Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Istockphoto

Diet DEBM, Cara Turunkan Berat Badan yang Menyenangkan

June 3, 20214 min readLifestyle

Hai Nibblers, kalian ingin coba cara cepat menurunkan berat badan tapi tetap menyenangkan? Nah, diet DEBM bisa nih kalian coba. Metode ini diklaim bikin bahagia dan menyenangkan karena kalian gak perlu susah-susah nahan lapar lho. Pasalnya, diet ini masih memperbolehkan kalian makan makanan enak.

DEBM sendiri sebetulnya merupakan singkatan dari Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan. Hehe... Dan metode diet ini pertama kali dipopulerkan oleh Robert Hendrik Liembono lewat buku panduan yang dia tulis tahun 2018 seperti yang dikutip dari laman SehatQ.

Metode utamanya sederhana, yakni cuma mengurangi jumlah karbohidrat dan gula, tapi memperbanyak asupan protein dan lemak.  Meski efektivitas DEBM sendiri belum didukung hasil penelitian yang kuat, tapi metode diet rendah karbohidrat seperti halnya diet keto dan atkins memang telah terbukti lebih efektif dibanding diet rendah lemak.

Panduan Dasar Metode Diet DEBM

Diet ini memang memperbolehkan kalian makan enak, tapi perhatikan dulu makanan yang ingin kalian makan. Makanan harus rendah karbohidrat, tinggi protein, tinggi lemak, dan rendah gula. Kalian juga gak harus olahraga atau konsumsi obat-obatan tertentu lho.

source: istockphoto

Bagi kalian yang tertarik mencoba metode diet ini, ini panduannya,

  • Sarapan pagi adalah wajib tapi dengan menu makanan tinggi protein.
  • Hindari sarapan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, mie, pasta, roti, dan bubur.
  • Makan siang dan malam menggunakan makanan yang bersumber dari protein hewani.
  • Minum teh dan kopi gaboleh ditambah krimer atau gula alias tawar.
  • Makan malam gaboleh lebih dari jam 6 sore.
  • Kalau masih lapar setelah jam 6 sore, kalian cuma boleh makan makanan berprotein hewani tanpa karbohidrat.
  • Boleh pakai minyak dan garam untuk memasak, tapi hindari gula dan tepung.
  • Selalu lengkapi makanan dengan sumber protein hewani, seperti telur, ikan, keju, daging.

Selain panduan dasar, diet DEBM juga memiliki aturan makan yang harus kalian ikuti. Hal tersebut terkait jenis makanan yang boleh dimakan, makanan yang tidak boleh dimakan, serta cara makannya.

Makanan yang Boleh Dikonsumsi

Pada dasarnya, kalian tetap bebas kok makan apapun jenis protein dan sumber lemak hewani, seperti ikan, ayam, daging, telur, bahkan jeroan. Protein yang kalian bisa konsumsi jumlahnya bebas gak ada batasnya selagi gak mencampurnya dengan karbohidrat. Tapi ada juga jenis protein yang paling direkomendasikan dalam diet ini, yaitu:

  • Daging, terutama dari binatang darat non-karnivora, seperti ayam, sapi, kambing, dan babi.
  • Ikan-ikanan, terutama yang berasal dari alam liar, seperti tuna dan tenggiri.
  • Telur yang sudah mengandung omega-3.
  • Sayuran yang gak mengandung pati tinggi seperti wortel, kembang kol, buncis, brokoli, serta sayuran hijau lainnya.

source: istockphoto

Memasakanya boleh dengan cara apapun, mau dibakar, direbus, dikukus, bahkan digoreng. Tapi bumbu masakannya gak boleh ditambah gula pasir, gula merah, kecap dan pemanis apapun. Bahan tepung-tepungan juga nggak boleh dimasukkan.

Makanan yang Pantang Dikonsumsi

Sebagaimana metode diet, tentu tetap ada makanan yang pantang kalian makan. Secara umum pantangan yang harus kalian hadapi kalo mengikuti metode diet ini adalah;

  • Nasi, pasta, sereal, mie, roti, dan makanan bertepung lainnya.
  • Pemanis seperti gula, madu, dan sirup maple.
  • Minuman bergula atau minuman manis misalnya soda, teh manis, susu cokelat, jus, smoothie dll.
  • Sayuran yang mengandung pati tinggi seperti kentang, ubi, labu, singkong, dan bit.
  • Buah tinggi karbohidrat seperti pisang, pepaya, melon, dan semangka.

source: istockphoto

Satu-satunya jenis karbohidrat yang boleh kalian makan cuma yang indeks glikemiknya rendah. Contoh sumber karbohidratnya bersumber dari sayur-sayuran, seperti wotel, buncis, dan sayuran hijau berserat lainnya.

Meskipun dianggap salah satu metode diet yang paling efektif, tapi gak semua orang cocok untuk menerapkan diet rendah karbohidrat seperti ini. Bagi beberapa orang akan mengalami gejala kekurangan karbohidrat dan gula dalam jangka pendek seperti pusing, mual, lemas, dan pingsan.

Diet yang dilakukan secara jangka panjang juga rentan menyebabkan masalah pada ginjal karena meningkatnya kandungan asam dalam air seni yang memperberat kinerja ginjal.

Bagi Nibblers yang tetap ingin coba menjalankan program diet dengan metode DEBM ini, ada baiknya konsultasikan dulu dengan dokter dan ahli gizi yang tepercaya ya biar nggak salah langkah.

Related Articles

Connect with Nibble