ini deh!

Photo source: @fomoplaces

Lokasi: Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 56, Tebet Timur

Demikian deretan communal space Jakarta yang wajib banget kamu datengin buat nongkrong, meeting, kerja, atau menikmati event seru ibukota. Kamu udah pernah mampir ke mana, Nibblers?